Mengenal 5 Masakan Cina Regional yang Tenar di Seluruh Dunia

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Januari 15, 2019

Tata cara klasifikasi masakan Cina secara regional bisa dibagi dalam berbagai cara. Secara tradisional, ada yang disebut dengan istilah Eight Great Traditions yang berasal dari wilayah-wilayah kuno Negeri Cina. Delapan kuliner regional ini kemudian ditambahkan empat wilayah baru seperti Xinjiang, Mongolia, Yunnan, dan juga Tibet.

Namun kali ini, Tim MAHI ingin membaginya secara wilayah geografis yang lebih besar dan di dalamnya terdapat penggabungan berbagai masakan besar yang disebutkan tadi. Berikut adalah daftarnya.

1. Kuliner Cina Timur

Wilayah inilah yang memiliki jenis-jenis kuliner besar paling banyak dalam masakan Cina. Satu di antaranya sudah terkenal hingga seantero dunia. Tentu kita semua bisa menebak bahwa itulah kuliner Kanton yang terkenal dengan menu dim sum dan berbagai menu tumisan lainnya. Kuliner khas Kanton biasanya berfokus pada teknik masak yang sederhana namun memanfaatkan rasa alami dan segar dari bahan-bahannya.

Sementara itu ada juga kuliner-kuliner terkenal lainnya seperti kuliner Fujian yang berfokus pada masakan yang berkuah dan waktu memasaknya yang lama. Kuliner Zhejiang terkenal karena perpaduan berbagai teknik memasaknya dan rasanya yang segar sekaligus lembut. Kuliner Anhui memperkenalkan banyak bahan-bahan yang didapat segar dari pegunungan. Terakhir ada juga kuliner Jiangsu yang terkenal dengan kelembutan tekstur makanannya serta penggunaan protein dari sungai serta laut.

2. Kuliner Cina Tengah

Terdiri dari dua masakan regional terkenal seperti Sichuan dan Hunan. Keduanya memanfaatkan bahan lada Sichuan dan bumbu mala yang memiliki rasa pedas. Makanannya rata-rata tampil dalam warna merah atau gelap karena cita rasa yang berani dipertunjukkan oleh kedua kuliner wilayah ini. Contoh masakan Sichuan yang paling terkenal adalah mapo tofu, mie dandan, ataupun ayam kung pao

Ayam kung pao adalah masakan Cina yang sangat terkenal.
Berasal dari wilayah Sichuan, ayam kung pao ini sudah tenar hingga ke seluruh dunia. (Foto: Shutterstock)

Sementara kuliner Hunan memperkenalkan masakan yang lebih pedas dan juga menyegarkan. Khususnya ketika musim panas tiba, perjamuan biasanya dimulai dari masakan yang dingin. Salah satu masakan Hunan yang kini terkenal di Jakarta adalah mala hotpot.

3. Kuliner Cina Utara

Terdiri dari tiga wilayah yang mewakilinya yaitu kuliner Beijing, Mongolia Dalam, dan juga kuliner Shandong. Umumnya masakan Cina dari wilayah ini tampil lebih sederhana dan memiliki rasa gurih serta menggunakan sayuran dalam jumlah sedikit.

Bebek Peking adalah masakan Cina paling ternama di dunia.
Bebek Peking adalah masakan utama para keluarga kerajaan serta pejabat tinggi di masa lampau. (Foto: Shutterstock)

Yang paling terkenal adalah kuliner Beijing yang merupakan warisan dari kuliner mewah dinasti-dinasti di masa lalu dan Bebek Peking adalah jagoannya. Sementara itu kuliner Mongolia Dalam memiliki menu-menu bakaran daging merah terkenal seperti rusa, sapi, serta kambing. Kuliner Shandong sebaliknya lebih berfokus pada boga bahari yang mengandalkan rasa segar serta menu yang berkuah.

4. Kuliner Cina Barat

Satai kambing khas Uyghur adalah masakan Cina yang unik.
Masakan etnis Hui Muslim di Cina Barat didominasi oleh daging kambing. Contohnya adalah yang mirip dengan satai klatak yang satu ini. (Foto: Shutterstock)

Terdapat dua wilayah besar yang mewakili daerah Barat Cina dan keduanya memiliki ciri khas yang unik. Yang pertama adalah kuliner Xinjiang yang memiliki pengaruh kuliner Asia Tengah serta Timur Tengah dan penduduknya mayoritas Muslim. Sementara itu kuliner Tibet mengambil pengaruh masakan dari India serta Nepal dan juga kuliner Sichuan yang terkenal.

5. Kuliner Cina Selatan

Masakan Cina kurang lengkap tanpa kehadiran teh pu'er.
Teh pu’er yang unik ini berasal dari Yunnan di wilayah selatan Cina. (Foto: Shutterstock)

Wilayah selatan Cina ini memiliki banyak suku minoritas dan kuliner Yunnan mewakili kesemuanya ini. Ditambah juga masakan Cina di negeri ini memiliki banyak pengaruh juga dari kuliner Asia Tenggara sehingga sulit untuk dikategorikan secara rinci. Secara umum, kuliner Yunnan memiliki rasa lebih pedas dan memanfaatkan bahan-bahan seperti jamur, alga, hingga serangga. Wilayah ini juga terkenal karena merupakan negeri asalnya teh pu’er serta sebagai produsen keju sapi dan kambing.

Bagaimaan sedikit banyak cerita tentang masakan Cina kali ini? Tentunya membuka wawasan bagimu yang tahun ini akan merayakan Imlek. Kenali juga beberapa masakan legendaris Imlek seperti pindang bandeng ataupun jajanan legendaris yang patut dicoba. Selamat merayakan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.