9 Resep Jajanan Anak Sekolah Wajib Coba di Rumah | MAHI

9 Resep Jajanan Anak Sekolah yang Bisa Kamu Buat di Rumah, Dijamin Istimewa dan Lebih Mantap

Simpan ke bagian favorit

Valentina|September 21, 2022

Masih ingat jajanan anak sekolah yang dulunya sempat jadi makanan langganan kamu? Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu bernostalgia dengan sederet daftar jajanan anak sekolah favorit. Untuk melepas kangen, coba juga berbagai resep jajanan kaki lima yang akrab dijajakan di depan gerbang sekolah. Supaya lebih enak dan istimewa, versi Masak Apa Hari Ini menambahkan bahan-bahan seperti sayuran atau protein untuk menambah gizi setiap camilan yang direkomendasikan.

1. Batagor

Sepiring hasil masak resep batagor Bandung, makanan khas Bandung, disajikan bersama jeruk nipis, bumbu kacang, dan sambal.
Batagor, salah satu jajanan anak sekolah yang sering jadi favorit masa kecil. (Foto: MAHI)

Ada dua versi batagor yang populer, yaitu batagor bumbu kacang dan batagor kuah. Disebut batagor kuah karena disajikan dengan kuah kaldu dan saus sambal seperti layaknya penyajian bakso kuah. Bila ingin membuatnya tanpa ikan, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam giling atau dengan jamur tiram untuk adonan batagor tanpa ikan.

2. Cimol

Kali ini cimol bukan hanya berbahan tepung, tetapi juga menggunakan perpaduan kentang dan daun kelor sebagai bahan utamanya. Cimol dengan bahan kentang ini bikin tekstur cimol jadi lebih empuk dan tetap enak disantap meski sudah tidak hangat. Selain daun kelor, cimol kentang juga bisa kamu tambahkan irisan daun bawang dan seledri untuk menambah rasa.

3. Pempek

Sepiring pempek dos di piring putih dengan sendok garpu.
Hasil dari mencoba resep pempek dos yang kenyal dan lezat dengan cuko pedas manis. (Foto: Shutterstock)

Mana yang lebih kamu suka, pempek dengan ikan atau pempek tanpa ikan yang sering akrab disebut pempek dos? Keduanya sama-sama sedap karena disajikan bersama kuah cuko yang kecut segar. Jangan lupa sertakan sambal rawit dan mentimun cincang agar tambah mantap, ya!

4. Telur Gulung

Jajanan yang bikin nagih ini memang selalu dibanjiri penggemar. Gunakan minyak banyak dalam wajan atau wok agar proses menggulung telur lebih mudah. Cocol ke dalam Jawara Saus Sambal yang bikin kamu lupa berhenti makan telur gulung.

5. Sempol Ayam

Hasil masak resep sempol ayam disajikan di atas piring dengan saus sambal.
Inilah camilan khas kota Malang wajib coba! (Foto: Shutterstock)

Ingin bikin jajanan kaya protein? Sempol ayam adalah jawaban paling tepat. Diracik dari adonan daging ayam giling, sempol ayam versi Masak Apa Hari Ini ditambahkan wortel untuk menambah nilai gizinya. Selain untuk camilan, kamu juga bisa menjadikan jajanan yang juga populer di Malang dan Jawa Tengah ini sebagai lauk teman nasi.

6. Siomay Ikan

Adonan ikan dengan tepung tapioka yang disiram bumbu kacang memang selalu jadi pilihan menarik sepulang sekolah. Bagi yang suka dengan rasa dan aroma ikan tenggiri yang tipis, resep siomay ikan dengan kombinasi daging ayam dan udang ini pas banget buat dicoba. Sajikan sebagai camilan sore, yuk!

7. Cilok Bumbu Kacang

Yang ini pas banget kalau disantap bersama secangkir SariWangi Teh Asli. Cilok dengan bumbu kacang adalah salah satu jajanan yang paling ngangenin. Ingin versi pedas? Coba juga cilok sambal goang yang khas dengan sensasi cabai rawit dan kencur yang pedasnya bikin nagih.

8. Cireng Banyur atau Cireng Kuah

Cireng Banyur dengan kuah pedas dan segar.
Cireng garing dengan kuah pedas. (Foto: Shutterstock)

Adonan cireng original ini dipadukan dengan kuah pedas bikin makan cireng jadi lebih seru. Cireng banyur atau cireng kuah bisa kamu sajikan bila sedang ingin nyemil jajanan gorengan pedas sambil ngeteh bareng teman. Jangan lupa menggunakan air panas atau air mendidih untuk menguleni adonan cireng. Selain lebih cepat, adonan dari air panas juga membuat cireng tidak keras ketika sudah tidak panas.

9. Cilung

Atau aci digulung merupakan jajanan yang menambah daftar pedagang kaki lima yang nongkrong di depan sekolah. Hanya berbahan dasar tepung tapioka dan bumbu sederhana, kamu bisa menyajikan aci digulung kapan saja. Agar lebih istimewa, Masak Apa Hari Ini menambahkan keju parut sebelum lembaran aci digulung. Rasanya dijamin cilung jadi makin yummy, apalagi ditambah dengan sensasi pedas Jawara Saus Sambal.

Yuk, cobain sederet resep jajanan anak sekolah a la Masak Apa Hari Ini di rumah! Jangan lupa selalu sediakan Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis sebagai bumbu andalan dan pelengkap santap.

 

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.