Jenis Masakan


Mengetahui Dahsyatnya Sayur Kale yang Sehat dan 5 Cara Mengolahnya

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Maret 14, 2019

Setidaknya sudah satu atau dua tahun ini sejak sayur kale kian digemari. Ketersediaannya pun kini semakin banyak. Sayur yang sedianya hanya ada di toko-toko bahan makanan sehat ataupun gourmet supermarket, kini beberapa supermarket kelas menengah di perkotaan besar sudah mulai memperkenalkannya. Meskipun demikian, sayur ini sejatinya bukan barang baru dan berbagai negara di Barat serta Jepang sudah mengonsumsinya sejak lama.

Sayur kale mendapatkan predikat sebagai salah satu dari berbagai superfood yang kini digemari mereka yang menjalani gaya hidup sehat. Itulah mengapa sayur kale cukup dihargai tinggi. Berikut akan kita bahas berbagai khasiatnya.

Manfaat sayur kale untuk kesehatan

Begitu banyak dari kandungan sayur kale yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin A dari kale saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita dalam menjaga kesehatan mata. Sementara itu, kandungan omega 3 dan rendahnya kalori dari sayur kale juga mampu menjaga kesehatan jantung kita. Yang namanya sayur, pasti saja ada kandungan seratnya dan kale punya kadar yang cukup tinggi sehingga membantu saluran pencernaan manusia.

Sayur kale akan dimasak.
Sayur kale semakin mudah dijumpai. (Foto: Shutterstock)

Selain hal-hal ini, sayur kale bisa menjadi alternatif asupan harian kita untuk menjaga pengeroposan tulang karena kandungan vitamin K serta kalsium yang tinggi. Lalu, kehadiran vitamin E membantu peremajaan kulit. Kandungan mineralnya didominasi oleh zat besi. Berbagai mineral lainnya adalah natrium, sulfur, fosfor, dan juga tembaga.

Meskipun begitu kaya akan manfaat, tentunya makanan sehat sekalipun perlu dijaga tingkat asupannya. Bila terlalu sering dikonsumsi, sayur kale dapat menyebabkan perut kembung dan kandungan oksalatnya dapat memengaruhi kerja ginjal.

Cara mengolah sayur kale

Di luar dugaan, mengolah sayur kale ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dari salad, smoothie, hingga makanan yang lebih berat, banyak cara untuk menikmati sayur yang sangat sehat ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah:

1. Kale chips

Tekstur sayur kale sejatinya cocok untuk dijadikan sebagai keripik dan bisa dijaga teksturnya agar tetap renyah. Cara membuatnya sendiri mirip dengan Resep Keripik Bayam yang sudah pernah kita share di Masak Apa Hari Ini.

2. Jus atau smoothies

Sayur kale bisa diolah menjadi smoothie.
Jus atau smoothie dari sayur kale? Menarik, bukan? (Foto: Shutterstock)

Meskipun terdengar unik, sayur kale juga kerap dijadikan sebagai bahan minuman atau dessert. Bila ingin dibuat jus atau smoothies, maka tambahkan buah-buahan dengan cita rasa segar seperti buah apel hijau ataupun nanas. Tujuannya adalah agar menetralisir rasa kale yang agak getir.

3. Sup krim

Sup krim sayur kale mudah untuk dibuat.
Sup krim dengan bahan sayur kale? Sungguh menyehatkan! (Foto: Shutterstock)

Membuat sup krim kale dengan jagung? Kenapa tidak? Caranya begitu mudah! Cukup dengan berbekal kale dan bahan dasar seperti margarin, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, dada ayam serta jagung pipil maka kamu bisa membuat sup yang lezat. Tumis margarin dengan bawang dan tambahkan tepung terigu. Masukkan kaldu dan dada ayam serta jagung pipil. Masak hingga matang.

Selanjutnya, masukkan sayur kale dan gula, garam, serta merica lalu tambahkan susu, Royco Kaldu Ayam, aduk cepat, dan masak hingga mendidih. Mudah!

4. Salad sayur

Banyak kombinasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat salad kale, apalagi karena kecocokannya dengan berbagai bahan lainnya. Berkreasilah sesukamu atau coba formula singkat yang satu ini. Campurkan sayur kale dengan bawang merah, bumbui dengan cuka, gula, minyak zaitun, serta garam dan merica hitam. Aduk rata dan terakhir parut keju parmesan di atasnya. Nikmat!

5. Tumis kale

Sayur kale tumis.
Berbekal bumbu dasar dan minyak zaitun, kamu bisa menumis sayur kale dengan mudah! (Foto: Shutterstock)

Begitupun dengan resep tumisan, kale bisa dipasangkan dengan berbagai bahan. Untuk versi mudahnya, kamu bisa mencoba menumisnya dengan minyak zaitun, tambahkan bawang putih, chili flakes, dan tumis kale secara bertahap. Pertama masukkan dahulu sebagian, tambahkan lagi sedikit setelah yang pertama agak layu. Terakhir, bumbui dengan garam, merica, dan perasan jeruk lemon.

Sungguh satu jenis sayuran yang sangat fleksibel. Pastinya kamu tidak sabar ini mencobanya, dong? Yuk, kita berbelanja saja segera dan mengolahnya di rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.