8 Menu Buka Puasa Irit dan Lezat - MAHI

8 Menu Buka Puasa Irit dan Lezat untukmu yang Sedang Berhemat

Simpan ke bagian favorit

Wina|Maret 29, 2021

Menjelang Lebaran, biasanya ada saja kegiatan yang harus dipenuhi – mulai dari kirim-kirim parcel ke sanak saudara hingga membeli baju baru. Agar kantong tetap aman, mau tak mau harus berhemat. Salah satu caranya adalah dengan memilih menu buka puasa irit dan tidak sulit untuk dimasak di rumah.

Makanan irit bukan berarti tidak enak, lho. Begitupun soal nutrisi juga bukan berarti minimalis. Sayuran kaya serat seperti kangkung, bayam, dan buncis justru punya harga yang murah meriah. Nah, kali ini aku akan berbagi rekomendasi menu buka puasa irit untukmu!

1. Kangkung asam jawa, menu buka puasa irit

Salah satu makanan sederhana yang punya kenikmatan tersendiri adalah tumis kangkung. Diolah dengan asam jawa, sajian ini begitu mengundang selera. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal.

Kabar baiknya, cara mengolahnya tidak membutuhkan waktu lebih dari 30 menit. Gunakan sedikit bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit air asam. Jika ingin terasa lebih spesial, kamu bisa tambahkan ikan teri. Makanan irit, tapi punya rasa selangit!

2. Jamur krispi saus kecap, pilihan tepat sebagai takjil

Tak lengkap memang jika tidak ada sajian gorengan saat berbuka puasa. Kamu bisa menyajikan makanan spesial dengan harga murah meriah, yakni jamur krispi! Disajikan dengan cocolan saus kecap, jamur ini juga bisa jadi menu camilan saat takjil.

Jamur yang dipilih adalah jamur tiram yang bentuknya lebar. Pastikan kamu memilih jamur yang masih segar, ya, karena akan memengaruhi rasanya. Agar jamur tidak lembap, keringkan jamur dengan tisu dapur sebelum diolah dengan tepung. Simak resep jamur krispi saus kecap dan sajikan untuk yang tersayang di rumah!

3. Semur ati ayam, andalan saat kehabisan ide

Semur ati ayam pedas tersaji.
Sajikan semur ati ayam pedas sebagai menu sehari-hari. (Foto: MAHI)

Kebutuhan protein sekaligus zat besi bisa didapatkan dari ati ayam. Harganya relatif lebih murah dibandingkan bagian daging ayam. Meski banyak cara mengolah ati ampela, salah satu sajian yang sulit ditolak justru adalah resep semur ati ayam satu ini.

Beberapa bumbu andalan untuk membuat semur ati ayam adalah bawang merah, bawang putih, cabai keriting, tomat, jahe, dan merica. Jangan lupa untuk menuangkan Bango Kecap Manis, yang tak hanya memberikan warna hitam keemasan yang menarik tapi juga rasa menggugah selera.

4. Tumis taoge ikan asin, menu pendamping segala suasana

Aneka tumisan tauge di atas piring kayu.
Aneka tumisan lezat ini praktis dibuat, cocok untuk menu buka puasa praktis dan irit. (Foto: Shutterstock)

Sayuran lainnya yang bisa kamu pilih untuk berhemat adalah taoge. Dengan harga yang ekonomis, taoge punya rasa yang tak kalah lezat! Kamu bisa mengolah tumis taoge dengan tambahan ikan asin untuk rasa yang lebih nikmat.

Bumbu dasar yang diperlukan adalah bawang putih, kucai, cabai, dan daun bawang. Cukup tumis sebentar taoge, lalu hidangkan dengan nasi hangat. Resep tumis taoge ini juga praktis untuk hidangan sahurmu.

5. Bakwan tahu, camilan saat di rumah aja

Protein nabati bisa didapatkan dari tahu. Dari sekian banyak resep yang bisa dicoba, salah satu sajian paling praktis tapi punya rasa yang nikmat adalah resep bakwan tahu.

Sedikit berbeda dengan aneka bakwan lainnya, tahu punya tekstur yang lebih basah sehingga lebih mudah hancur. Agar melekat sempurna maka tambahkan telur. Nah, biasanya tekstur bakwan memang agak lembek jika memakai telur. Sisasati dengan memakai air es untuk mengolah adonannya, ya.

6. Opor tahu tempe, pas untuk berbuka bersama

Untuk membuat resep opor tahu tempe yang lebih praktis, aku menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu. Bumbu siap pakai yang sedap dan praktis ini juga bisa kamu jadikan sebagai bumbu memasak gulai, nasi goreng, hingga sayuran berkuah santan. Selain praktis, hidangan tahu dan tempe berkuah santan ini bisa kamu jadikan sebagai menu buka puasa dan untuk sahur keesokan harinya.

Selain nasi putih, opor tahu tempe juga lezat disajikan bersama ketupat atau lontong. Tambahkan ayam goreng, sambal, dan kerupuk untuk set menu lengkap berbuka puasa bersama keluarga.

7. Puding mangga a la Hong Kong, lembut dan creamy

Puding mangga dengan saus creamy.
Sajikan Puding Mangga A la Hong Kong untuk berbuka. (Foto: MAHI)

Beda puding mangga khas dapur restoran Hong Kong atau Cina Kanton ini adalah saus creamy-nya yang juga legit. Selain itu puding mangga yang dibuat dari mangga segar ini juga punya tekstur lembut yang didapat dari gelatin bubuk. Dan saat ini sudah banyak tersedia gelatin halal di toko-toko bahan kue. Jika sedang kehabisan, kamu membuatnya dari perpaduan agar-agar bubuk dengan jeli bubuk demi mendapat tektsur lembut yang juga kenyal.

Supaya cita rasa mangga semakin kuat, aku menggunakan Buavita Mango ke dalam adonan puding. Untuk saus creamy sengaja tidak dibuat terlalu manis demi merasakan kenikmatan cita rasa mangga dalam puding. Oleh karena itu, kamu wajib memilih jenis mangga yang manis supaya tak perlu lagi menambahkan banyak gula. Kamu bisa menggunakan jenis mangga harum manis, mangga irwin, mangga manalagi, atau mangga gedong. Tapi kalau kamu yang suka manis tentu boleh saja menambahkan gula pasir ke dalam racikan puding dan sausnya. Tapi jangan lupa dicicip dulu sebelum mencampurkan gula, ya!

8. Biji salak pelangi, takjil baru yang jadi favorit

Menu buka puasa irit berikutnya adalah dessert yang enak! Termasuk kategori kolak, biji salak merupakan kuliner Betawi. Terbuat dari ubi jalar berwarna ungu atau oranye yang dicampur dengan tepung sagu. Sesuai dengan namanya, campuran ubi jalar dibentuk bulat menyerupai biji salak, kemudian direbus. Dari segi tekstur, biji salak terasa kenyal. Dari segi penyajian, biji salak dihidangkan dengan kuah gula merah dan santan. Tidak sendirian, biji salak juga biasa disajikan dengan isian lain seperti pacar cina atau kolang-kaling.

Nah, resep biji salak pelangi kali ini sedikit berbeda dengan resep pada umumnya. Pertama, buat biji salak warna ungu dan warna oranye. Untuk isian, tambahkan pacar cina. Sedangkan untuk rasa, gunakan SariWangi Milk Tea Caramel untuk menghadirkan rasa yang spesial.

Demikian delapan menu buka puasa irit yang bisa kamu coba. Tak perlu takut berhemat, karena bisa kok menyajikan makanan yang lezat di rumah. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.