Jenis Masakan


Resep Telur Gulung a la Jajanan SD yang Bikin Ngiler

Simpan ke bagian favorit

Penasaran dengan resep telur gulung yang bikin kamu kangen? Yuk, ikuti cara membuat telur gulung yang enak dan bikin kamu bernostalgia semasa kecil.

30mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Mei 8, 2020

Pernah terpikir untuk mencari resep telur gulung dan bikin sendiri di rumah? Telur gulung adalah jajanan murah meriah berbahan telur kocok goreng yang dimasak dengan bantuan tusuk satai. Makanan ini berbahan dasar adonan telur kocok dan sedikit air yang dituang ke dalam minyak panas yang banyak. Lalu, telur yang masih mengapung di atas minyak digulung menggunakan tusuk satai. Jajanan unik ini populer dan sering banget disebut jajanan SD. Apalagi kalau bukan karena pedagang telur gulung menjajakan masakannya di depan gedung Sekolah Dasar.

Telur gulung bisa disantap begitu saja atau disiram dengan saus. Cita rasanya yang gurih dengan cara masaknya yang mengundang perhatian membuat telur gulung pun naik pamornya dan kerap hadir di agenda festival kuliner atau jajanan. Supaya lebih menarik, kali ini resep telur gulung terasa lebih istimewa dengan kehadiran Saus Sambal Jawara sebagai cocolannya.

Ada alasan mengapa kamu wajib menggoreng adonan telurnya di dalam minyak yang banyak dan panas. Suhu minyak yang panas akan membuat telur ini cepat matang sementara minyak yang banyak mengakibatkan adonan telur mengapung dan memudahkan proses menggulung dengan tusuk satai.

Bahan-bahan

Satu kantung saus sambal Jawara extra hot.
Yang diperlukan:
Saus Sambal Jawara Extra Hot
Beli online

Bahan

Cara membuat

1

Di dalam mangkuk, aduk rata telur, daun bawang, daun seledri, bawang putih bubuk, Royco Kaldu Ayam, merica, dan air. Masukkan ke dalam botol air mineral, beri beberapa lubang di tutupnya.

2

Panaskan minyak di dalam wajan di atas api besar. Tuangkan adonan telur, ketika mulai bergelembung, gulung dengan tusuk satai. Masak hingga matang. Ulangi hingga adonan habis.

3

Sajikan telur gulung bersama Saus Sambal Jawara.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.