5 Makanan Khas Daerah Terfavorit - MAHI

Inilah 5 Makanan Khas Daerah Terfavorit dari Masak Apa Hari Ini

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Maret 17, 2021

Tak hanya kaya akan alam, budaya, dan lokasi wisata, Indonesia juga dianugerahi dengan makanan khas daerah yang melimpah. Tersebar dari Sabang hingga Merauke, rasanya tiada habisnya jika ingin mengeksplor segala hidangan yang tersedia di tanah Indonesia. Mulai dari pesona lontong kikil asli Surabaya, gulai belacan khas Riau, sampai karedok sayur kesayangan tanah Sunda, tiada salahnya jika sekali-kali kita menjelajahi cita rasa yang tak biasa, bukan?

Kali ini, kami telah kurasi 5 resep makanan khas daerah yang menjadi favorit Tim MAHI. Bagi para pecinta kuliner, daftar menu di bawah ini mungkin terdengar familiar. Namun untuk mereka yang masih dalam tahap bereksplorasi, tiada salahnya untuk mencoba memasak sesuatu di luar zona nyamanmu. Tiap hidangan mencerminkan budaya dan watak dari daerahnya. Belum lagi rasa hidangannya yang unik dan sukar untuk dilupakan.

Penasaran kira-kira apa saja resepnya? Yuk, kita simak satu per satu! 

1. Lontong kikil khas Surabaya, cita rasa Kota Pahlawan

Bertekstur kental dengan bumbu kacang yang medok nan pedas, pesona lontong kikil khas Surabaya memang tiada duanya. Makanan khas daerah yang satu ini merupakan hidangan wajib saat sarapan. Biasanya, lontong kikil terdiri atas potongan lontong, kikil, daging sapi, kemudian disiram oleh saus kacang yang telah dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan Bango Kecap Manis. Hasilnya? Tentu saja bikin nagih!

Buat yang penasaran dengan menu khas Kota Pahlawan, langsung saja cek resepnya lontong kikil.

2. Gulai Belacan khas Riau, kuah kentalnya bikin nagih

Tahukah bahwa kata “belacan” berasal dari nama suku asli yang ada di Riau? Belacan sendiri memiliki arti terasi yang kemudian digunakan sebagai salah satu bahan dasar gulai belacan. Biasanya, gulai belacan menggunakan daging sapi maupun ayam. Namun kali ini kita coba membuat twist dengan menggunakan udang.

Sajikan makanan khas daerah Riau ini dengan sepiring nasi hangat dan nikmati bersama keluarga. Ingin mencoba resepnya? Simak resep gulai belacan di sini, ya!

3. Nasi Jamblang khas Cirebon, cocok untuk makan siang

Nasi jamblang dan blakutak cumi di daun pisang di tampah.
Nasi jamblang dengan lauk blakutak cumi yang menggugah selera. (Foto: Shutterstock)

Hidangan kesayangan warga Cirebon, nasi jamblang bisa jadi pilihan untukmu yang bingung menentukan menu makan siang. Konon, nasi jamblang merupakan makanan yang diperuntukkan untuk pekerja proyek jalan Anyer sampai Panarukan pada masa penjajahan Belanda. Biasanya, nasi jamblang disajikan dengan lauk telur dadar, semur ikan, sayur tahu, ikan asin goreng, dan lainnya.

Nasi jamblang menjadi menu yang sempurna untuk makan siang karena sifatnya yang mengenyangkan. Siap untuk menemanimu kembali bekerja sampai sore.

Ingin menyajikan nasi jamblang di rumah? Simak resepnya di sini.

4. Ikan Woku Belanga, mencicipi lezatnya keistimewaan Minahasa

Semangkuk ikan woku belanga dialasi kain di meja saji
Hasil dari mencoba resep ikan woku belanga berkuah pedas dari Minahasa. (Foto: Shutterstock)

Setelah berkelana ke Jawa dan Sumatera, saatnya kita singgah di Minahasa, Sulawesi dan sejuta makanan khas daerahnya. Salah satu hidangan Minahasa yang terkenal adalah ikan woku belanga. Menawarkan rasa pedas, manis, asin, dan asam, kunci kenikmatan ikan woku belanga terletak pada kuah kuningnya yang segar dan penuh rempah. 

Sajikan ikan woku belanga sebagai makan malam keluarga akhir pekan ini. Lengkapi dengan nasi putih hangat dan sempurnalah kelezatannya!

Cek resep ikan woku belanga di sini!

5. Karedok Sayur, makanan khas daerah Sunda

Pernahkah mencicipi lotek atau gado-gado? Hidangan Sunda yang satu ini juga tak kalah lezat, lho! Karedok sayur merupakan makanan khas daerah Sunda yang berisi berbagai macam sayur. Namun alih-alih direbus, sayurnya disajikan mentah dengan siraman bumbu kacang medok yang bikin nagih. Agar makin mantap, tak lupa sajikan karedok dengan lauk-pauk seperti ayam kremes atau batagor ayam pedas

Tak hanya menyegarkan mulut, karedok juga mengandung banyak nutrisi. Cocok untuk yang sedang menjalani gaya hidup sehat.

Siap untuk menghidangkan karedok untuk makan siang nanti? Yuk, cek resep karedok!

Itulah resep-resep makanan khas daerah Indonesia favorit Tim MAHI. Tersebar dari Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi, jangan lupa untuk berkreasi di dapur dengan resep-resep unik nan lezat a la Masak Apa Hari Ini, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.