Resep Es Gabus Guava, Jajanan Jadul yang Bikin Kangen

Simpan ke bagian favorit

Masih ingat Es Gabus? Jajanan masa kecil yang mungkin sulit ditemukan saat ini. Yuk, bikin sendiri buat kamu yang kangen dengan es jadul ini!

1jam
8 Porsi
Mudah
Valentina|Desember 6, 2020

Masih ingat macam-macam jajanan es yang sering kita temui di masa kecil? Ada es goyang, es puter, es potong, hingga es gabus. Bisa dibilang es gabus punya keunikan yang berbeda di antara jajanan tersebut. Alasannya adalah karena tekstur es yang tidak ‘icy‘ atau keras dan padat, melainkan teksturnya soggy atau cenderung padat tetapi bertekstur lembut.

Yang membuat teksturnya unik adalah karena es yang biasa disajikan dalam berbagai warna ini terbuat dari tepung hunkwee, yaitu tepung yang berasal dari pati kacang hijau. Tepung hunkwee juga merupakan bahan pembuat hidangan manis tradisional lain seperti kue lapis, cendol, puding, dan centi manis.

Supaya lebih fruity, MAHI memadukan Buavita Guava ke dalam adonan es jadul ini. Hasilnya, tetap manis, gurih, dengan sensasi buah guava asli. Kamu bisa menyajikan hidangan dingin ini sebagai hidangan buka puasa, dessert sehari-hari, atau kalau kamu mungkin secara khusus ingin menyajikan menu nostalgia di meja saji keluarga.

Supaya dua warna lapisan es menyatu, sesudah lapisan pertama dimasukkan ke dalam cetakan, diamkan pada suhu ruang. Kemudian masak lapisan warna yang kedua, lalu letakkan ke atas lapisan pertama. Kemudian masukkan ke dalam freezer. Sebelum disantap, diamkan Es Gabus Guava beberapa saat di suhu ruang supaya lebih lembut saat disantap. Sajikan weekend ini, yuk!

Bahan-bahan

Lapisan 1

  • 75 g tepung hun kwee
  • 15 gula pasir
  • 100 ml santan kental
  • 300 ml susu rendah lemak
  • 1 tetes pewarna biru muda

Lapisan 2

  • 75 g tepung hun kwee
  • 40 g gula pasir
  • 100 ml santan kental
  • 200 ml Buavita Guava
  • 1 tetes pewarna merah muda

Cara membuat

1

Lapisan 1: Masak santan, susu, tepung hun kwee, dan gula pasir sambil terus diaduk hingga mengental dan padat. Angkat. Beri pewarna biru muda, aduk rata.

2

Tuang ke dalam cetakan persegi yang sudah dialasi plastic wrap hingga memenuhi ½ bagian cetakan. Sisihkan.

3

Lapisan 2: Masak santan, tepung hun kwee, dan gula pasir di atas api kecil, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan Buavita Guava, masak terus sambil diaduk hingga mengental dan padat. Angkat. Tambahkan pewarna merah muda, aduk rata.

4

Tuang ke dalam cetakan persegi yang sudah diisi dengan adonan biru muda. Tuang hingga memenuhi loyang. Bekukan dalam freezer.

5

Bekukan dalam freezer selama 3-5 jam. Keluarkan es gabus yang sudah beku dari dalam freezer. Potong-potong sesuai selera. Bungkus tiap potongan es gabus dengan plastic kaca. Sajikan.

Seru proses membuatnya, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.