Resep Teh Bunga Telang Madu, Minuman Unik Bikin Adem - MAHI

Resep Teh Bunga Telang Madu, Bikin Adem Saat Musim Panas

Simpan ke bagian favorit

Sekarang nggak perlu bingung mau minum apa lagi pas lagi panas-panasnya. Cobain resep teh bunga telang madu yang bakal bikin badan jadi adem!

15mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Agustus 25, 2022

Wah, kok, bisa minuman ada yang berwarna biru? Apakah aman dikonsumsi karena menggunakan pewarna? Nah, jangan khawatir soal itu, gaes. Resep teh bunga telang berikut ini menggunakan bahan alami dan rasanya juga bakal bikin nagih, apalagi kalau diminum saat hari sedang panas-panasnya. Sebelum membuatnya, kenalan dulu dengan bunga yang berwarna biru ini, yuk!

Apakah Bunga Telang Itu?

Tahukah kamu bahwa bunga telang yang kerap digunakan sebagai bunga hias atau pewarna makanan ini adalah salah satu bunga asli Indonesia? Berasal dari Pulau Ternate, Maluku Utara, kini bunga telang sudah dikenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Lama dikenal di Asia Tenggara, kini spesiesnya sudah menyebar hingga ke Asia Selatan, bahkan Afrika dan Amerika.

Berbagai negeri di Asia Tenggara sudah lama menggunakan bunga telang dalam urusan kuliner maupun medis. Sajian nasi kerabu asal Malaysia, misalnya, berwarna biru karena diinfusi menggunakan bunga ini. Namun penggunaannya yang paling populer adalah sebagai infusi menu minuman seperti resep teh bunga telang yang satu ini. Beberapa negara lain seperti Thailand atau Vietnam juga menggunakan infusi bunga ini pada minuman mereka masing-masing. Resep-resepnya ada yang menggunakan teh hitam, ataupun teh chamomile.

Lalu, bagaimana kaitannya dengan kesehatan? Bunga telang sudah lama dipercaya dapat membantu menurunkan gejala depresi karena kandungan asam palmitat yang merupakan antidepresan alami. Selain itu, bunga telang juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, kolesterol, diabetes, ataupun asma dan pemulihan luka. Tak hanya elok untuk dipandang, rupanya bunga hias ini punya segudang manfaat hebat, ya!

Teman Minum Teh Bunga Telang

Kembali ke resep, teh bunga telang dari Masak Apa Hari Ini diperkaya dengan kehadiran madu, perasan jeruk lemon, dan juga soda. Sudah bisa terbayang, dong, betapa segar dan memuaskannya untuk dinikmati saat panas meraja di siang hari. Namun di waktu sore yang mulai sejuk, tak ada salahnya menikmati minuman teh menyegarkan ini dengan beberapa jenis dessert yang lezat.

Di antara yang recommended untuk kamu coba adalah kue klepon ataupun kue pancong yang Indonesia banget. Kalau kamu mencari ide-ide dessert asing, Masak Apa Hari Ini juga punya segudang pilihan. Misalnya saja ada lemon cake blueberry ataupun sponge cake. Wah, pasti sudah terbayang-bayang ingin segera menikmatnya, bukan? Yuk, mulai dicoba hari ini!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 2 sdm bunga telang kering
  • 600 ml air
  • 400 ml air soda
  • 2 sdm air jeruk lemon
  • 6 sdm madu
  • Es batu

Cara membuat

1

Rebus air hingga mendidih. Angkat. Masukkan bunga telang. Diamkan selama 1-2 menit.

2

Masukkan SariWangi Teh Asli. Diamkan selama 2-3 menit. Saring airnya.

3

Aduk rata bersama madu dan air jeruk lemon. Diamkan hingga tidak panas. Tuang air soda, aduk.

4

Siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan es batu. Tuang teh bunga telang. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.