4 Makanan Khas Daerah di Indonesia Rayakan 17 Agustus | Masak Apa Hari Ini?

4 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Wajib Hadir untuk Rayakan 17 Agustus

Simpan ke bagian favorit

Wina|Agustus 10, 2021

Salah satu warisan berharga yang diturunkan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi tentunya adalah ragam kuliner lezat. Makanan khas daerah di Indonesia masing-masing memiliki karakteristik yang membuatnya unik dan patut dicoba. Baik yang manis, asam, asin, gurih, maupun pedas; segala macam rasa yang menggoyang lidah dapat kamu temukan di dalam khazanah menu Nusantara!

Siapkan dirimu untuk meriahkan hari kemerdekaan Indonesia! Tim MAHI ingin memperkaya pengetahuanmu akan masakan Nusantara dengan mengajak berwisata kuliner ke beberapa daerah pilihan di Indonesia. Ayo, kita pelajari bersama!

1. Masakan Khas Pontianak

Nasi telur Pontianak tersaji dan tengah dinikmati.
Tersaji hangat, nasi telur Pontianak memang tiada bandingannya! (Foto: MAHI)

Tak hanya terkenal sebagai Kota Khatulistiwa, Pontianak juga merupakan surga kuliner bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kelezatan berbagai makanan yang dijajakan di kota ini tidak perlu diragukan lagi. Beberapa masakan khas Pontianak seperti bakwan dan nasi telur Pontianak terlihat sederhana, namun rasa yang dihasilkan dijamin akan membuatmu ingin tambah lagi.

Kebanyakan menu makanan khas ibu kota provinsi Kalimantan Barat ini merupakan hasil percampuran yang kental antara budaya Melayu dengan Tionghoa. Hal ini bisa dilihat dari nama sebagian makanannya yang memakai bahasa Mandarin seperti kwe kia theng, mie tiaw, choipan, dan masih banyak lagi.

2. Masakan Padang

Sebagian besar orang Indonesia pasti sudah pernah merasakan nikmatnya nasi padang atau sate Padang. Kelezatan aneka masakan khas Minang memang sudah tersohor di seluruh penjuru negeri kita sejak lama. Maka tak heran bila jika salah satu menu kebanggaan Sumatra Barat yaitu rendang, pernah ditunjuk sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Salah satu faktor nikmatnya masakan khas Padang terletak pada bumbu rempah yang medok dan unik dalam setiap masakannya. Resep gulai ayam, contohnya, membutuhkan lebih dari 10 jenis rempah berbeda yang berfungsi untuk memperkaya cita rasa kuah gulai. Seru, bukan?

3. Masakan Betawi

Gabus pucung, makanan khas Betawi, tersaji di atas mangkuk bersamak kecap manis.
Gabus pucung, salah satu yang terunik dari kuliner Betawi. (Foto: MAHI)

Sebagai budaya asli Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia, nyatanya belum banyak masyarakat yang mengetahui atau mengapresiasi kuliner asli Betawi. Padahal, makanan Betawi juga tak kalah sedapnya, lho, dari daerah lain. Mulai dari lauk makan siang seperti gabus pucung hingga jajanan kerak telor. Semuanya menggiurkan!

Bagaimana, kedengarannya enak-enak kan? Kalau tidak ingin repot menyambangi warung makan khas Betawi di Jakarta, kamu bisa juga, kok, membuatnya sendiri di rumah menggunakan resep-resep MAHI!

4. Masakan Indonesia Timur

Bicara tentang makanan khas daerah di Indonesia, kuliner Kawasan Timur Indonesia jelas tak boleh terlewatkan. Karena cita rasa unik yang ditawarkannya, sajian khas Indonesia Timur saat ini mulai dilirik oleh para foodie dari pulau-pulau lain seperti Jawa dan Sumatra. Bahkan pada tahun lalu, se’i sapi dengan sambal lu’at yang merupakan makanan asli Nusa Tenggara Timur sempat naik daun dan serentak dijual di hampir seluruh Indonesia.

Beberapa makanan khas daerah di Indonesia timur seperti papeda dan pisang goreng sambal roa memiliki kekhasan tersendiri. Kontur tanah dan iklim yang berbeda dengan Indonesia barat menjadikan kudapan Indonesia timur punya cita rasa yang pedas dan segar. Lihat saja misalnya plecing kangkung dari Lombok, rica-rica dari Manado, atau coto dari Makassar.

Selain keempat masakan khas daerah di Indonesia tadi, masih amat banyak kuliner lokal lainnya yang bisa kita jelajahi serta nikmati kelezatannya. Yuk, sama-sama kita lestarikan budaya bangsa dan turunkan warisan resep-resep asli Nusantara kepada anak-cucu kita kelak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.