6 Kreasi Masakan Kentang yang Mudah Dibuat - MAHI

6 Kreasi Masakan Kentang yang Mudah Dibuat Untuk Sehari-hari

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Mei 30, 2022

Sebagai bahan masakan yang fleksibel untuk diolah sebagai menu pengganti nasi, lauk, atau sayuran, kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang hampir selalu tersedia di dapur. Ada banyak sekali kreasi masakan kentang yang akrab di dapur Indonesia. Dimulai dari balado kentang, semur, rendang, hingga camilan seperti kroket atau perkedel yang bisa dijadikan camilan atau lauk.

Kreasi Masakan Kentang Wajib Coba

Buat kamu yang masih tergolong pemula di dapur, Masak Apa Hari Ini ingin merekomendasikan aneka kreasi masakan kentang yang bisa kamu jadikan sebagai menu andalan sehari-hari.

1. Pastel Tutup

Jangan biarkan kentang berlama-lama di dapur. Kentang yang terlalu lama disimpan kandungan airnya akan berkurang dan bisa jadi timbul tunas. Manfaatkan kentang yang masih banyak tapi belum sempat diolah untuk dijadikan hidangan istimewa seperti pastel tutup. Supaya cita rasanya lebih mantap, lapisan pastel tutup yang terdiri dari kentang tumbuk dan tumis daging ayam sayuran dimasak bersama Royco Sup Krim Ayam.

2. Kroket Kentang Sayuran 

Ingin ide camilan berbahan kentang yang digoreng? Kroket bisa jadi salah satu pilihan. Kentang tumbuk diisi dengan tumis daging ayam sayuran. Supaya kroket tak mudah hancur saat digoreng, gunakan minyak panas yang banyak sehingga dapat merendam kroket. Hindari membolak-balikkan kroket agar tak mudah pecah. Goreng hingga cokelat keemasan dan angkat kroket dari minyak panas.

3. Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang tersaji dengan bawang merah goreng yang ditaburi.
Sambal goreng kentang untuk lauk nasi rames.

Sambal goreng kentang adalah salah satu hidangan lauk pendamping yang akrab di berbagai sajian nasi rames atau nasi campur khas Indonesia. Misalnya nasi kuning, nasi uduk, nasi bogana, atau nasi langgi. Cita rasanya yang mudah dipadu-padankan dengan menu lain membuat kamu bisa menyajikan kentang balado dengan bersamaan dengan berbagai macam variasi sayuran atau lauk utama. Resep sambal goreng kentang ini juga sangat mudah dengan bahan-bahan yang hampir selalu tersedia di dapur.

4. Cimol Kentang

Agar camilan berbahan tepung tak mendominasi, saatnya membuat cimol dari bahan dasar kentang. Yang bikin gorengan kentang bentuk bola mungil ini jadi unik adalah tambahan daun kelor dalam adonannya. Nutrisi daun kelor jadi membuat jajanan khas kaki lima ini terasa lebih istimewa. Biar sukses bikinnya, jangan lupa simak juga tips membuat cimol, ya!

5. Rendang Kentang Jamur

Seporsi besar rendang kentang jamur disajikan di atas meja batu. Olahan kentang untuk lauk.
Rendang kentang jamur untuk alternatif lauk vegetarian! (Foto: MAHI)

Sedang diet daging atau lauk hewani? Rendang kentang jamur ini adalah salah satu jawaban buat kamu yang mencari lauk vegetarian. Dibuat dari jamur, kacang merah, dan kentang rendang, lauk sederhana yang pas kamu nikmati bersama nasi putih, nasi kuning, atau bahkan lontong. Cita rasanya makin sedap berkat kehadiran Royco Kaldu Jamur yang bikin bumbu rendang makin mantap.

6. Kentang Panggang Saus Telur Asin

Camilan unik dan berbeda, kentang dipanggang kemudian diselimuti dengan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin. Selain kentang rendang, kamu juga bisa menggunakan kentang ukuran besar yang dipotong-potong kemudian dipanggang.

Yuk, cobain semua resep kreasi masakan kentang ini supaya menu makanan di rumah tak membosankan! Selain mencegah kentang kering atau bertunas, kamu juga jadi lebih kreatif di dapur.

 

 

 

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.