5 Resep Makanan Khas Sulawesi Wajib Coba - MAHI

5 Resep Makanan Khas Sulawesi untuk Masak Seru Bareng Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Januari 25, 2022

Untuk yang ingin meningkatkan skill masak, maka resep-resep yang berikut ini patut dicoba. Kalau biasanya kita mengenal banyak masakan dari pulau Jawa dan Sumatra, bagaimana kalau kali ini merambah ke makanan khas Sulawesi? Dari sekian banyak koleksi resep di Masak Apa Hari Ini, ada pilihan keren dari Sulawesi Utara, Gorontalo, dan juga Sulawesi Selatan!

Yuk, cek ada apa saja yang bisa dicoba!

1. Resep ikan bakar khas Makassar

Ikan bakar yang satu ini adalah salah satu hidangan seafood favorit khas Sulawesi Selatan. Kota Makassar terkenal dengan koleksi seafood segar yang diolah secara istimewa dan tak hanya kaya akan resep daging seperti resep coto Makassar, resep sup konro, ataupun sop saudara. Untuk hidangan seafood khas Makassar, biasanya banyak menggunakan ikan laut seperti lamuru, kakap, kerapu, sukang, kudu-kudu, kuwe, dan sebagainya. Menarik untuk dicoba tentunya!

Coba resep ikan bakar khas Makassar berikut ini!

2. Resep pallubasa khas Makassar

Pallubasa, mahakarya masyarakat Makassar yang begitu ahli dalam mengolah daging sapi. Saat mentari begitu panas terik menyinari dan waktu makan siang tiba, itulah waktu yang tepat menikmati Pallubasa. Apalagi dengan tambahan sebutir telur bercampur dengan kuahnya, cita rasanya semakin kaya dan menggoda!

Coba resep pallubasa dari MAHI, yuk!

3. Resep binthe biluhuta khas Gorontalo

Ada kombinasi jagung, kemangi, dipadukan dengan ikan cakalang asap dan udang. Ini menjadikan Binte Biluhuta menjadi makanan khas Sulawesi yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Buat yang mungkin sulit mendapat ikan cakalang asap, kita bisa menggantinya dengan ikan laut panggang seperti ikan kuwe, ikan tongkol, atau ikan kembung. Binte Biluhuta kerap disajikan dengan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap. Biar makin mantap, tentunya kehadiran Bango Kecap Manis tak boleh dilupakan. Padukan dengan aneka bahan pelengkap seperti sambal rawit yang pedas dan hangat di lidah dengan jeruk nipis juga daun bawang yang akan menambah kesegaran citarasa.

Ini dia resep binthe biluhuta bergizi khas Gorontalo!

4. Resep ayam woku khas Manado

Salah satu ciri khas ayam woku adalah bumbu kuning pedas berlimpah bahan aromatik seperti daun pandan, daun kunyit, daun kemangi, daun jeruk, dan serai yang menjadikannya bukan hanya pedas, tetapi juga sarat bumbu dan harum. Bukan hanya untuk daging ayam, bumbu woku juga dimasak untuk memberi rasa pada daging, ikan, dan seafood lain. Syarat wajib dari woku adalah wajib medok bumbu dan punya rasa pedas. Di resep ayam woku kali ini, kita juga bisa berkreasi menggunakan bumbu kuning tradisional khas timur Indonesia ini dengan ikan laut atau tawar, udang, cumi, daging ayam, atau bahkan daging sapi.

Penasaran dengan resep ayam woku? Cek berikut ini!

5. Resep tinutuan, makanan khas Sulawesi dari Manado

Kalau bubur identik dengan makanan sehat, maka orang Sulawesi Utara punya caranya sendiri untuk menjadikannya lebih berkhasiat. Makanan khas Manado yang terkenal adalah salah satunya Tinutuan, terkenal akan kekayaan nutrisi yang dikandungnya. Sebagai makanan khas Sulawesi yang cocok untuk vegetarian, bubur tinutuan memiliki isian berupa macam-macam sayuran. Ingin ada protein hewani? Maka cukup tambahkan ikan. Untuk kita yang tidak tinggal di Sulawesi Utara, gorengan ikan asin jambal memberikan tekstur serta rasa asin gurih yang menyenangkan. Masak bubur bersama macam-macam sayuran seperti ubi jalar, jagung muda, daun melinjo, bayam, serta kangkung.

Ini dia resep tinutuan wajib coba!

Rasa penasaran soal apa saja makanan khas Sulawesi yang enak kini terbayar sudah. Waktunya untuk mencoba membuatnya di rumah dan menyajikannya untuk keluarga tercinta! Pastikan juga untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.