Resep Telur Balado Khas Minang - MAHI

Resep Telur Balado untuk Melengkapi Menu Harianmu

Simpan ke bagian favorit

Inilah caranya mengolah resep telur balado khas Minang! Nikmat disajikan kapan saja dan cocok dipadukan bermacam lauk. Yuk, kita siapkan bahannya dan memasak!

1jam
6 Porsi
Mudah
Chef Panji|September 21, 2021

Hampir tidak mungkin ada orang Indonesia yang tidak mencintai masakan khas Minang. Cita rasa yang kayak akan rempah serta terkenal pedas pastinya menggugah selera siapapun yang melihatnya. Bagi para penggemar masak, baik pemula ataupun profesional, masakan Padang adalah tantangan tersendiri dan ketika tersaji, rasanya tidak sabar untuk segera dinikmati. Satu langkah kecil untuk mengenal kuliner khas Sumatera Barat bisa dimulai dengan belajar cara membuat resep telur balado terlebih dahulu. Inilah salah satu makanan khas daerah yang mudah dibuat!

Istimewanya resep telur balado

Hampir semua protein ada resep olahannya di masakan Minang, dan telur ayam juga tidak ketinggalan tentunya. Telur balado bahkan seperti sudah dikenal sebagai masakan Indonesia secara umum. Dari masakan rumahan, warteg, hingga restoran – ada saja hidangan yang satu ini dalam menu sehari-harinya.

Bahkan resep telur balado dapat dengan mudah bersinergi dengan masakan-masakan lainnya. Sajian ini sering dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Jangan lupa tambahkan Bango Kecap Manis pada sambal baladonya agar sajianmu semakin rancak bana.

Mudahnya memasak resep telur balado

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak makanan khas daerah yang mudah dibuat ini merupakan yang sering kita pakai. Tomat, kemiri, cabai dan bawang yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Jadi kamu bisa selalu masak telur balado sebagai opsi untuk masak darurat. Selebihnya? Siapkan saja nasi putih!

Kagum rasanya melihat masakan yang satu ini bisa bersinergi di berbagai level, kemudian diaplikasikan dalam banyak masakan dan akhirnya menjadi tenar. Hanya saja sepertinya menu ini terkadang dipandang sebelah mata hanya karena proteinnya berupa telur. Tapi sesungguhnya, masakan khas Indonesia ini layak mendapat predikat sebagai salah satu masakan nasional negeri ini. Terbukti menu ini sering hadir melengkapi masakan istimewa seperti nasi tumpeng atau nasi uduk.

Untuk lebih mengapresiasinya, mari kita memulai dulu dengan memasaknya, yuk! Silakan simak video tentang cara masak telur balado berikut ini dan selamat berkreasi di dapur! Ketika sudah menemukan formula dan komposisi yang pas untuk bumbu balado, kamu bisa dengan mudahnya mengkombinasikannya dengan sumber protein atau karbohidrat lain.

Setelah menguasai makanan khas daerah yang mudah dibuat ini, saatnya mencoba resep olahan telur lainnya yang tidak kalah lezatnya. Cek langsung di Instagram Masak Apa Hari Ini, kamu bisa dapatkan resep dan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Pop up banner meal planner ramadan

Bahan-bahan

  • 6 butir telur ayam
  • 1.5 L air
  • 100 ml air
  • 250 ml minyak untuk menumis

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 butir kemiri, sangrai
  • 2 buah tomat, buang biji

Cara membuat

cara membuat telur balado
1

Haluskan semua bumbu, termasuk Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis dengan blender.

Seorang chef tengah merebus telur untuk resep telur balado.
2

Panaskan air di panci hingga mendidih. Rebus telur selama 7 menit. Tiriskan lalu rendam dalam air dingin selama 5 menit. Kupas telur yang sudah dingin.

cara membuat telur balado
3

Panaskan minyak di wajan dengan api sedang. Goreng telur yang sudah dikupas hingga bagian luarnya berwarna kekuningan. Angkat dan tiriskan.

cara membuat telur balado
4

Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak hingga harum. Masukkan telur yang sudah digoreng, aduk rata. Tambahkan Bango Kecap Manis dan air, lalu masak hingga bumbu meresap.

cara membuat telur balado
5

Angkat dan sajikan dengan daun peterseli. Telur balado cocok dijadikan bahan pelengkap untuk nasi uduk, nasi kuning sesuai selera.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.