7 Pilihan Sayuran Rendah Kalori untuk Diet Maksimal - MAHI

7 Pilihan Sayuran Rendah Kalori Agar Dietmu Lebih Maksimal

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Juni 30, 2022

Sedang menghindari makanan tinggi kalori dan ingin beralih ke makanan yang lebih sehat namun tak kalah bernutrisi? Salah satu jawabannya adalah sayuran rendah kalori. Masak Apa Hari Ini akan membahas apa saja pilihan sayuran yang mudah ditemukan sekaligus lezat untuk diolah dengan segudang resep yang ada di sini. Sebelum masuk ke sana, bagaimana kalau kita mengingat kembali apa itu kalori dan segala pertanyaan yang mengelilinginya?

Berkenalan Lagi dengan Istilah Kalori

Pertanyaan dimulai dari apakah asupan energi dari makanan sehari-hari seimbang dengan apa yang kita keluarkan? Bila jawabannya adalah lebih banyak asupan, maka muncullah lemak yang berpotensi menambah berat badan. Bila kebalikannya, maka berat tubuh akan berkurang. Satuan yang dipakai untuk mengukur inilah yang disebut dengan kalori.

Lantas bagaimana menghitung kebutuhan kalori harian dibandingkan dengan kegiatan sehari-hari kita? Diestimasikan secara rata-rata bahwa wanita membutuhkan sekitar 2000 kalori dan laki-laki sebanyak 2500 kalori setiap harinya. Hitungannya akan berbeda dan bisa berkali-kali lipat bila aktivitasnya lebih berat, seperti misalnya atlet. Begitupun juga halnya pada ibu hamil yang membutuhkan ekstra kalori. Sementara itu, manula justru membutuhkan lebih sedikit karena kegiatannya sudah lebih berkurang dan sistem metabolismenya sudah lebih melambat. Sebelumnya Masak Apa Hari Ini pernah membahas mengenai serba serbi kalori yang bisa kamu baca untuk info lebih lanjut.

Menjaga Perimbangan Kalori dan Nutrisi

Mangkuk berisi telur dan sayuran rendah kalori.
Makanan rendah kalori dan tinggi kalori dapat dipadukan untuk nutrisi sekaligus pengalaman makan yang lebih seru. (Foto: Shutterstock)

Kunci menjalani hidup yang sehat bukan sekadar menikmati makanan secara hitungan kalori saja, namun juga dengan gizi yang seimbang. Perpaduan di antara makanan yang tinggi kalori dan rendah kalori dianggap ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari, misalnya kita menyeimbangkan asupan makanan tinggi kalori yang bergizi seperti telur atau avokad dengan buah-buahan atau sayuran rendah kalori. Tak hanya soal nutrisi, namun pengalaman makan kita juga menjadi lebih menyenangkan dan mengenyangkan.

Terdengar sederhana, namun banyak kreasi resep yang bisa kita coba dari paduan sayuran rendah kalori maupun buah-buahan. Terlebih lagi untuk bahan yang munculnya musiman sehingga makanan di rumah menjadi tidak membosankan dan jauh lebih menyehatkan.

Ragam Sayuran Rendah Kalori

Kalau kamu tertarik untuk menyantap jenis sayuran rendah kalori, kami punya daftarnya. Jadikan beberapa pilihan berikut ini untuk menunjang program hidup lebih sehat sehari-hari ataupun untuk program khusus diet yang sedang dijalani. Langsung saja kita simak apa saja yang tersedia di pasaran dan dapat dengan mudah kita nikmati setiap harinya.

1. Brokoli

Sayuran yang kini semakin terjangkau harganya ini kaya akan serat dan vitamin A, B, C, E, dan K. Menikmati sekitar 150 gram brokoli yang telah dimasak hanya berisikan 54 kalori saja dan kebutuhan vitamin C harian kita sudah terpenuhi hingga 100%! Terlebih lagi brokoli kaya akan folat, magnesium, serta kalsium. Tak heran bila terdapat beberapa studi yang menyebutkan bahwa konsumsi rutin brokoli dapat membantu menghindarkan tubuh dari potensi penyakit jantung ataupun kanker. Untuk resepnya, wajib mencoba resep cah brokoli yang lezat dari Masak Apa Hari Ini!

2. Wortel

Wortel adalah sahabat kita semua. Rasanya manis, tampilannya elok, dan yang terpenting – cocok untuk begitu banyak macam masakan. Sayuran yang hanya memiliki kandungan 50 kalori untuk 120 gramnya ini memiliki kandungan lutein dan beta karoten juga yang menjaga imunitas tubuh serta menyehatkan penglihatan. Di antara resep yang bisa dicoba dari Masak Apa Hari Ini adalah resep sapo tahu seafood.

3. Mentimun

Sayuran yang kerap disebut dengan nama bonteng atau ketimun ini menempati salah satu peringkat tertinggi sayuran rendah kalori. Hanya terdapat 8 kalori untuk setiap 50 gram mentimun, lho! Meskipun lebih kerap dipakai sebagai pelengkap, jangan ragukan khasiatnya karena mentimun juga kaya akan vitamin K. Untuk resep yang bisa dicoba adalah asinan sayur Betawi.

4. Asparagus

Untuk yang punya budget ekstra, asparagus adalah salah satu sayuran rendah kalori yang paling disarankan. Bentuknya yang berisi ternyata hanya memiliki kandungan 22 kalori saja untuk 100 gram-nya. Menarik untuk dicoba, terlebih untuk yang hobi mengolah resep sup ataupun masakan Barat. Sebagai tambahan, asparagus juga kaya akan vitamin A, E, K dan juga zat besi.

5. Selada bokor

Melimpah ruah, murah meriah, dan super cocok untuk diolah menjadi salad dan isian sandwich, itulah sedikit dari banyak kelebihan dari selada bokor atau biasa kita sebut dengan nama iceberg lettuce. Berbekal 15 kalori saja untuk 100 gram-nya, iceberg lettuce juga diperkaya dengan vitamin A, K, dan folat.

6. Bit merah

Meskipun kerap disebut sebagai buah bit, bahan makanan yang satu ini sebetulnya adalah tumbuhan akar yang dikategorikan sebagai sayuran. Sayur yang warnanya cantik ini punya rasa manis yang khas dan tak hanya cocok disajikan sebagai makanan. Ya, buah bit juga kerap dipakai dalam menu minuman seperti jus buah tropikal dari Masak Apa Hari Ini. Dalam 80 gram bit terdapat 34 kalori dan sayuran ini juga kaya akan vitamin C, folat, dan juga serat.

7. Kale

Sayuran yang masih terasa kekinian dan kaya nutrisi ini sudah pernah dibahas lengkap segala kebolehannya oleh Masak Apa Hari Ini. Ditambah, ternyata kale adalah salah satu sayuran rendah kalori yang sangat recommended, dimana 130 gram-nya hanya mengandung 49 kalori saja. Penasaran dengan resep yang menggunakannya? Bagaimana bila mencoba jus kale apel yang unik dan menyegarkan?

Di antara sekian banyak pilihan tadi, manakah yang menjadi favorit? Dengan pengetahuan tambahan mengenai aneka sayuran rendah kalori ini, tentunya kita makin bersemangat untuk berkreasi di dapur menggunakannya. Lengkap dengan hitungan kalorinya, jadikan juga sebagai informasi yang bermanfaat bagi kita yang tengah menjalani diet. Pastikan juga untuk follow dan like akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan dapatkan beragam inspirasi untuk kegiatan sehari-hari di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.