5 Resep Masakan Tanpa Minyak Lezat Praktis - MAHI

5 Resep Masakan Tanpa Minyak yang Lezat dan Praktis

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Mei 10, 2022

Pasca berpesta santan dan lemak saat hari raya, bisa jadi di antara kamu ada yang berpikir untuk menjalani pola hidup sehat. Tak harus melulu soal diet, tapi kamu bisa memodifikasi menu makanan harian agar lebih sehat. Salah satu caranya adalah menyiapkan masakan tanpa minyak yang lezat sekaligus praktis.

Untuk memfasilitasi keinginan kamu yang satu ini, Masak Apa Hari Ini punya bejibun resep yang wajib kamu coba. Siapa tahu, mungkin saja dari hasil kreasi makanan sehat kamu sehari-hari, keluarga di rumah bakal penasaran dibuatnya. Sesekali menikmati yang enak-enak tentu tak mengapa, tapi bayangkan kalau kamu bisa mengolah masakan tanpa minyak yang mengejutkan rasanya. Yuk, simak apa saja ide-idenya berikut ini!

Masakan Tanpa Minyak yang Dipepes

Beraneka ragam protein nabati maupun hewani rupanya memang cocok untuk dipepes. Dibalut dengan daun pisang, pepesan protein yang sudah dibumbui secara tradisional tak hanya terlihat menggoda untuk dinikmati, namun juga wangi dan rasanya lezat. Coba, deh, beberapa resep berikut ini untuk kamu olah!

1. Resep pepes ikan mas

Untuk resep pepes ikan mas, gunakan 1 ekor ikan mas ukuran kecil hingga maksimal 500 gram. Ikan mas yang terlalu besar akan membutuhkan proses memasak yang lebih lama dan bumbunya akan kurang meresap dengan baik karena dagingnya yang tebal. Kecuali jika kamu akan memasaknya di atas api kecil selama berjam-jam.

Jika kamu memasaknya secara mendadak dan tak punya waktu untuk membeli daun pisang, gunakan aluminum foil, meski tentunya aromanya takkan seharum jika menggunakan daun pisang. Bumbu pepes ini juga sedap digunakan untuk ikan air tawar atau ikan laut favoritmu. Misalnya nila, patin, mujair, gurami, kembung, atau kakap.

2. Resep pepes tahu udang

Resep pepes tahu yang tradisional bisa kamu jadikan lebih istimewa. Misalnya pada resep ini bisa ditambahkan dengan udang yang memberikan tekstur renyah dan rasa yang mewah. Satu fun fact soal menu kukusan adalah agar lebih menjaga kadar nutrisi dari makanan yang biasanya berkurang atau hilang akibat proses memasak seperti dibakar, dipanggang, ataupun digoreng. Ketiadaan minyak dan bahan-bahan memasak lainnya yang kurang sehat juga menjadi keunggulan tersendiri bagi masakan kukusan.

Resep Sup dan Soto

Bergizi, menghangatkan badan, sekaligus menghidrasi tubuh, itulah berbagai kelebihan dari resep sup yang bisa diolah dengan berbagai macam bahan. Sup juga menjadi satu alternatif enak untuk kamu yang kurang menggemari sayuran. Cobain, yuk, resep-resep berikut ini!

1. Resep sup kacang merah iga sapi

Kombinasi gurih kaldu segar dari asam jawa dan sentuhan manis dari gula merah sisir membuatnya kuah sup kacang merah terasa seimbang. Agar lebih mantap, tentu saja kehadiran Royco Kaldu Sapi adalah satu hal yang wajib pada masakan berbahan daging sapi. Untuk masakan berbahan daging lebih praktis, kamu bisa memasak daging iga dalam slow cooker atau panci presto.

Jika menggunakan slow cooker, rebus iga dan kacang merah bersamaan hingga empuk selama 4-8 jam (tergantung dari jenis suhu yang digunakan). Sesudahnya tambahkan semua sisa bahan dan bisa dimasak di atas kompor. Sementara jika menggunakan panci presto, masak daging iga dan kacang merah bersama bumbu rempahnya hingga iga empuk.

2. Resep sup jamur brokoli

Bingung mau masak apa ketika hanya ada sayuran di kulkas? Tenang, sayuran seperti jamur dan brokoli bisa menjadi sajian istimewa, lho! Pertama, cuci bersih dan potong jamur shiitake dan merang. Keduanya masuk dalam jenis jamur bernutrisi yang patut dicoba. Kedua, petiki kuntum brokoli dan potong kecil tomat segar. Ketiga, kupas dan cincang halus tiga bawang. Langkah berikutnya, didihkan air, semua bawang, dan jahe. Masukkan jamur dan jahe hingga sedikit layu. Tambahkan brokoli, daun bawang dan bumbu lainnya hingga matang. Pastikan kamu menggunakan api kecil selama memasak. Resep sup jamur brokoli ternyata mudah, bukan?

Menu Bakaran

Penggemar makanan yang dibakar atau dipanggang bisa berbahagia karena cukup banyak opsi masakan tanpa minyak pada kategori ini. Setidaknya kali ini ada satu yang kamu bisa coba terlebih dahulu!

Resep bakso bakar

Menu yang satu ini tak hanya cocok sebagai menu utama. Resep bakso bakar bisa kamu olah sebagai camilan ataupun ide untuk berjualan gaya rumahan. Soal fanatisme dengan bakso, orang Indonesia nomor satu di dunia. Tapi di luar semua itu, kamu juga bisa menikmati sebuah masakan tanpa minyak yang mudah untuk diolah dan rasanya lezat. Jadi, jangan sampai ketinggalan membuatnya, ya!

Pastikan untuk follow dan like semua postingan dari Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa mengirimkan pesan bila ada yang ingin ditanyakan soal urusan masak memasak. Tentunya, kamu juga bisa request resep yang nantinya bisa kamu tonton video dan coba sendiri di rumah. Seru banget, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.