4 Resep Masakan Tahu Enak untuk Camilan | Masak Apa Hari Ini?

4 Resep Masakan Tahu Lezat untuk Hidangan Utama dan Camilan

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|September 15, 2021

Tahu, salah satu protein favoritnya orang Indonesia. Lezat, mudah diolah, mudah dicari, harganya murah, dan banyak penggemarnya. Tak heran, ya, jika kita bisa menemukannya dengan mudah, baik di warung, pasar, hingga swalayan. Bahkan setiap daerah di Indonesia, memiliki resep masakan tahu masing-masing. Misalnya ada tahu pong dari Semarang, tahu Sumedang yang garing dan kopong di dalam, atau ada tahu takwa khas Kediri yang mendunia.

Hari Tani yang dirayakan setiap tanggal 24 September dimaksudkan sebagai pengingat bagi kita semua untuk mendukung jerih payah petani Indonesia. Kacang kedelai yang kaya nutrisi ini memiliki banyak pengrajin di daerah-daerah tertentu di Indonesia. Meskipun bersaing dengan kedelai impor, kualitas yang dihasilkan para pengrajin ini tak kalah hebat. Bahkan banyak kekhasan masing-masing yang menjadikan resep masakan tahu di rumah memiliki karakter rasa yang menarik. Jadi, kalau berkesempatan bisa mencoba hasil karya mereka, jangan sampai ketinggalan memborongnya, ya!

Sebelum mengolah tahu, pastikan untuk membuang air rendaman tahu, kemudian cuci menggunakan air bersih mengalir. Setelah itu, tiriskan tahu hingga air benar-benar menyusut agar olahan tahu tidak asam nantinya. Setelah selesai dibersihkan, tahu siap diolah menjadi aneka sajian. Kali ini, MAHI akan membahas aneka jenis kreasi resep masakan tahu yang akan membuat hidangan di rumah menjadi lebih unik dan pastinya sulit untuk ditolak!

1. Resep masakan tahu saus tiram dengan jamur shimeji

Resep masakan tahu pertama yang akan kita bahas adalah tahu saus tiram jamur shimeji, salah satu menu favorit yang ada di restoran Cina. Tahunya yang lembut dilapisi dengan nori dan disiram dengan saus kental yang gurih dengan tambahan jamur shimeji di atasnya serasa menjadi paduan rasa yang begitu sempurna.

Tak sulit dalam membuatnya. Agar nori bisa melekat di atas tahu, oleskan telor putih kocok terlebih dahulu, lalu goreng tahu dengan api sedang hingga garing. Langkah selanjutnya adalah tumis bumbu dan bahan lainnya hingga kuah mengental.

Tertarik untuk menciptakan sajian restoran di rumah? Yuk, kita buat resep masakan tahu saus tiram shimeji yang lezat dan bakal jadi favorit baru seisi rumah!   

2. Resep tahu telur kecap dengan topping krenyes

Berbeda dengan tahu telur biasanya yang biasa disajikan dengan sambal kacang, resep modifikasi ini disajikan dengan topping tepung krenyes berkuah kecap pedas yang juga manis, dan segar. Menu ini bisa menjadi salah satu masakan andalan kita untuk ide makan malam ringan tanpa nasi atau daging. Bahan-bahannya sederhana dan umumnya selalu tersedia di dapur sehingga kita bisa membuatnya kapan saja. Gunakan wajan antilengket untuk menggoreng tahu telur agar bentuknya lebih utuh.

Simak resep tahu telur kecap topping krenyes ini, yuk!

3. Resep tahu cabe garam, menu favorit restoran Peranakan

Resep populer ini ternyata hanya menggunakan bahan-bahannya yang mudah diperoleh. Selain itu, cara membuatnya praktis dan tidak memakan waktu lama. Berbahan dasar tahu putih, potong-potong tahu dengan ukuran dan ketebalan yang seragam agar cepat matang dengan rata. Untuk hasil yang maksimal, gunakan tahu segar yang baru saja dibeli, ya! Jika kita akan membuat di keesokan harinya, maka simpan tahu dengan cara yang tepat agar tidak cepat asam.

Setelahnya marinasi tahu dalam air garam sekitar 5 menit. Lalu balur tahu dengan tepung bumbu, dan goreng di minyak panas hingga matang kecokelatan. Tumis bawang putih dan daun bawang, siapkan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng, dan taburkan di atas tahu goreng. Sajikan selagi hangat!

Coba resep tahu cabe garam ini, yuk!

4. Resep udang dan tahu masak kecap, menu seru makan di rumah

Siapa sangka proses untuk membuat menu ini ternyata terbilang singkat? Cocok buat kita yang nggak punya waktu banyak untuk masak. Hanya dengan tiga langkah, kita sudah bisa menikmati sepiring udang tahu masak kecap di atas meja makan.

Pertama, goreng tahu sebentar hingga keemasan. Kemudian, tumis bumbu dasar, tahu dan udang, tak lupa gunakan Bango Kecap Manis supaya cita rasa masakan udang tahu ini terasa makin mantap. Setelah itu, kita bisa memasukkan garam, merica, air, dan tunggu hingga matang sempurna. Selesai sudah resep udang tahu masak kecap-nya!

Bagaimana dengan empat resep masakan tahu tadi? Mudah sekali untuk dibuat, bukan? Sekarang saatnya untuk kita mencobanya untuk variasi lauk atau camilan di rumah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.