Jenis Masakan


5 Masakan Nusantara yang Cocok sebagai Menu Natal Kamu Sekeluarga

Simpan ke bagian favorit

Dilla|November 27, 2019

Suasana libur Natal sudah terasa, saatnya berkumpul dengan keluarga. Nah, menu Natal apa yang kira-kira akan kamu sajikan nanti? Jatuh di akhir tahun yang berudara dingin, sajian Natal identik dengan menu hangat seperti sup dan olahan daging.

Nah, bagaimana kalau kali ini kita hidangkan masakan Nusantara? Ada beragam kuliner khas Indonesia yang dijamin menggugah selera dan mudah membuatnya. Berikut beberapa resep usulan dari tim Masak Apa Hari Ini!

 1. Resep Sup Kacang Merah sebagai Menu Natal

Siapa yang bisa menolak hangatnya semangkuk sup kacang merah? Terinspirasi dari sajian mancanegara, makanan dari Sulawesi Utara ini membutuhkan proses cukup panjang untuk melembutkan kacang merah dan daging sapi bagian sengkel. Namun, inilah yang menjadi rahasia kelezatannya selain Royco Kaldu Sapi.

Intip resep lengkap Sup Kacang Merah yang terdiri dari bahan yang sederhana. Jangan lupa sertai bahan pelengkapnya, ya!

2. Resep Ayam Panggang Taoco

Talenan dengan ayam panggang di atasnya.
Ayam Panggang Taoco siap dinikmati untuk menu Natal. (Foto: Shutterstock)

Taoco adalah bumbu fermentasi kedelai yang terkenal di banyak daerah di Indonesia seperti Cianjur, Medan, Riau, dan Pekalongan. Memiliki rasa asin, asam, dan manis; taoco bisa dipadukan dengan berbagai makanan, termasuk ayam panggang. Selain taoco, menu ini juga menggunakan bumbu ngohiong, cuka, gula palem, maizena, dan Bango Kecap Manis. Citarasa oriental dari menu ini dijamin bisa memeriahkan perayaan Natal bersama keluarga.

Yuk, segera siapkan bahan-bahan untuk membuat Ayam Panggang Taoco sebagai menu utama Natal.

3. Resep Bistik Daging Khas Solo

Bistik daging alias Selat Solo menyajikan daging tumisan dengan sedikit kuah dan sayur pelengkap. Untuk dagingnya, kamu bisa memilih bagian has dalam atau lidah. Marinasi daging dengan merica dan Bango Kecap Manis, lalu diamkan sekitar 1 jam di kulkas. Sedangkan sayur pelengkapnya terdiri dari kentang, buncis, wortel, dan tomat. Tambahkan juga irisan telur rebus sebagai pelengkapnya.

Sajikan Bistik Daging Khas Solo di meja makan, maka kumpul keluargamu terasa sangat spesial!

4. Resep Kambing Bakar Khas Gorontalo

Kambing bakar khas Gorontalo di piring cokelat untuk menu Natal.
Kambing panggang, menu mewah dan lezat untuk selebrasi akhir tahun. (Foto: MAHI)

Ide cemerlang untuk menyajikan olahan kambing di libur Natal bersama keluarga. Salah satunya kambing bakar khas Gorontalo yang bercita rasa Timur Tengah. Ada perpaduan rempah seperti jintan, cengkih, kayu manis, dan kapulaga dalam bumbu halusnya. Masak daging kambing hingga bumbu meresap dan kuah mengering. Lalu sajikan dengan nasi hangat bertabur bawang goreng serta acar mentimun. Dijamin, rasanya meledak di mulut dan akan terkenang sepanjang masa!

Berikut resep Kambing Bakar Khas Gorontalo yang bisa kamu coba!

5. Resep Gurame Bakar Sambal Colo-Colo

Bisa dibayangkan nikmatnya gurame bakar dihidangkan sebagai menu Natal. Jika biasanya gurame bakar disajikan dengan sambal kecap, kali ini kita lengkapi dengan sambal colo-colo. Sambal khas dari Maluku ini menawarkan rasa pedas, asam, dan segar sekaligus. Rasa pedas ini bertemu dengan manis dari gurame bakar berbumbu kecap, dijamin bikin kamu sekeluarga ketagihan menyantapnya.

Sajikan Gurame Bakar Sambal Colo-Colo dengan nasi hangat dan lalapan.

Sudah tahu akan menyajikan apa saja sebagai menu Natal? Jika masih bingung, kamu bisa mencoba semuanya. Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.