Resep Ayam Goreng Crispy, Masakan yang Membuat Hati Riang Gembira

Simpan ke bagian favorit

Ingin satu resep yang sangat disukai oleh keluarga? Untuk acara santap bersama di akhir pekan, ayo coba resep ayam goreng crispy yang satu ini.

25mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|April 20, 2018

Terkadang kita bosan membeli fast food ayam goreng yang itu-itu lagi. Memang rasanya enak, tapi kalau bisa buat sendiri kenapa tidak sekali-kali coba praktekkan resep ayam goreng crispy yang satu ini?

Yang namanya ayam goreng memang selalu populer di Amerika Serikat sejak zaman dulu. Konon kenikmatannya berasal dari berbagai macam rempah yang meresap, serta kulit ayamnya yang renyah. Bahkan sejak aku belum lahir, ternyata ayam goreng ini sudah populer di Indonesia! Bisa dibilang malah ayam goreng ini adalah kuliner asing pertama yang masuk ke Indonesia dan sudah digemari berpuluh-puluh tahun. Kalau di negeri asalnya keberadaan ayam goreng crispy biasa dinikmati dengan kentang goreng, orang Indonesia lebih senang menyantapnya dengan nasi putih dan saus sambal.

Seperti burger ataupun hot dog, ayam goreng crispy adalah menu tipikal yang disukai seluruh keluarga. Jadi, selalu ada alasan untuk membuatnya sendiri di rumah! Sebagai permulaan, kamu tidak perlu berkutat dengan terlalu banyak bumbu. Hanya dengan Royco Kaldu Ayam saja banyak rempah yang cukup terwakili, selebihnya hanya perlu menggoreng dengan sempurna.

Aku juga ingin berbagi satu trik agar tepung yang dipakai untuk membaluri ayam bisa merata ke seluruh permukaan. Alih-alih hanya membolak balikkan ayam dan menggunakan terlalu banyak tepung, kita bisa membagi dua prosesnya.

Pertama, kamu bisa membalurinya seperti biasa setelah dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan jeruk nipis. Lalu, sisa tepung tadi bisa kamu masukkan ke dalam toples kecil. Selanjutnya, tinggal masukkan saja satu demi satu potongan ayam — tergantung ukuran toplesnya — dan tutup toples tersebut. Goyang-goyangkan toples untuk membuat bumbunya menempel di ayam. Kelebihan tepung otomatis akan berkurang dan sisanya merata ke seluruh permukaan.

Potongan ayam yang kupilih di sini sengaja hanya bagian paha. Selain memang lebih lezat, bagian paha bisa lebih cepat matang ketika digoreng dibandingkan bagian dada — meskipun yang terakhir ini lebih montok dagingnya. Nah, setelah resep ayam goreng crispy ini selesai dibuat, kamu bisa menyajikannya bersama nasi hangat atau kentang goreng seperti layaknya di restoran-restoran. Nggak percaya? Coba sendiri, yuk!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 500 gram paha bawah ayam dengan kulit
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • 1 bungkus Royco Kaldu Ayam
  • Minyak sayur

Pelengkap

  • Mayonnaise
  • Saus sambal

Cara membuat

1

Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan Royco Kaldu Ayam hingga merata. Diamkan selama 15 menit.

2

Masukkan 50 gram tepung ke dalam rendaman ayam, aduk rata.

3

Masukkan sisa tepung ke dalam toples. Masukkan potongan ayam ke dalam toples dan kocok sampai ayam terbalut rata.

4

Goreng ayam sampai kecokelatan.

5

Sajikan dengan saus mayonnaise dan sambal.

Bagaimana pengalaman pertama kamu memasak ayam goreng khas Amerika ini? Ternyata gampang banget, kan? Resep ayam goreng crispy yang kudapat dari tim MAHI ini bisa kamu buat sedikit lebih sehat, misalnya dengan memilih bagian ayam dan minyak goreng yang ingin kamu gunakan — pilih minyak sayur dan dada ayam tanpa kulit, dijamin kamu tidak akan merasa begitu bersalah setelah makan satu atau dua potong.

Selanjutnya, semoga kamu jadi tidak ragu lagi untuk mencoba resep-resep lain yang tidak kalah serunya. Baca terus ya!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/ayam-goreng-renyah.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.