5 Makanan Khas Maluku untuk Perkaya Pengetahuanmu - MAHI

5 Makanan Khas Maluku untuk Perkaya Pengetahuan Rasa Kamu

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Agustus 12, 2022

Belakangan, masakan dari Indonesia Timur mulai diperkenalkan di kancah perkulineran negeri ini. Para ikon kuliner dan bisnis restoran mulai menunjukkan eksistensinya di Jakarta, meskipun secara umum masih terbilang terbatas. Padahal Indonesia Timur adalah lumbungnya kekayaan alam negeri ini, baik dari rempah-rempah, makanan pokoknya yang khas, hingga hasil lautnya. Tema yang akan dibahas oleh Masak Apa Hari Ini adalah keragaman makanan khas Maluku yang ternyata begitu memesona. Wah, kamu yang hobi kulineran wajib banget tahu soal ini, deh!

Mungkin sebagian dari kamu sudah fasih menyebutkan apa saja masakan terkenal yang datangnya dari Jawa ataupun Sumatra serta Bali. Maklum, ketiga wilayah ini bisa dibilang dapat dengan mudah ditemui aneka macam masakannya di banyak penjuru Indonesia, bahkan hingga ke timur sekalipun. Lantas, bagaimana dengan masakan Kalimantan atau pulau-pulau lain Indonesia Timur, misalnya? Masak Apa Hari Ini secara bertahap membahas mengenai keanekaragamannya serta berbagi resepnya. Jadi pastikan untuk selalu mencobanya di rumah, ya!

Sekarang waktunya untuk berkenalan dengan makanan khas Maluku yang di antaranya punya beberapa kemiripan dengan masakan khas Sulawesi Utara, lho! Apa sajakah di antaranya? Mari simak yang berikut ini!

1. Papeda, Makanan Khas Maluku dan Papua

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia bagian Barat, sementara di Timur, pupeda atau papeda adalah bintang utamanya. Makanan ini adalah bubur sagu hangat yang teksturnya lengket dan licin sehingga membutuhkan dua batang kayu atau sumpit khusus untuk bisa menikmatinya. Dari segi rasa memang terasa hambar, tapi pupeda adalah makanan yang bergizi, kaya serat, dan rendah kolesterol sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Umumnya pupeda dipadukan dengan masakan-masakan seperti ikan kuah kuning atau singkong rebus. Selain itu, hadir pula masakan sayur bunga pepaya sebagai pendampingnya. Ya, seperti yang bisa ditebak, masakan sayur ini juga merupakan bagian dari masakan khas Manado!

2. Gohu Ikan, Maluku Juga Punya Sashimi

Resep salad sayur dipadukan dengan gohu ikan.
Sajikan resep salad sayur yang dipadukan dengan gohu ikang agar hidangan di rumah semakin beragam. (Foto: MAHI)

Kalau Sumatra Utara punya na niura, maka Sulawesi Utara dan Maluku Utara punya yang namanya gohu ikan. Disebut mirip sashimi karena makanan ini menggunakan potongan ikan tuna mentah. Bedanya, ikan tuna pada gohu ikan akan diguyur dengan minyak kelapa yang telah dipanaskan.

Kemudian menariknya, yang terlibat juga sebagai bahan adalah kucuran jeruk lemon cui yang rasa asamnya membantu mematangkan ikan. Sama halnya dengan sambal matah, gohu ikan juga yang wajib menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utamanya. Hmmm… Terbayang paduan rasa segar yang gurih dari masakan yang unik ini, bukan?

3. Ikan Kuah Pala, Kejutan Lezat dari Pulau Banda

Satu lagi hidangan boga bahari yang populer dari Maluku yaitu ikan kuah pala dari Banda Neira. Masakan ini menggunakan potongan ikan salem atau ikan tongkol yang telah dimarinasi dengan garam dan asam jawa. Kemudian ikan dimasak bersama kuah santan yang sebelumnya telah dibumbui dengan aneka macam rempah serta bunga pala. Tak lupa sebagai pelengkap adalah kehadiran daun kemangi yang menjadi ciri khas banyak masakan Indonesia Timur.

4. Sambal Colo-Colo, Saingan Berat Sambal Dabu-Dabu

Gurame bakar disajikan dengan sambal colo-colo.
Nikmati gurame bakar dengan sambal colo-colo ini bersama keluarga! (Foto: MAHI)

Berasal dari kota Ambon, sambal colo-colo punya banyak kemiripan dengan sambal dabu-dabu yang lebih populer. Pada keduanya terdapat bahan-bahan serupa seperti potongan tomat, cabai rawit, gula, garam, dan perasan lemon cui. Perbedaannya adalah kehadiran daun kemangi, kacang kenari, dan ampas minyak kelapa yang ditambahkan pada sambal colo-colo. Meskipun asli Ambon, sambal yang satu ini ternyata populer juga di Sulawesi Utara, lho!

Sambal colo-colo paling pas dipadukan dengan aneka ragam masakan seafood. Salah satu yang pernah Masak Apa Hari Ini uji adalah resep gurame bakar. Tampilan sambal colo-colo sebagai topping-nya bakal bikin kamu penasaran untuk mencobanya!

5. Kasbi Rebus dan Kohu-Kohu, Camilan Khas Maluku

Orang Maluku menyebut singkong sebagai “kasbi” dan umbi-umbian ini biasa direbus lalu disajikan bersama kohu-kohu. Apakah sebetulnya kohu-kohu itu? Mirip dengan urap ataupun lawar, kohu-kohu adalah paduan parutan kelapa dengan kacang panjang, taoge, daun kemangi, dan perasan jeruk. Menikmati kasbi dengan kohu-kohu adalah semudah dengan mencocol singkong rebus tersebut pada paduan sayur urap khas Maluku ini dan langsung disantap. Sehat dan lezat!

Bagaimana menurut kamu tentang aneka makanan khas Maluku ini? Sepertinya seru kalau dari ke waktu Masak Apa Hari Ini menampilkan resep dan videonya, bukan? Kalau kamu ingin agar beragam masakan ini tampil, pastikan untuk tinggalkan komen atau pesan pada akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.