Daftar Minuman Tradisional dan Es Jadul Untuk Ide 17-an | MAHI

Daftar Minuman Tradisional dan Es Jadul yang Cocok Disajikan Untuk 17 Agustus

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Agustus 4, 2022

Bicara soal bulan perayaan kemerdekaan, masyarakat Indonesia umumnya mempersiapkan berbagai keseruan untuk mengisi waktu selama seharian di tanggal 17 Agustus. Mulai dari permainan tradisional seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, hingga lomba makan kerupuk. Nah, setelah energi terkuras dalam berbagai agenda setahun sekali tersebut, menikmati sajian yang manis di lidah pasti lebih menyenangkan. Untuk melengkapi kebersamaan 17 Agustus-an nanti , coba sajikan berbagai minuman tradisional dan es jadul sebagai pelengkap kelezatan menikmati tumpeng kemerdekaan, yuk!

Minuman Tradisional Plus Es Jadul Untuk Disajikan 17-an

Selain tumpeng nasi kuning dan lauk pelengkapnya, apa saja menu segar yang bisa dihadirkan untuk melengkapi menu utama? Masak Apa Hari Ini ingin memberi inspirasi unik sebagai kejutan untuk keluarga atau teman kantor merayakan Hari Kemerdekaan bersama kamu. Simak, yuk!

1. Es Wedang Secang

Kalau biasanya wedang secang dinikmati hangat, kamu juga bisa menikmati minuman berwarna merah menggoda dalam keadaan dingin. Tambahkan irisan lemon ke dalam gelas saji, pasti makin terasa segar dan bikin kepengen nambah. Es dingin namun memberi sensasi hangat ini pas banget jadi teman gorengan manis atau gurih.

2. Es Lilin Buah-Buahan

Resep Es Lilin Yoghurt dengan rasa buah leci dan jeruk disajikan.
Resep Es Lilin Yoghurt untuk camilan sehat. (Foto: Shutterstock)

Pilihan pas banget kalau di kantor sedang membuat konsep jajanan nostalgia sebagai menu 17-an. Agar lebih bernutrisi, es lilin diracik dari jus Buavita bersama yoghurt. Pastikan membuatnya dalam jumlah banyak dengan berbagai variasi rasa. Selain rasa buah-buahan segar, tambahkan juga pilihan rasa ketan hitam, kacang hijau, hingga rujak serut. Seru!

3. Es Gabus

Tekstur es gabus yang unik memang jadi salah satu alasan untuk kangen dengan jajanan masa kecil ini. Buat kamu yang belum familier dengan es jadul ini, dinamakan gabus karena teksturnya yang spongy atau terkesan mengingatkan akan gabus. Es gabus dibuat dari tepung hunkue, santan, dan gula pasir. Dalam sepotong es gabus biasanya terdiri dari beberapa warna yang cerah seperti hijau muda, merah muda, kuning, biru muda, atau warna-warna cerah lainnya. Kalau ingin menyediakan es jadul ini sebagai menu dessert untuk keluarga besar atau teman-teman kantor, pastikan menaruhnya dalam cool box agar tekstur es gabus tidak mencair dan sogg

4. Es Cendol Nangka

es cendol dengan saus santan.
Es cendol, salah satu minuman tradisional yang juga mendunia. (Foto: Shutterstock)

Kombinasi es cendol dengan nangka memang tak pernah salah. Supaya tak salah pilih, beli nangka kupas yang siap dikonsumsi. Nangka terbaik untuk es cendol adalah nangka matang warna daging nangka kuning tua dan aromanya harum. Jika ingin membuat variasi es cendol, kamu juga bisa menyajikan es cendol durian dan es cendol avokad sebagai pilihan. Tambahkan masing-masing 1-2 sendok makan daging durian atau daging avokad ke dalam gelas saji minuman yang juga dikenal dengan sebutan es dawet ini.

5. Saraba

Saraba khas Sulawesi Selatan disajikan dalam cangkir bersama rempah.
Saraba, wedangnya orang Makassar. (Foto: Shutterstock)

Bagi yang belum mengenal minuman khas Sulawesi Selatan ini, wajib banget mencoba racikan yang mirip seperti minuman berempah lain seperti wedang atau bandrek. Hanya saja pada saraba ditambahkan santan atau susu kental manis yang membuat minuman ini jadi lebih creamy. Saraba bisa kamu sajikan sebagai teman makan menu pembuka a la Nusantara, misalnya jalangkote, risoles, atau pisang bakar.

6. Es Cincau

Ada 2 versi cincau yang populer dinikmati di Indonesia, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Yang paling mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket adalah cincau hitam. Versi es cincau Masak Apa Hari Ini ditambahkan Buavita Apple yang bikin cita rasa es cincau jadi makin segar dan istimewa.

Yuk, coba sajikan berbagai pilihan minuman tradisional dan es jadul di atas untuk untuk melengkapi kemeriahan Hari Kemerdekaan nanti! Dijadikan suguhan atau sebagai bahan untuk games juga tak kalah seru.

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.