Resep Sambal Korek Daun Jeruk, Pelengkap Makan yang Menggugah Selera

Simpan ke bagian favorit

Resep sambal korek daun jeruk ternyata praktis dicoba di rumah. Sajikan sebagai pelengkap lauk, acara makanmu pun menjadi lebih nikmat.

15mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Januari 4, 2021

Ada beragam versi resep sambal korek, resep ini patut kamu coba. Selain cabai rawit dan bawang, resep ini menggunakan daun jeruk yang menawarkan aroma wangi yang khas. Sajikan dengan ayam goreng, acara makanmu dijamin menjadi lebih meriah.

Sambal korek merupakan salah satu sambal asli Nusantara. Tiga faktor utama yang membuat sambal jenis ini memiliki banyak penggemar. Pertama, dari segi rasa, sambal korek yang menggunakan cabai rawit terasa pedas. Selain itu, tambahan minyak panas pada sambal menghadirkan rasa gurih dan menghilangkan bau langu. Kedua, dari segi pembuatan, kamu cukup menghaluskan semua bahan dalam cobek kemudian siram dengan minyak panas. Tidak lebih dari 15 menit untuk membuatnya. Terakhir, sambal korek bukan sekadar cocolan. Sambal ini bisa menjadi bumbu untuk menu penyetan atau geprekan.

Meski praktis, ada tips yang patut kamu perhatikan. Buang tulang daun jeruk untuk menghilangkan rasa pahit dari tulangnya. Iris halus daun jeruk untuk mengeluarkan aroma wanginya secara maksimal saat diaduk dengan bahan lain. Tidak kalah penting, pastikan minyak untuk menyiram sambal benar-benar panas agar sambal bebas bau langu dan terasa gurih.

Sudah berhasil mempraktikkan resep sambal korek daun jeruk ini? Kamu bisa mencoba resep sambal lainnya seperti sambal teri petai maupun sambal bawang.

Bahan-bahan

Foto sachet Royco Kaldu Jamur.
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 100 g cabai rawit merah
  • 10 butir bawang merah
  • 10 lembar daun jeruk
  • 5 sdm minyak panas

Cara membuat

1

Buang tulang daun jeruk. Iris halusSisihkan.

2

Ulek cabai rawit merahbawang merah, dan bawang putih hingga halus atau sesuai selera. Aduk rata bersama daun jeruk. 

3

Tambahkan Royco Kaldu Jamur dan minyak panasAduk rata dan sajikan.

Nikmat, bukan? Selamat makan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.