Aneka Jajanan Unik untuk Pecinta Makanan Manis

Wina|April 20, 2018

Setiap harinya pasti ada saja inovasi aneka jajanan unik yang bikin kita penasaran. Biasanya nih, teman-teman di kantor selalu bergantian memberikan masukan jajanan unik apa yang sedang nge-trend, lalu kita akan ramai-ramai mencicipi dan memberikan penilaian. Mayoritas di kantor aku adalah pecinta makanan manis. Makanya, di jam nanggung, kita sering berebut mau jajan apa sore ini. Kalau kamu sering pantengin sosial media, pasti sudah hafal dengan meriahnya aneka jajanan unik yang kekinian. Khusus untuk kamu yang pecinta makanan manis, aku pilihkan 5 jajanan unik yang manisnya bikin nagih!

1. Pisang nugget

Saat pertama kali aku mendengar nama jajanan ini, mendadak langsung penasaran! Pisang nugget? Maksudnya pisang dimasak dengan chicken nugget atau bagaimana? Setelah mendatangi penjualnya langsung, aku langsung tahu kalau jajanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan chicken nugget.

Pisang nugget lebih mirip dengan pisang goreng. Yang membedakan adalah pisang nugget mempunyai varian topping yang beragam — mulai dari green tea sampai lelehan cokelat. Kalau kamu penyuka makanan manis, pisang nugget ini akan mencuri hati kamu. Tekstur kulitnya yang renyah dan manis berpadu unik dengan lembutnya buah pisang.

2. Cheese tart

aneka jajanan unik
Cheese Tart begitu renyah dan lembut. (Foto: Shutterstock)

Sepertinya orang Indonesia belum bosan dengan makanan serba keju. Setelah heboh dengan martabak hingga ayam geprek mozzarella, kini giliran cheese tart yang membuat kita penasaran. Termasuk sebagai salah satu aneka jajanan unik, cheese tart biasa ditemukan di mall-mall besar di ibu kota. Cheese tart memiliki kulit luar yang renyah dan isian yang lembut. Kombinasi rasanya dengan krim keju akan membuat makan satu saja tidak cukup!

3. Cinnamon roll

Berbeda dengan jajanan lainnya terinspirasi citarasa Asia, jajanan unik satu ini datang dari Swedia. Cinnamon roll memang bukan wajah baru lagi di Indonesia, tapi jajanan ini kini kembali naik daun dan menghiasi toko-toko kue di kota besar.

Daya tarik terbesar dari cinnamon roll ini datang dari wangi dan cita rasa kayu manis yang khas. Rasa yang dominan adalah rempah-rempah dan manisnya roti yang bertekstur lembut. Tahun ini varian rasa cinnamon roll semakin kreatif. Salah satu yang sedang laris manis adalah cinnamon roll dengan frosting keju di atasnya.

4. Kue mochi

aneka jajanan unik
Isian buah bikin mochi ini makin enak. (Foto: Shutterstock)

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kue mochi sudah menjadi jajanan yang familiar baik di hati ataupun di lidah. Meski diklaim berasal dari Jepang, kue mochi dengan mudahnya ditemukan di kota-kota seperti Sukabumi dan Semarang. Mochi biasanya berisi kacang merah atau bubuk kacang halus. Kini mochi kembali dengan wajah dan isian yang baru — yaitu isian potongan buah!

Buah yang bercita rasa manis atau asam ternyata sangat sempurna dipadukan dengan mochi yang kenyal. Rasanya semakin unik dengan kombinasi buah dan pasta kacang merah. Kamu harus coba sendiri deh!

5. Jajanan serba alpukat

aneka jajanan unik
Dari aneka makanan serba alpukat, mana yang jadi favorit kamu? (Foto: Shutterstock)

Jajanan kekinian yang satu ini datang paling terakhir alias baru nge-hits di tahun 2018. Coba deh kamu iseng-iseng main ke mall, maka dengan mudahnya akan menemukan aneka makanan atau minuman serba alpukat. Mulai dari jus alpukat yang diberi es krim, avocado toast, hingga gelato alpukat dan juga kopi. Semuanya berlomba-lomba ingin segera dicicipi!