Cara Membuat Cimol Seenak Jajanan Pinggir Jalan - MAHI

Cara Membuat Cimol Seenak Jajanan Pinggir Jalan

Simpan ke bagian favorit

Penasaran dengan ide baru camilan enak untuk keluarga? Pas banget disantap bareng saat weekend, yuk, simak video cara membuat cimol berikut!

1jam
5 Porsi
Mudah
Dilla|Oktober 29, 2021

Cara membuat cimol anti meledak ini bisa jadi sesuatu yang telah kamu cari selama ini. Apalagi untuk para penggemar cireng, pastinya cimol otomatis menjadi salah satu camilan kegemaran. Maklum, siapa sih yang tidak suka dengan gorengan? Apalagi ketika tersaji di sore hari dengan sepoci teh hangat. Rasanya ingin bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Jangan khawatir, kali ini ada berbagi resep cimol goreng sebagai camilan untuk sore hari. Secara pembuatannya sebetulnya gampang gampang susah, hanya saja kamu harus siap belepotan dengan tepung. Tapi itulah serunya memasak, bukan? Yuk, bergegas ke dapur menyiapkan bahan membuat cimol setelah membaca tips cimol anti meledak ini!

Cara Membuat Cimol Anti Meledak

Sebagian dari kamu yang mungkin pernah mencoba resep cimol sebelumnya mungkin mengalami cimol yang meledak saat digoreng. Supaya tak terjadi lagi, coba tips ini, ya!

Saat membulatkan adonan cimol dibulatkan, hindari menyalakan api langsung. Berbeda dengan gorengan lain, cimol justru tidak meletus atau meledak jika dimasak dimulai dari minyak dingin. Selesaikan membentuk cimol secara bertahap, kemudian masukkan ke dalam wajan berisi minyak. Kemudian kamu bisa menyalakannnya dari api kecil. Proses panas secara bertahap bukan cuma membuat cimol tidak meletus, tetapi juga membuat gorengan berbahan tepung tapioka atau tepung sagu ini lebih matang merata. Inilah rahasia cara membuat cimol anti meledak.

Agar lebih nikmat, siapkan sambal dari Bango Kecap Manis! Tidak terlalu sulit belajar cara buat cimol goreng ini, kan? Ingin coba yang berbeda di lain waktu? Membuat siomay dan bumbu kacangnya adalah salah satunya. Ataupun untuk buka puasa ingin yang sedikit pedas dan menyegarkan, tentu pilihannya Ceker Pedas nan empuk. Selamat menonton tutorial bikin cimol berikut ini! Jangan lupa juga untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Jangan malu-malu, ya!

Sekarang, selamat mencoba mengolah cara membuat cimol goreng empuk ini!

Bahan-bahan

  • 200 g tepung tapioka
  • 100 g tepung terigu
  • 50 g bayam
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • 150 ml air hangat
  • 500 ml minyak, untuk menggoreng

Bahan sambal kecap

Cara membuat

adonan cimol dalam mangkuk
1

Di dalam mangkuk, aduk rata semua bahan adonan cimol kecuali air panas. Tambahkan Royco Kaldu Ayam. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis dan bisa dibentuk.

adonan cimol yang diratakan
2

Ratakan adonan cimol sambil ditaburi dengan tepung tapioka.

adonan cimol tengah dibentuk
3

Sobek sedikit demi sedikit adonan cimol dan bulatkan menjadi sebesar bentuk bakso.

menggoreng cimol
4

Panaskan minyak di atas wajan, goreng cimol dengan api kecil hingga matang.

membuat sambal kecap untuk cimol
5

Cara membuat sambal kecap: Tuang Bango Kecap Manis bersama bahan lain. Aduk rata.

Hasil cara membuat cimol disajikan bersama sambal kecap
6

Sajikan cimol bersama sambal kecap.

Sore hari jadi waktu yang tepat untuk menikmatinya, bukan? Kumpulkan seluruh keluarga dan nikmati keseruan bercengkerama sambil bersantap cimol yang gurih dan manis pedas ini. Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.