Resep Cimol Kentang Empuk dan Anti Meledak untuk Takjil - MAHI

Resep Cimol Kentang Daun Kelor Anti Meledak untuk Menu Takjil

Simpan ke bagian favorit

Ingin sukses bikin cimol kentang? Yuk, simak resep ini dan jangan lupa baca juga tips seputar memasak cimol yang enak, empuk, dan anti meledak!

2jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Maret 1, 2022

Pernah membuat cimol kentang sendiri di rumah? Diawali dalam versi original atau hanya menggunakan tapioka atau sagu saja, kini hadir versi cimol kentang yang belakangan populer di sosial media. Bukan cuma bahan utama, camilan kekinian yang murah meriah ini juga divariasikan dengan berbagai pilihan bumbu tabur. Dimulai dari bumbu tabur cabai bubuk, cita rasa keju, balado, dan beberapa jenis bumbu tabur lainnya. Nah, cimol yang akan dibuat kali ini adalah versi cimol kentang dengan tambahan daun kelor bubuk yang bikin cimol ini lebih unik. Bukan hanya itu, bumbu tabur yang ditaburkan ke permukaan cimol panas sehingga rasanya jadi mantap adalah Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng.

Sengaja ditambahkan daun kelor, karena sayuran daun ini punya segudang manfaat dan merupakan salah satu dari 50 pangan masa depan atau Future 50 Foods. Adonan cimol akan berwarna kehijauan namun tak merusak penampilan dan justru membuat cita rasanya jadi spesial. Apalagi dalam adonannya ditambahkan dengan Royco Kaldu Ayam dan rasa pedas dengan sensasi bawang goreng pada permukaannya berkat Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng.

Beberapa kendala seputar memasak cimol biasanya meledak saat masih berada dalam wajan, cimol bantat atau tak mengembang, cimol cenderung keras saat sudah dingin, hingga tak matang sempurna atau bagian dalamnya masih terasa mentah. Beberapa tips ini mungkin akan membantu kamu memasak cimol jadi lebih pede.

Tips membuat cimol kentang anti meledak, empuk, dan matang merata

  1. Adonan cimol wajib diberi air panas agar cimol matang tetap empuk meski sudah tak panas lagi.
  2. Agar mudah membentuk cimol, uleni adonan cimol kentang hingga kalis atau mudah dibentuk.
  3. Masukkan cimol yang sudah dibentuk ke dalam wajan berisi minyak.
  4. Awali memasak cimol dari minyak dingin, kemudian masak di atas api kecil. Trik ini merupakan cara agar cimol tidak meledak saat digoreng.
  5. Aduk perlahan cimol agar matang merata dan mengembang sempurna.
  6. Setelah setengah matang, besarkan api atau masak di atas api sedang. Masak sambil diaduk hingga cimol matang dan garing.

Nah, jadi kepengen bikin Cimol Kentang Daun Kelor ini, kan? Sajikan juga camilan pedas, enak, dan nagih ini sebagai ide takjil di bulan Ramadan usai menikmati yang manis-manis. Jangan lupa juga untuk followlike, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

Cara membuat

1

Aduk rata kentang bersama garam, merica, dan Royco Kaldu Ayam  

2

Masukkan daun kelor bubuk, tepung tapioka, tepung terigu, dan air panas. Aduk sambil diuleni hingga adonan mudah dibentuk 

3

Ambil 1 sdt adonan, bulatkan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan 

4

Siapkan minyak dalam wajan. Masukkan separuh bagian cimol. Nyalakan api kecil, goreng cimol hingga setengah matang, kemudian besarkan api dan masak hingga cimol garing matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses yang sama untuk sisa cimol. 

5

Selagi panas, aduk rata cimol kentang bersama Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Sajikan.  

 

Selamat ngemil!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.