5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat

Tim MAHI|April 30, 2018

Guten Tag! Kalau ditanya kebiasaan baik apa yang bisa kita tiru dari orang Jerman, salah satunya adalah gaya hidup mereka yang sehat. Sebagai contoh, orang Jerman lebih memilih naik sepeda daripada naik mobil karena lebih sehat dan juga menghemat biaya parkir mobil yang mahalnya minta ampun. Gaya hidup yang sehat ini juga tercermin dari kebiasaan makan orang Jerman juga yang serba sehat.

Mau tahu apa aja kebiasaan makan sehat itu? Tim MAHI mengumpulkannya khusus untuk kamu.

Pecinta Sauerkraut

5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Asem-asem kecut tapi bikin nagih! (Foto: Shutterstock)

Sauerkraut merupakan asinan kubis yang khas dan orang Jerman biasa menikmatinya sebagai makanan pendamping. Cita rasa sauerkraut ini asam karena ada proses fermentasi alami. Tidak hanya kaya akan probiotik yang baik untuk pencernaan, tetapi juga mengandung Vitamin A, B, C, dan E. Kalau kamu ingin mencoba sauerkraut, bisa juga dimakan sebagai isian pada roti atau teman pendamping makan steak ataupun sosis.

Sarapan dengan Muesli

5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Mau disantap dengan susu atau yogurt, sama-sama enak! (Foto: Shutterstock)

Ngaku deh, apakah kamu termasuk yang suka sarapan dengan makanan “kelas berat” seperti mie ayam atau lontong sayur? Jika memulai hari dengan makanan sarat karbo, biasanya kita gampang mengantuk. Kalau sudah mengantuk, duh, hari kamu bisa tidak produktif!

Orang Jerman biasa sarapan dengan muesli, yaitu sereal kering yang dibuat dari campuran oat, kacang, buah, dan gandum yang dipanggang hingga kering. Muesli ini bisa kamu santap dengan susu atau sebagai cemilan saat jam nanggung.

Kenapa muesli ini sehat? Kandungan serat muesli sangat tinggi dan gandum yang terkandung di dalamnya baik untuk sistem pencernaan. Kombinasi gandum dan kacang-kacangan membuat perut kenyang lebih lama. Godaan untuk nyemil pun akan terhindari!

Nyemil roti kaya serat

Roti yang orang Jerman biasa konsumsi bukanlah roti tawar putih seperti biasanya. Jika dibandingkan dengan roti yang biasa kita makan, roti Jerman mempunyai karakteristik lebih kasar dan berwarna cokelat. Kalau beberapa tahun yang lalu kita sempat heboh dengan roti whole grain, orang Jerman justru sudah sedari dulu meninggalkan roti tawar putih. Alasannya? Roti dengan tekstur kasar seperti roti rye, whole grain, atau whole wheat mengandung lebih banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Tidak Melewatkan Sarapan

Sarapan bersama keluarga telah menjadi salah satu kebiasaan makan orang Jerman. Sebagian besar keluarga di Jerman menikmati sarapan mereka dengan jus jeruk, kopi, atau susu bersama dengan roti atau telur rebus. Orang Jerman jarang berbicara satu sama lain saat makan. Mereka biasanya tenang ketika menikmati makanan mereka tanpa terburu-buru.

Gurkensalat

5 Kebiasaan Makan Orang Jerman yang Bikin Tubuh Mereka Sehat
Gurkensalat ini renyah dan rendah kalori. (Foto: Shutterstock)

Selain sauerkraut, kebiasaan makan orang Jerman lainnya adalah mengonsumsi gurkensalat atau selada mentimun. Gurkensalat ini populer di berbagai kalangan umur, terutama anak-anak. Renyah dan nikmat disantap sebagai teman makan, gurkensalat juga kaya akan vitamin. Mentimun mengandung 95% air, sehingga menyantap gurkensalat baik untuk menjaga hidrasi dan membuat perut kenyang lebih lama.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.