Resep Ayam Goreng Lengkuas Padang yang Rasanya Nendang

Begitu banyak resep ayam goreng yang bisa dicoba, tapi bagaimana dengan yang satu ini? Untuk makan malammu hari ini, tidak ada salahnya mencoba resep Ayam Goreng Lengkuas Padang!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 5, 2018

Kalau di Amerika Serikat setiap banyak restoran bersaing membuat ayam goreng crispy gaya Selatan yang terbaik, di Indonesia beda lagi. Jenis ayam gorengnya saja sudah banyak sekali, belum lagi setiap restoran punya kekhasan tersendiri — salah satunya tertuang dalam resep ayam goreng lengkuas Padang yang akan kubagikan hari ini.

Kita tahu ada beberapa restoran ayam goreng yang bisa bertahan sampai puluhan tahun. Dari kakek, nenek, orang tua, hingga aku sendiri masih jadi pelanggan tetap restoran ayam goreng legendaris seperti ini. Hanya dari pilihan menu yang terdengar sederhana, bisnis seperti ini bisa bertahan lama. Kedai-kedai bakmi legendaris, atau bahkan penjual bubur ayam dan ketoprak, juga mirip seperti itu.

Ada satu versi ayam goreng yang paling kusuka, yaitu ayam goreng yang dimasak dengan menggunakan lengkuas. Bumbu yang satu ini menghadirkan citarasa tersendiri yang berbeda dengan kebanyakan ayam goreng lainnya seperti ayam goreng mentega atau ayam goreng lada hitam.

Setelah kutelusuri, rupanya lengkuas di masakan Indonesia itu benar-benar multifungsi. Ada yang memang berfungsi sebagai aromatik saja dan kemudian tidak dipakai lagi. Tapi untuk ayam goreng yang satu ini justru lengkuas menjadi pemeran utama yang menentukan kelezatan ayam gorengnya.

Proses pembuatan resep ayam goreng lengkuas Padang ini tidak memerlukan banyak langkah kok. Setelah membumbui ayam, kamu hanya perlu memasaknya dengan lengkuas. Setelah ayam digoreng, lengkuas juga tidak boleh ketinggalan digoreng. Pada saat penyajiannya nanti, lengkuas akan dipakai sebagai pelengkap yang akan bersahut-sahutan melengkapi seluruh rasa dan tekstur dari masakan ini.

Sisanya, kamu hanya perlu membuat sambal dan menyiapkan lalapan segar ataupun rebus. Jangan ketinggalan juga nasi putih atau nasi uduk. Daripada terus membayangkan, kamu bisa coba praktekkan resepnya sekarang juga!

Bahan-bahan

  • 800 g ayam, potong 8 bagian
  • 1 bungkus Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng
  • 150 gram lengkuas, parut
  • 250 ml air
  • minyak sayur

Cara membuat

1

Panaskan wajan. Masukkan ayam, Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng, air, dan lengkuas. Masak di atas api sedang hingga air mengering. Sisihkan lengkuas.

 

2

Panaskan minyak banyak di dalam wajan di atas api sedang. Goreng ayam hingga matang. Angkat kemudian tiriskan. 

 

3

Goreng lengkuas hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4

Tata ayam di atas piring saji. Taburi dengan lengkuas yang telah digoreng.

Ternyata ayam goreng bisa cepat juga kan dibuatnya? Kapan-kapan kita coba kombinasi ayam goreng dengan bumbu-bumbu lain. Baca terus aja resep-resep MAHI selanjutnya.


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/ayam-goreng-lengkuas.html