Jenis-Jenis Udang dan Olahannya. Yang Mana Favoritmu?

Maddie|September 6, 2018

Sebagai pencinta seafood, kamu mesti tahu jenis-jenis udang yang digunakan untuk masakan hidangan laut favoritmu. Kelezatan masakan udang juga dihasilkan berkat jenis udang yang dipakai. Misalnya untuk jenis udang yang dibakar, akan lebih baik menggunakan jenis udang berukuran sedang hingga besar.

jenis-jenis udang
Apa masakan udang favoritmu? (Foto: Shutterstock)

Ini adalah berbagai jenis-jenis udang yang wajib kamu tahu:

Udang Pancet

Disebut juga udang windu atau juga tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras, berwarna hijau kebiru-biruan dengan garis melintang agak gelap. Udang pancet berukuran sedang hingga besar. Yang berukuran besar biasanya sedap diolah sebagai udang bakar madu, kari udang, atau sate udang.

Lobster

Disebut juga udang barong dan udang karang. Ukuran terbesarnya bisa mencapai hingga 2 kilogram dengan ciri khas kulitnya yang tebal dan keras. Tak hanya disajikan di restoran mewah, beberapa pengusaha kuliner muda mulai melirik lobster sebagai makanan yang harganya terjangkau. Contoh hidangan lobster populer: Lobster Asam Manis, Lobster Bakar, dan Lobster Thermidor.

Udang ukuran sedang sedap dijadikan menu Sambal udang
Selain jenisnya, kamu juga wajib tahu cara memilih udang segar. (Foto: Shutterstock)

Udang Galah

Beredar di pasaran dengan nama freshwater shrimp. Udang galah adalah udang sungai atau danau air tawar. Terdiri dari bermacam warna: hijau kecokelatan, hijau kebiruan, kuning kecokelatan. Berbercak seperti udang windu, tapi bentuknya lebih bulat. Cocok dimasak untuk udang saus mentega, udang saus padang, atau udang bakar.

Udang Jerbung

Udang jerbung juga dikenal dengan sebutan udang putih atau white shrimp. Berwarna putih kekuningan dengan bintik hijau, atau berwarna putih kemerahan. Udang jerbung dikenal dengan sebutan berbeda-beda di mancanegara, dan kamu boleh berbangga hati karena Indonesia merupakan penghasil udang jerbung terbesar di dunia.

Udang Kipas

Kerap disebut lobster kecil atau udang sikat. Kulitnya tebal dengan kerangka yang lebar pipih dengan cangkang berduri. Udang kipas biasanya diolah menjadi Udang Saus Padang, Udang Masak Santan, atau Udang Asam Manis.

Udang Peci

Udang peci adalah salah satu jenis udang yang sangat mudah didapat di pasaran. Udang peci berukuran kecil biasanya dijadikan sebagai bahan peyek udang, bakwan udang, atau udang lapis tepung.

Perhatikan cara memilih udang segar sebelum membeli.
Udang berukuran kecil sedap dibuat udang goreng tepung, peyek. (Foto; Shudtterstock)

Berikut adalah beberapa kiat singkat mengenai cara memilih udang yang baik: 

  • Udang yang segar sama sekali tidak berbau.
  • Saat ditekan kulitnya, terasa keras dan kenyal (untuk udang berkulit tipis) serta tidak lembek.
  • Warnanya terlihat segar dan tidak pucat.
  • Kepalanya masih sangat melekat pada badan udang.

Semoga bermanfaat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.