5 Resep Bakwan Enak dan Praktis untuk Camilan Sore Ini

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Februari 2, 2020

Siapa coba yang tak kenal bakwan? Gorengan khas Nusantara ini bisa disajikan untuk camilan hingga menu pendamping saat makan besar. Tak heran jika kudapan ini seringkali jadi primadona dan terdapat banyak resep bakwan. Cocok dinikmati saat buka puasa atau sekedar menjadi pengganjal perut di sore hari.

Gorengan berbahan dasar tepung ini bisa juga dipadukan bersama beragam protein dan serat, mulai dari sayuran hingga udang. Cara membuatnya pun relatif sederhana dan kamu bisa meraciknya sendiri di rumah.

Berikut adalah lima resep yang bisa kamu ikuti!

1. Resep Bakwan Sayur

Satu piring berisi beberapa bakwan tahu dengan saus sambal.
Camilan lezat untuk keluarga di rumah. (Foto: Shutterstock)

Gorengan yang dalam bahasa Sunda bernama “bala-bala” ini sering kita temui di gerobak di pinggir jalan hingga warung kopi. Sayuran yang paling sering dijadikan bahan utama adalah kol dan wortel.

Kembang kol memberikan rasa gurih ekstra ketika digoreng, apalagi jika dibumbui dengan pas bersama adonan. Jangan lupa untuk tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam agar rasanya makin kaya. Kamu bisa mengintip resep bakwan sayur ini untuk membuatnya sendiri di rumah.

2. Bakwan Tahu

Selain sayuran, tahu juga bisa jadi bahan utama gorengan lezat ini. Kudapan yang juga disebut perkedel tahu ini seringkali dijadikan menu pendamping. Tahu yang digunakan bisa beragam, tapi kami sarankan untuk menggunakan tahu kuning. Kita lumatkan tahu hingga hancur lalu satukan dengan adonan terigu.

Tantangannya adalah tahu mengandung air yang cukup banyak sehingga bisa membuat gorengan ini bertekstur benyek hingga hancur ketika digoreng. Untuk itu, kamu tak perlu lagi tambahkan air, ya. Lihat resep bakwan tahu dan sajikan untuk keluarga tercinta!

3. Bakwan Udang

Ote-ote udang tersaji dengan sambal kecap.
Bakwan udang yang nikmat dicocol di sambal kecap. (Foto: MAHI)

Jika ingin sajian yang lebih berenergi, saatnya membuat varian udang. Di Jawa Timur, sajian ini disebut sebagai ote-ote udang. Namun pada dasarnya, bahan utamanya tak jauh berbeda yakni tepung terigu, sayuran, dengan tambahan udang.

Udang yang dipakai untuk adonan ini biasanya adalah udang peci. Jangan lupa untuk membuang kepalanya terlebih dahulu ya sebelum diolah. Sajikan udang dengan sambal kecap selagi hangat. Intip resep bakwan udang berikut yang mudah untuk diikuti.

4. Bakwan Jagung

Tak sah rasanya jika kita melewatkan gorengan jagung. Kudapan yang juga disebut perkedel jagung ini sering dijadikan menu pendamping dan dijual di banyak tempat, mulai dari warteg hingga restoran besar. Konon, yang paling terkenal berasal dari Manado.

Tentunya kamu juga bisa mengolah bakwan jagung sendiri di rumah. Pilih jagung yang manis agar rasa gorengannya nanti makin gurih. Jagung manis bisa didapatkan di pasar tradisional hingga supermarket. Hindari penambahan air pada adonan terigunya, karena jagung mengandung air yang bisa melumatkan adonan.

5. Bakwan Oncom

Ingin sajian yang lebih unik? Yuk, kita coba resep yang satu ini. Oncom yang berasal dari Jawa Barat ini juga bisa diolah menjadi gorengan. Dijadikan sebagai camilan maupun menu pendamping, versi oncom patut dicoba.

Cara membuatnya mirip seperti bakwan tahu. Kita siapkan tepung terigu dan telur untuk merekatkan oncom dengan baik. Tambahkan juga cabai merah untuk menambah rasa pedas dan segar pada kudapan ini. Simak resep bakwan oncom dan sajikan sesuatu yang berbeda di meja hidanganmu.

Sudah tahu mau pilih yang mana? Lima resep di atas bisa diolah dalam waktu sekitar 30 menit saja. Masak cepat tapi tetap enak bukan hanya wacana!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.