Jenis Masakan


5 Jajanan Bulan Puasa Paling Laris yang Bisa Dibuat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Wina|April 7, 2020

Menjalani Ramadan di masa-masa kita diharuskan tinggal di rumah tentu tak akan seramai biasanya. Kalau dulunya kita jajan di sore hari dan mengumpulkan makanan untuk berbuka, kini kegiatan di luar harus dibatasi. Agar kamu tak kehilangan atmosfir kegembiraannya, kamu tetap bisa kok membuat sendiri jajanan bulan puasa paling laris. Sebut saja es buah hingga gorengan.

Dengan membuat camilan sendiri di rumah, kita juga bisa lebih mengawasi kebersihannya. Menjaga kesehatan tentunya jadi yang terpenting selama berpuasa. Nah, apa saja jajanan bulan puasa paling laris yang bisa kita buat sendiri di rumah? Yuk, intip ulasannya satu persatu!

1. Bakwan sayur, jajanan bulan puasa paling laris

Tak bisa dipungkiri, kehadiran gorengan kala berbuka memberikan kenikmatan luar biasa. Salah satu jajanan yang punya banyak penggemar adalah bakwan sayur, apalagi kalau dilengkapi saus bumbu kacang yang lezat.

Tenang, tak usah buru-buru keluar rumah untuk mencarinya. Kita bisa kok mengolahnya sendiri di dapur. Bahan yang dibutuhkan relatif gampang ditemukan. Untuk saus bumbu kacangnya, kamu bisa menggunakan bumbu pecel yang banyak dijual di pasar atau tukang sayur. Resep bakwan sayur bumbu kacang bisa kamu racik sebelum adzan Maghrib tiba, agar bisa disantap selagi hangat. Lihat juga tips membuat gorengan yang lebih sehat.

2. Sop buah tropis, segar dan bernutrisi

Siapa yang bisa menolak segarnya sop buah saat berbuka puasa? Jajanan bulan puasa paling laris ini bisa kamu buat sendiri lho di rumah. Khusus resep sop buah tropis ini menggunakan buah-buahan yang mudah ditemukan. Sebut saja mangga, buah naga, dan kelapa.

Namun, sebelum kamu menyantap sop buah tropis, pastikan kamu meminum air putih dulu, ya. Penuhi kebutuhan air mineral saat berbuka puasa dengan jumlah yang cukup, setelah menahan dahaga seharian. Baru setelahnya kita menikmati beragam sajian untuk berbuka.

3. Jus mangga, favoritnya orang Indonesia

Di antara menu takjil yang paling sering ditunggu, jus mangga jadi salah satu minuman paling favorit. Rasa mangga yang manis, ditambah kandungan kalorinya yang tinggi dapat mengembalikan energi dengan cepat saat berbuka puasa.

Kamu bisa membuat jus mangga sendiri di rumah. Agar lebih spesial, padukan dengan buah lainnya. Salah satunya adalah resep jus mangga yogurt beri yang segar! Hidangan a la café ini pun bisa kamu nikmati bersama keluarga, tanpa keluar rumah!

4. Risoles salted egg, resep klasik dengan twist kekinian

Risoles Ayam Telur Asin tersaji.
Sudah pernah mencoba kreasi baru risoles ini? (Foto: Shutterstock)

Kue basah dan camilan pasar juga masuk ke dalam deretan jajanan yang laris manis di bulan puasa. Salah satunya, tak lain adalah risoles. Agar lebih kekinian, kamu bisa membuat sendiri risoles salted egg di rumah. Rasanya jadi seperti camilan hotel bintang lima!

Agar prosesnya lebih mudah, kamu bisa menggunakan Royco Ayam Saus Telur Asin pada isian risoles. Siapkan sayuran seperti wortel dan kentang yang masih segar ya, agar rasanya makin lezat. Yuk, ikuti resep risoles salted egg kekinian ini!

5. Tahu isi, kriuk renyah dan berisi

Satu lagi camilan asin yang ditunggu-tunggu saat takjil adalah tahu isi! Ya, tahu isi juga bisa mudah dibuat sendiri di rumah. Beberapa bahan yang kamu butuhkan adalah tahu sumedang, taoge, kol, dan bawang bombay.

Agar rasanya makin spesial, tambahkan daging cincang atau suwiran ayam. Tak ada salahnya kan menyulap jajanan pinggir jalan jadi hidangan a la restoran? Yuk kita coba resep tahu isi daging giling ini!

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan resep yang terpercaya, kamu bisa mengolah sendiri jajanan yang kamu rindukan saat Ramadan. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.