Resep Kue Pancong Gurih untuk Takjil Unik - MAHI

Resep Kue Pancong Gurih, Sajian Unik untuk Takjil

Simpan ke bagian favorit

Kalau biasanya manis, ternyata kali ini ada versi gurihnya. Unik dan enak saat dinikmati, resep kue pancong gurih ini wajib kamu coba buat di rumah!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|April 25, 2022

Berbagai panganan tradisional khas Indonesia selalu cocok disajikan sebagai menu takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Beruntungnya, negeri ini kaya akan pilihan makanan manis ataupun gurih. Kali ini, ada resep kue pancong unik yang patut dicoba! Camilan yang biasanya disajikan manis, rupanya bisa kita olah menjadi makanan dengan cita rasa gurih, lho!

Kue pancong, begitu camilan ini dikenal di tanah Betawi. Di daerah lain ada yang menyebutnya sebagai bandros ataupun gandos. Kue pancong biasanya bisa dipanggang hingga matang sepenuhnya atau masih agak lumer di bagian dalamnya. Bagi penggemar kue cubit, pilihan “setengah matang” ini lebih menggoda karena renyah di bagian luar dan lembut di dalam. Apalagi bila ditambahkan butiran gula pasir, akan meleleh dan bersatu dengan bagian lumernya yang masih hangat. Hasilnya? Wah, rasa manis lembut berpadu dalam mulut menjadikannya camilan yang sempurna dinikmati saat minum teh atau kopi di sore hari.

Begitupun dengan versi yang satu ini, ada rasa manis gurih dari serundeng dan menjadi padanan tekstur khas dari kue pancong tadi. Gunakan kelapa yang agak tua untuk membuat serundeng, berbeda dengan kelapa muda untuk pembuatan kue pancong. Untuk bumbu gurih serundengnya, haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah, lalu tumis. Setelah siap, kamu bisa memasaknya bersama serundeng, gula merah, serta Royco Kaldu Ayam Spesial.

Untuk membuat resep kue pancong ini, kamu perlu menyiapkan cetakannya terlebih dahulu. Beruntung, zaman sekarang kita dapat lebih mudah mencari segala jenis peralatan dapur hingga berbagai kebutuhan lain melalui online. Dari cetakan kue cubit, serabi, hingga kue pancong ini, semua tersedia dengan berbagai lapisan harga. Jadi, kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan kamu, bujet, dan kondisi di dapur. Misalnya, bisa jadi kamu lebih baik membeli cetakan dengan ukuran lebih kecil agar ekonomis dan tidak memenuhi dapur.

Selebihnya, kamu bisa ikuti cara membuat adonan kue pancong dan tata cara memanggangnya. Sisanya, nikmati selagi hangat bersama serundeng. Istimewa untuk menu takjil di bulan puasa, kan?

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial

Serundeng

  • ½ butir kelapa setengah tua, parut dan sangrai
  • 1 sdm gula merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun salam
  • 4 sdm air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus serundeng

  • 3 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah

Cara membuat

resep kue pancong serundeng
1

Serundeng kelapa: Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Tambahkan gula merah dan air. Tumis hingga airnya menyusut.

resep kue pancong serundeng gula
2

Masukkan kelapa parut, gula pasir, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Aduk hingga tercampur rata. Angkat. Sisihkan.

resep kue pancong adonan
3

Adonan kue pancong: Aduk rata kelapa parut, tepung beras, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Tuang air secara bertahap sambil diaduk hingga rata. Tambahkan santan, aduk.

resep kue pancong masak
4

Panaskan wajan cetakan kue pancong. Tuang adonan kue pancong hingga penuh. Tutup, masak hingga kue pancong hampir matang.

resep kue pancong sajikan
5

Taburi dengan serundeng kelapa. Masak hingga matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.