5 Resep Camilan Menggiurkan untuk Musim Hujan | Masak Apa Hari Ini?

5 Resep Camilan Menggiurkan untuk Musim Hujan

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Desember 11, 2020

Nikmatnya menyeruput hidangan berkuah saat cuaca dingin. Di musim penghujan ini, tak ada salahnya kita menyiapkan ragam resep camilan untuk disantap bersama keluarga di sore hari. Meski belum ada teorinya, tapi cuaca dingin seringkali membuat kita lebih lapar dari biasanya. Setuju, nggak?

Nah, untuk itu kali ini tim MAHI berbagi resep camilan spesial yang cocok untuk menghangatkan perutmu di musim penghujan. Yuk, simak satu per satu!

1. Resep Camilan Baso Aci

Kudapan khas Garut ini kini semakin populer. Hidangan yang terdiri dari kuah kaldu, baso aci, sukro cikur, dan cuanki lidah ini memang punya rasa yang spesial. Baksonya tidak didominasi oleh daging, tapi aci atau tepung sagu. Teksturnya kenyal dan begitu memanjakan.

Meski kini sudah banyak kedai yang menjual baso aci, tak ada salahnya kamu membuat sendiri di rumah. Masak bareng bersama keluarga, pasti jadi lebih seru. Intip resep baso aci yang mudah diikuti ini, ya!

2. Tekwan khas Palembang

Beralih ke Palembang, siapa yang bisa menolak kelezatan tekwan? Berbeda dari bakso aci, tekwan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Biasanya, kuahnya dibuat dari udang atau ebi. Keduanya cukup mudah didapatkan di pasar.

Untuk mendapatkan rasa yang khas, kuah tekwan membutuhkan beberapa bahan yang khas seperti bunga sedap malam, jamur kuping, dan bengkuang. Jika kamu ingin mencoba membuatnya di rumah, resep tekwan satu ini bisa jadi andalanmu.

3. Pempek Kapal Selam

Sepiring pempek beserta mie kuning, ketimun, dan cuko tersaji di atas meja.
Serunya mengetahui cara membuat pempek kapal selam sendiri. (Foto: MAHI)

Masih dari Palembang, hidangan kapal selam juga cocok disajikan di musim penghujan. Tentu hidangan ini sudah tak asing lagi, ya? Pempek yang terbuat dari ikan tenggiri ini memang sudah populer kelezatannya.

Disajikan hangat bersama kuah cuka yang bercita rasa asam dan pedas, hidangan pempek akan sulit ditolak. Buat sendiri di rumah, yuk? Resep pempek kapal selam ini bisa kamu ikut. Jangan lupa untuk memilih bahan-bahan yang segar!

4. Tahu Pletok

Selain makanan berkuah, gorengan yang disajikan hangat juga pasti jadi rebutan, apalagi saat cuaca dingin. Salah satu camilan yang bisa jadi pilihan adalah tahu pletok. Kudapan yang berasal dari Tegal ini berupa tahu putih yang diisi dengan adonan tepung tapioka ini memiliki rasa gurih yang khas. Saat dicocol dengan sambal kecap, rasanya makin lezat.

Nah, resep tahu pletok ini bisa kamu andalkan untuk camilan sore ini. Cara membuatnya sebenarnya tak rumit, kok! Sajikan selagi hangat saat nonton bareng dengan seluruh anggota keluarga.

5. Seblak Mie Goreng

seblak mie goreng
Tampilan seblak mie goreng ternyata bisa menggiurkan, apalagi rasanya! (Foto: MAHI)

Siapa yang suka jajanan khas kaki lima di Tanah Pasundan ini? Seblak jadi salah satu kuliner khas Bandung yang kini mulai dikenal banyak orang. Sebenarnya bumbunya mirip dengan mie goreng, bedanya ada tambahan bumbu kencur yang memberikan wangi yang berbeda.

Jika kamu ingin menyajikan camilan yang spesial, resep seblak mie goreng ini bisa jadi opsi. Tambahkan topping sesuai seleramu, seperti bakso, sosis, telur, atau ceker. Jangan lupa untuk disantap selagi hangat, ya!

5. Tempe Mendoan

Resep camilan lainnya yang menarik untuk diolah di musim penghujan adalah tempe mendoan. Hidangan ini tentu sudah tidak asing lagi, ya, di telinga kita? Gurihnya tempe berselimut adonan tepung yang lembut ini memang sudah populer, apalagi jika dicocol sambal kecap. Sulit ditolak!

Hidangkan tempe mendoan sebagai camilan saat di luar hujan. Racik resep tempe mendoan ini di rumah bersama keluarga. Bahan-bahannya cukup mudah didapat kok. Kamu hanya perlu tempe, bawang putih, bawang merah, daun bawang, ketumbar, kencur, Royco Kaldu Ayam dan tepung terigu. Selamat mencoba!

Jika kamu sudah mencoba pilihan resep camilan nikmat di atas, jangan lupa untuk upload ke Instagram dan tag @masakapahariini_id, ya! Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.