Jenis Masakan


8 Resep Camilan Sederhana yang Bisa Dibuat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Wina|Maret 19, 2020

Hari ini di rumah aja? Agar tidak bosan, kamu bisa sajikan camilan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah dicari – bahkan sudah tersedia stoknya di kulkasmu. Sebut saja bahan makanan dasar seperti tahu, telur, dan tepung terigu. Biasanya bahan makanan ini masuk ke daftar belanja bulanan para ibu.

Camilan sederhana berikut ini bisa disajikan di sore hari bersama teh atau kopi hangat. Namun, ada beberapa resep yang juga cocok lho disajikan sebagai menu pendamping saat makan siang. Yuk, kita intip satu persatu resepnya!

1. Resep tahu crispy, yang sedang populer

Renyahnya tahu crispy bisa membuatmu lebih semangat bekerja di rumah. Tak perlu jajan di luar, tahu kriuk renyah yang lagi beken ini bisa kok kamu buat sendiri di rumah. Jenis tahu yang kita butuhkan adalah tahu pong atau tahu Sumedang yang bagian kulitnya agak tebal. Selanjutnya tinggal kita siapkan tepung terigu dan Royco Kaldu Ayam agar rasanya makin spesial.

Simak resep tahu crispy, dan cocol dengan saus sambal!

2. Resep bakwan, camilan sederhana sejuta umat

Hasil masak resep bakwan jagung dengan garnish di atasnya.
Aneka resep bakwan yang bisa dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Tak lengkap rasanya kalau ngomongin camilan, tanpa bakwan. Gorengan tradisional ini sudah melegenda rasanya. Ada banyak jenis bakwan yang bisa kamu coba, mulai dari bakwan sayur, bakwan tahu, hingga bakwan jagung. Kamu bisa memilih protein mana yang paling kamu suka. Intip aneka resep bakwan dan sajikan bersama sambal kecap yang nikmat.

3. Resep cilok, favorit dari kota Bandung

Tantang dirimu untuk membuat cilok sendiri di rumah. Jajanan yang sering ada di pinggir jalan ini, bisa kamu olah dengan versi lebih lezat dan lebih bersih tentunya. Bahan utamanya adalah tepung tapioka dan tepung terigu. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan air kaldu ayam ke dalam olahan cilok. Tak sabar ingin menikmatinya? Yuk, simak resep cilok ini!

4. Resep cireng keju, camilan dengan twist baru

Selain cilok, jajanan yang sering bikin kangen adalah cireng. Cireng yang berarti “aci digoreng” ini menggunakan 100% tepung tapioka, tanpa tambahan tepung terigu. Hal ini yang membuatnya sangat kenyal. Nah, agar makin spesial kita tambahkan keju dalam adonannya. Penasaran seperti apa rasanya? Intip resep cireng keju ini.

5. Resep jamur crispy, ingin tambah terus

Resep camilan sederhana berikutnya bisa kita olah menggunakan jamur. Agar rasanya lebih spesial dari jajanan di luar, kita racik saus padang sebagai paduannya. Kerenyahan jamur crispy dengan saus pedas ini bakal bikin kita lebih betah di rumah. Yuk, kita intip resep jamur crispy ini. Oh ya, jamur crispy juga bisa jadi menu pendamping makan siangmu.

6. Resep tahu pletok, paling memanjakan

tahu pletok telah tersaji
Resep tahu pletok yang bisa dicoba di rumah. (Foto: MAHI)

Camilan tradisional yang tak boleh kita lewatkan, salah satunya adalah tahu pletok. Sajian ini adalah gabungan dari tahu kuning dan adonan aci yang nikmat. Jadi cocok nih buat kamu yang suka cireng atau cimol. Cara membuatnya juga tidak rumis. Simak resep tahu pletok ini ya. Disajikan sore hari saat hujan, tentunya akan sulit ditolak!

7. Resep seblak, selalu saja kondang

Sajian dari Tanah Pasundan ini juga bisa kamu coba di rumah. Camilan berbahan dasar kerupuk bawang ini punya rasa yang khas dari kencur. Nah, kamu bisa berinovasi menambahkan topping-nya. Mulai dari ceker ayam, bakso, sosis, hingga makaroni, cocok lho dimasukkan ke dalam seblak. Atur level pedas sesuai keinginanmu ya. Simak resep seblak kuah khas Sunda agar suasana di rumah lebih hangat.

8. Resep churros, cakwe a la Spanyol

Resep churros keju dengan lumuran cokelat.
Selain dengan gula putih, resep churros keju juga cocok tersaji dengan lelehan cokelat. (Foto: MAHI)

Lebih suka makanan manis? Kamu bisa kok membuat resep camilan sederhana ala Eropa tanpa banyak upaya. Salah satunya dengan mengolah resep churros satu ini. Bahan dasarnya adalah tepung terigu. Bedanya, kita tambahkan gula dan topping cokelat yang lezat. Kamu juga boleh menambahkan topping lain seperti keju atau ice cream.

Dari delapan resep di atas, mana yang paling menarik perhatianmu? Yuk, kita langsung ke dapur dan meracik sendiri camilan lezat di rumah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.