Makan Buah Sebelum Makan atau Sesudah? - MAHI

Makan Buah Sebelum Makan atau Sesudah, Manakah yang Benar?

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Januari 28, 2022

Makan buah sebelum makan atau sesudahnya? Satu pertanyaan yang mungkin mengganggu pikiran sebagian dari kita sejak lama. Setidaknya bagi yang ingin menikmati makanan serta gizinya secara optimal. Terlebih bagi yang sedang berdiet, pertanyaan ini bisa jadi mempengaruhi program yang sedang dijalani.

Ada baiknya kita coba memahami dulu esensi buah dalam kehidupan manusia. Buah adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dan diet seimbang karena kalorinya yang rendah dan berserat tinggi. Selain itu, buah-buahan juga mengandung komponen antioksidan serta vitamin dan mineral. Maka tak heran bila para dokter merekomendasikan kita untuk mengonsumsi buah-buahan agar tubuh lebih sehat dan membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit. Misalnya seperti tekanan darah tinggi, sakit jantung, hingga beberapa jenis kanker.

Namun tentunya ada saja sederet pertanyaan juga seputar mengonsumsi buah sehari-harinya. Selain perkara makan buah sebelum makan atau sesudah, mari kita cek faktanya lainnya juga, yuk!

Satu nampah buah-buahan tengah diambil.
Membiasakan menikmati buah sebelum makan adalah kebiasaan yang baik. (Foto: Shutterstock)

Apakah sebaiknya makan buah saat perut kosong?

Pertanyaan ini berkaitan langsung dengan teori bahwa makan buah sebelum makan adalah yang terbaik. Betul memang bila buah dikonsumsi sebelum makan maka proses pencernaan makanan menjadi lebih lama. Ini dikarenakan kandungan serat dari buah mendatangkan manfaat bagi tubuh sekaligus menjadikan kita kenyang lebih lama.

Menariknya, ada yang berteori bahwa justru proses pencernaan buah yang memakan waktu ini malah akan menjadikannya busuk atau terfermentasi dalam tubuh kita. Ternyata dugaan tersebut kurang tepat karena saluran pencernaan kita begitu canggih. Kandungan asam dalam lambung kita mampu memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, lho! Sehingga apabila permasalahan pencernaan disematkan pada alasan ini, maka ini tidak tepat sama sekali. Sebaiknya kita konsultasikan pada dokter agar diketahui alasan sebenarnya serta penanganannya yang tepat.

Beberapa jenis buah yang dijus.
Minum jus adalah salah satu alternatif menikmati buah. (Foto: Shutterstock)

Berarti yang betul adalah makan buah sebelum makan?

Menilai dari beberapa fakta di atas, maka makan buah sebelum makan seolah menjadi jawabannya. Patut dicatat bahwa meskipun kenyang lebih lama, efeknya tetap tidak terlampau signifikan. Setidaknya bisa kita simpulkan bahwa ini adalah sebuah kebiasaan yang baik untuk kita jalani, bukan?

Mengutip dr Sara Testa, nutrisionis dari Humanitas Hospital di kota Milan, buah sebaiknya dimakan sebelum dua kali makan besar karena serat membantu mengurangi serapan gula sederhana dan menurunkan indeks glisemik (GI) dari makanan. Berkebalikan dari apa yang sering direkomendasikan, lanjut sang dokter, justru mengonsumsi buah di antara dua makan besar malah akan menstimulasi produksi insulin dan rasa lapar, ketimbang menunda rasa lapar.

Jadi, adakah manfaat makan buah setelah makan?

Jawabannya ternyata ada! Satu studi dari University of Buffalo di Amerika Serikat menemukan bahwa ada peranan flavonoid dari jus jeruk sebagai “tim sapu bersih” dalam tubuh kita. Ini dikarenakan ada kandungan dua jenis antioksidan yaitu naringin dan hesperidin yang dapat menetralisir peradangan dalam tubuh akibat makanan tidak sehat yang kita konsumsi sebelumnya. Sekaligus, kedua jenis antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pada jaringan pembuluh darah.

Naringin terdapat pada buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan sejenisnya. Kandungan flavonoid-nya dapat membantu memperkuat dinding kapiler, menetralisir tubuh, dan menurunkan berat badan. Selain itu, efek lainnya adalah menjaga tubuh dari flu, merelaksasi otot, dan memiliki agen anti kanker – demikian dr Testa melanjutkan penjelasannya.

Bagaimana dengan penjelasan-penjelasan yang cukup singkat ini mengenai makan buah sebelum makan ataupun sesudahnya? Keduanya memiliki kelebihan tersendiri tentunya. Maka selebihnya adalah lebih bagaimana kita menerapkan kebiasaan makan yang baik dan menjaga asupan tetap bergizi dan seimbang untuk tubuh. Untuk referensi beberapa bacaan mengenai buah-buahan, cek manfaat buah naga serta buah apel. Jangan lupa untuk mencoba resep sup buah yang lezat juga di rumah, ya!

Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.