5 Resep Mie Enak untuk Menghangatkan Saat Musim Hujan - MAHI

5 Resep Mie Enak untuk Hangatkan Kamu di Musim Hujan

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Januari 19, 2022

Musim hujan memang bawaannya ingin makan dan minum yang hangat-hangat, bukan? Ada saja motivasi rasa lapar karena cuaca mendung hingga turun hujan serta udara yang sejuk. Tapi masak apa, ya, kali ini?

Nah, salah satu solusi di kala galau saat cuaca mendung adalah masakan mie enak yang berkuah, hangat mengepul, dan memanjakan. Tak harus mie instan, masakan Indonesia yang bisa kita coba di rumah banyak, lho! Sekali-sekali, yuk, kita masak aneka masakan mie enak dari berbagai daerah di Nusantara untuk keluarga di rumah. Ayo, cek resep-resepnya berikut ini!

1. Mie gomak khas Batak

Hidangan ini adalah masakan tradisional dari Sumatra Utara sejak lama. Ukuran mie-nya besar seperti mie Aceh dan dijuluki spaghetti Batak. Hidangan mie enak yang satu ini kerap disajikan sebagai menu sarapan dan variasinya bermacam-macam. Dengan tambahan bumbu seperti andaliman, kecombrang, atau kacang tanah, lalu mie gomak dimasak dengan santan atau hanya air sebagai kuahnya. Masakan ini juga biasa dimasak dengan kuah daging dengan tambahan telur rebus. Sama halnya dengan mie Aceh, masakan ini bisa disajikan berkuah ataupun ditumis bersama bumbu yang pekat.

Coba resep mie gomak, yuk!

2. Mie rebus khas Padang

Hidangan yang satu ini berasal dari kota Payakumbuh dan menggunakan paduan bumbu halus dengan sayuran, Satu hal yang menarik adalah penggunaan cuka dalam kuahnya dan adanya suwiran rendang. Kemudian, kuahnya berwarna merah karena kehadiran cabai ulek dan kaldu tulang sumsum sapi. Siapkan kaldu dari tulang sumsum lebih dahulu agar cita rasanya lebih medok. Tambahkan juga Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis agar semakin memperkaya rasanya!

Ini dia resep mie rebus khas Padang!

3. Mie koclok khas Cirebon

Mie Koclok disajikan dalam mangkuk kayu.
Tersaji hangat, Mie Koclok sulit ditandingi masakan apapun. (Foto: MAHI)

Dari segi tampilan, mungkin mie koclok akan mengingatkanmu pada mie celor khas Palembang, yang by the way, cocok juga dinikmati saat musim hujan begini, lho! Kembali ke masakan khas Cirebon ini, bisa jadi kamu lebih mengenal tahu gejrot ataupun nasi jamblang, bukan? Padahal berbekal kaldu ayam dan santan kental, rasa dari hidangan yang menghangatkan ini tak hanya lezat tapi juga memuaskan! Masak bersama sayuran dan sajikan dengan suwiran ayam serta telur rebus agar semakin nikmat.

Yuk, masak resep mie koclok!

4. Cwie mie enak khas Malang

Dari segi penampilan, cwie mie sekilas mirip dengan mie ayam. Namun, makanan khas Kota Apel ini punya beberapa perbedaan, yaitu pada taburan daging ayam giling yang menyerupai abon. Kemudian jenis sayuran pelengkapnya seperti penggunaan selada keriting. Dari segi rasa juga bumbunya lebih sederhana, namun rasa asin gurih yang bikin ingin tambah menjadi ciri khasnya. Untuk topping-nya ada bakso, ceker ayam, sate usus, hingga sate telur puyuh.

Coba, yuk, resep cwie mie ini!

5. Mie kocok khas Bandung

Siapa bilang Bandung tidak punya hidangan mie yang khas? Mie kocok biasa disajikan dengan potongan kikil sehingga menjadikannya unik. Bahkan kita juga bisa menambahkan sumsum ataupun bakso. Kuahnya bening, namun kaya rasa akan rasa, inilah salah satu makanan di musim hujan yang bakal bikin nagih.

Simak resep mie kocok di sini!

Resep-resep tadi pasti bakal bikin kamu ingin gercep menuju dapur dan memasak. Mumpung cuaca lagi sering mendung dan hujan, masak adalah kesenangan tersendiri. Apalagi pas menikmati hidangannya yang lezat, bukan? Selamat mencoba! Oh ya, pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.