Jenis Masakan


6 Macam Masakan Khas Padang yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Wina|Juli 24, 2019

Siapa yang bisa menolak kelezatan masakan khas Padang dengan segala karakteristiknya yang kita cintai itu? Dari rendang daging yang kaya rasa hingga soto, balado hijau yang bikin ketagihan, hingga sotonya yang segar, siapapun sulit menolaknya. Dicintai para penikmat masakan Nusantara membuat rumah makan berkonsep kuliner Sumatera Barat tersebar seluruh daerah di Indonesia bahkan hingga keluar negeri.

Meski bukan keturunan Minang, kamu juga bisa menghadirkan cita rasa Sumatera Barat ini di dapurmu. Nyatanya masakan sekelas rendang, gulai, hingga ragam balado juga bisa diikuti asalkan kamu menyimak cara membuatnya. Ditambah, bumbu yang digunakan cukup umum dan mudah ditemukan di mana saja. Sebagai informasi, pelajari juga trik membuat masakan tahan lama dan tak mudah basi.

Yuk, kita langsung saja mengintip enam resep masakan khas Padang yang bisa kamu coba di rumah!

1. Rendang daging

Resep rendang daging sapi
Tidak hanya ikonik, rendang daging khas Minang memang tidak ada bandingannya di dunia! (Foto: Royco)

Siapa yang tak kenal rendang khas Minang? Makanan ini pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat nomor 1 oleh cnn.com tahun 2017. Nama rendang sendiri berasal dari kata ‘merandang’ yang artinya proses memasak makanan demi menghilangkan kadar air dalam masakan.

Meski warnanya cenderung gelap, kamu tentu setuju tak ada yang bisa menandingi kelezatan rendang, kan? Kaya bumbu dan santan kental yang segar dengan proses memasak yang tidak sebentar bukan berarti kamu tak bisa mempraktikkannya di rumah. Pastikan kamu memasaknya dengan semua bumbu dan bahan yang dibutuhkan agar cita rasanya seenak rumah makan Padang langgananmu.

Simak resep Rendang Daging Padang.

2. Telur dadar Padang

Selain rendang, makanan khas yang sering kita temui di restoran Padang adalah telur dadar. Berbeda dari telur dadar biasa, versi Minang lebih tebal dan kaya bumbu. Untuk telur dadar yang tebal ini, ada tekniknya agar telur dadar matang dan juga garing, yaitu goreng dengan minyak banyak. Untuk membuatnya lebih mudah, gunakan wajan antilengket.

Simak resep Telur Dadar Padang.

3. Sate Padang

Sate Padang tersaji di meja.
Sate padang, jagoan saat malam hari tiba. (Foto: MAHI)

Sate Padang juga punya banyak penggemar. Biasanya, sate padang dijual di kedai kecil dan dijual setelah petang tiba. Sate dengan cita kari ini juga bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Ada beberapa rempah wajib yang perlu kamu siapkan seperti asam kandis, kunyit, jahe, dan serai. Daging sate juga harus diungkep terlebih dahulu agar bumbunya meresap.

Simak resep Sate Padang

4. Dendeng Balado Basah

Menu favorit lainnya di restoran Padang adalah dendeng balado. Biasanya, dendeng yang tersaji ada dua jenis yaitu dendeng kering dan dendeng basah. Kamu lebih suka yang mana?

Dendeng Padang terdiri dari irisan daging dipadukan dengan lado atau bumbu sambal baik lado merah atau lado hijau. Namun proses membuatnya lebih cepat dibandingkan rendang.

Simak resep Dendeng Balado Basah.

5. Mie Rebus Minang

Mie rebus Minang tersaji hangat.
Mie Rebus Minang dari Payakumbuh bakal bikin tambah terus. (Foto: Shutterstock)

Menu yang satu ini tak banyak tersaji di restoran Padang, tapi kelezatannya tak kalah populer. Mie rebus Minang berasal dari daerah Payakumbuh. Berbeda dari mie rebus biasa, mie ini tersaji dengan suwiran rendang.

Ulek cabai dan kaldu tulang sumsum juga jadi salah satu kunci pembeda masakan khas Padang yang satu ini. Kamu juga bisa membuatnya di rumah karena caranya relatif mudah.

Simak resep Mie Rebus Minang.

6. Soto Padang

Berbicara masakan khas Padang, tak bisa lepas dari kenikmatan soto Padang. Berbeda dari masakan minang lainnya, soto Padang tidak menggunakan santan dan cenderung light. Meski begitu, rasanya tetap kental karena kaya rempah.

Cara membuatnya membutuhkan ketekunan. Ciri khas soto Padang adalah daging dan paru yang garing dan tipis. Berani memasak sendiri di rumah?

Simak resep Soto Padang.


Dari keenam masakan khas Padang di atas, mana hidangan favoritmu? Dengan tingkat kesulitan memasak yang berbeda-beda, kamu bisa mulai mencobanya dari yang termudah. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.