Resep Plecing Kangkung Khas Lombok yang Bikin Segar - MAHI
Piring berisi plecing kangkung.

Resep Plecing Kangkung Khas Lombok, Sederhana dan Bikin Segar

Resep plecing kangkung adalah salah satu sajian kebanggaan yang berasal dari Lombok. Enak dan menyegarkan, yuk, coba buat!
Piring berisi plecing kangkung.
Rian Farisa | Apr 06, 2023

Sayuran adalah menu yang wajib ada di setiap meja makan. Selain menambah variasi menu hidangan, menu sayuran juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin sehari-hari. Jika kamu bosan dengan menu tumis yang itu-itu saja, coba resep plecing kangkung khas Lombok ini, yuk!

Pernah mendengar tentang menu segar yang satu ini? Plecing kangkung merupakan salah satu menu sayuran populer yang berasal dari Lombok. Biasanya, plecing kangkung disajikan dingin bersama sambal tomat yang dibuat dari campuran cabai rawit, tomat, dan jeruk limau. Namun ada juga yang menghidangkan plecing kangkung bersama sayur-mayur lain seperti taoge, kacang panjang, dan urap. Agar makin sedap, tambahkan Royco Kaldu Jamur yang cita rasanya bikin resepmu makin sempurna. Sebagai sentuhan akhir, tak lupa taburkan kacang tanah goreng yang gurih dan renyah. Dijamin bikin ketagihan!

Uniknya, di pulau Lombok, kangkung yang digunakan untuk sajian ini berbeda dengan kangkung yang ditanam di Jawa. Alih-alih kangkung biasa, mereka menggunakan jenis kangkung air yang ditanam di sungai. Kangkung air berbatang besar dan terasa lebih renyah. Selain itu, daunnya juga lebih besar dan tidak alot saat digigit. Segar!

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis resep plecing kangkung yang populer, yaitu resep plecing kangkung Lombok dan Bali. Walaupun dua pulau ini berdekatan, resepnya berbeda, lho! Versi Bali terdiri dari kangkung rebus, sambal, dan kacang. Di Lombok, hidangan ini adalah teman setia hidangan Ayam Taliwang, sedangkan di Bali adalah sayuran yang disajikan bersama Ayam Betutu.

Penasaran? Tak perlu jauh-jauh ke Lombok atau Bali jika ingin menghadirkan resep plecing kangkung sederhana ini di atas meja makan untuk menu sehari-hari atau selama Ramadan. Simak cara memasaknya dan sajikan bersama lauk yang tak kalah lezat seperti Ikan Kuwe Bakar, Ayam Bakar Kecap, ataupun Pesmol Ikan Nila.

Bahan

3
Porsi
500
g kangkung, siangi
100
g taoge
air, untuk merebus
3
sdm kacang tanah goreng
2
buah jeruk limau, potong 2 bagian
10
buah cabai rawit merah
1
buah tomat merah

Cara membuat

1

Haluskan cabai rawit dan tomat bersama Royco Kaldu Jamur. Sisihkan.

2

Rebus kangkung dan taoge secara terpisah hingga matang. Angkat dan tiriskan.

3

Siapkan piring saji, tata kangkung dan taoge. Sendokkan sambal ke atasnya. Sajikan dengan kacang tanah goreng dan jeruk limau.

Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur