Tips dan Trik Memasak Ayam Gepuk Sendiri di Rumah - MAHI

Tips dan Trik Memasak Ayam Gepuk Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Wina|Desember 5, 2018

Apakah kamu salah satu dari jutaan kaum millennial yang ketagihan dengan ayam gepuk pedas yang sensasional? Pastinya kamu penasaran dengan bagaimana cara membuat masakan ayam terpopuler saat ini di Indonesia.

Sebagai inspirasi, aku ingin berbagi apa-apa saja yang kamu perlukan supaya bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain kompor, ada beberapa peralatan masak yang bakal menunjang proses membuat ayam gepuk pedas. Ternyata tidak sembarang lho persiapannya!

Alat masak

Berikut adalah beberapa yang perlu kamu persiapkan:

1. Wajan atau penggorengan

Wajan deep-frying atau wok dibutuhkan untuk mengungkep daging ayam dan menggorengnya. Wajan yang dalam dan cekung akan membuat ayam terendam minyak sepenuhnya agar permukaannya garing merata.

2. Saringan

Proses menggoreng daging ayam membutuhkan saringan untuk mengeluarkannya dari wajan sekaligus meniriskannya. Pilihlah saringan dengan jaring lebar agar lebih mudah digunakan ketika menyaring bahan makanan berukuran sedang seperti potongan ayam ini.

3. Spatula atau sodet stainless

Untuk mengaduk dan menumis bumbu, gunakan spatula berbahan logam dengan bentuk yang agak cekung ke bagian dalam. Selain memudahkan untuk mengaduk bumbu ungkep saat ditumis, kamu juga bisa membalikkan ayam secara perlahan dengan mudah agar daging ayam tak lantas hancur permukaannya.

4. Cobek batu

Untuk membuat sambal bawang yang sedap dengan tekstur yang bagus, maka cobek batu adalah kuncinya. Idealnya, sambal bawang masih memiliki tekstur agar pengalaman menikmati ayam gepuk tidaklah membosankan.

5. Spatula plastik

Spatula plastik akan membantu kita mengambil keseluruhan sambal yang sudah ditumbuk di atas cobek. Menggunakan sendok biasanya hanya akan merusak permukaannya dalam waktu lama karena bergesekan dengan batu.

Peralatan menggoreng untuk ayam gepuk.
Wajan, sutil, dan saringan yang wajib dipunyai untuk menggoreng. (Foto: Shutterstock)

Bahan dasar ayam gepuk pedas

1. Ayam segar

Kamu bisa menggunakan ayam kampung, ayam broiler, atau ayam probiotik. Potong ayam menjadi 4 bagian atau disesuaikan dengan ukuran ayamnya.

2. Bumbu ungkep

Masak ayam hingga matang bersama bumbu ungkep yang dibuat dari bumbu kuning. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, serai, lengkuas, dan daun jeruk. Kamu juga bisa menyontek resep bumbu ungkep dengan menggunakan bahan bumbu ungkep untuk ayam goreng lengkuas ini.

3. Sambal bawang

Pilih bahan-bahan sambal bawang yang segar. Kamu memerlukan cabai rawit merah, bawang putih, dan minyak sisa menggoreng ayam. Caranya adalah mengulek cabai rawit merah dengan jumlah sesuai dengan kesanggupan level pedasmu. Ulek bersama bawang putih dan Royco Kaldu Ayam hingga tingkat kehalusannya sesuai dengan yang kamu mau. Siram dengan minyak panas sisa menggoreng ayam untuk cita rasa sambal yang lebih mantap. Sajikan bersama ayam gepuk dan nasi panas.

Menggoreng ayam gepuk.
Goreng daging ayam dalam minyak banyak agar permukaannya garing merata. (Foto: Shutterstock)

Pastikan kamu sudah memiliki dan menyiapkan alat serta bahan untuk membuat ayam gepuk agar tak perlu lagi jajan di luar untuk ayam goreng pedas ini. Kalau kamu suka ayam gepuk, tentunya kamu juga menyukai ayam geprek. Yuk, coba resep ayam geprek lada hitam a la MAHI yang tak kalah sedap.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.