Tertarik Semarak Bisnis Tempe di Mancanegara? Kenali Proses Pembuatan Tempe Berikut Ini!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 10, 2018

Proses pembuatan tempe berlangsung tidak hanya di Indonesia. Kini, semakin banyak WNI yang menetap di negeri-negeri perantauan mulai melirik serunya bisnis tempe. Selain tentunya demi mengobati rasa kangen akan kampung halaman.

Kesuksesan para produsen tempe di Jepang, Amerika Serikat, Australia, bahkan Timur Tengah begitu menginspirasi, meski jauh dari negeri sendiri. Memulainya terkadang begitu sederhana – hanya dari usaha rumahan! Bahan bakunya yaitu kacang kedelai, semakin mudah didapat dan harganya tidak mahal. Permintaan yang semakin tinggi juga memotivasi para WNI untuk berbisnis tempe di mancanegara.

daun jati juga bisa dipakai sebagai pembungkus kedelai, sebagai salah satu tahap proses pembuatan tempe
Tempe dengan pembungkus daun pisang. (Foto: Shutterstock)

Prosesnya dimulai dari kacang kedelai yang direndam dan kemudian diikat oleh jamur Rhizopus – seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer, atau Rhizopus arrhizus. Rhizopus oryzae ditemukan di bagian belakang daun waru ataupun daun jati. Bahkan kini jamur pengikat tempe dijual dalam bentuk bubuk dan juga bisa didapat dari pembuatan tempe sebelumnya.

Adapun proses pembuatan tempe yang bisa dipelajari adalah sebagai berikut:

  • Seperti halnya proses pembuatan susu kedelai, kacang kedelai harus direndam terlebih dahulu untuk menyerap air sebanyak mungkin. Pembuatan tempe memerlukan proses hidrasi ini setidaknya selama 12-18 jam. Proses ini juga membantu kulit kacang kedelai terlepas.
  • Setelah direndam, kacang kedelai harus melewati proses pengupasan, untuk kemudian dibilas agar menghilangkan aroma langu.
  • Sesudahnya kacang kedelai dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Kedelai matang ini kemudian diturunkan suhunya dengan cara dikipasi.
  • Lalu saatnya mencampur kedelai matang dengan jamurnya. Kedelai berjamur ini kemudian sudah dapat dibungkus dalam plastik atau dedaunan pembungkus (daun pisang atau daun jati). Yang harus dipastikan adalah kacang kedelai tertutupi merata dengan jamur.
  • Fermentasikan kedelai dalam suhu ruang selama 2 hari.
tempe mendoan hasil dari mengetahui proses pembuatan tempe sendiri di rumah
Ngeteh sore akan semakin seru kalau sambil menyantap tempe mendoan. (Foto: Shutterstock)

Kita bisa memulai untuk membuat tempe sendiri di rumah sebagai bahan latihan dalam ukuran kecil. Jika berhasil, maka tempe orek, tempe mendoan, atau bahkan burger tempe bisa dinikmati dari hasil produksi sendiri di rumah. Seru, kan?

Kalau sudah mahir dengan tempe kacang kedelai, kita bisa membuat alternatif tempe kacang hijau atau tempe kacang kedelai hitam. Untuk sahabat MAHI yang tinggal di luar negeri, bisa jadi ini adalah pertimbangan untuk membuka bisnis tempe. Semakin banyak sekarang ini orang Indonesia yang bertualang dan tinggal di mancanegara.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.