Resep Takoyaki Lembut Isi Gurita Gaya Jepang - MAHI

Resep Takoyaki Lembut Isi Gurita, Camilan Enak Kapan Saja

Simpan ke bagian favorit

Nikmatnya takoyaki dengan isian tepung lembut dan gurita yang kenyal. Sekarang, kamu bisa membuatnya kapan saja! Yuk, coba ikuti resepnya!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Mei 9, 2022

Bukan sebuah kebetulan kalau aneka jajanan khas Jepang kini semakin digemari masyarakat Indonesia. Jenisnya beragam, rasanya enak, dan cita rasa khas kuliner Negeri Sakura sudah dikenal sejak puluhan tahun di sini. Salah satu yang kini semakin melambungkan popularitasnya adalah kehadiran takoyaki. Sebelum membuatnya di rumah, yuk, simak dulu sedikit ceritanya!

Ciri khas takoyaki

Takoyaki biasanya disajikan beberapa buah sekaligus sebagai camilan. Tampil dalam keadaan hangat, bola-bola tepung dengan isian potongan gurita ini punya paduan rasa gurih serta tekstur tepung yang lembut, daging gurita yang kenyal, dan aneka topping yang menggugah selera. Saat bertandang ke warung yang khusus menjual berbagai makanan ringan Jepang, cara membuat dan keahlian sang koki pasti menjadikan kamu penasaran ingin segera mencicipinya.

Semua bermula dari adonan tepung basah yang dituangkan ke setiap cetakan berbentuk bulat yang sudah dilumuri minyak. Isi hingga penuh, bahkan sedikit tumpah-tumpah pun tak mengapa. Sembari dipanggang, bubuhkan isian gurita dan daun bawang. Setelah bagian bawahnya mulai berbentuk, dengan putar balik takoyaki dengan hanya bermodalkan sumpit runcing. Setelah dibalik, tunggu hingga sisi lainnya matang dan takoyaki siap untuk disajikan. Bubuhkan dengan tambahan saus, mayones, serta katsuobushi agar cita rasanya semakin nikmat.

Aneka camilan khas Jepang lainnya

Tak hanya takoyaki, masih banyak camilan khas Jepang lainnya yang layak tampil dalam koleksi resep milik Masak Apa Hari Ini. Misalnya, orang Jepang juga banyak yang menggemari camilan yang disebut okonomiyaki. Isiannya yang bermacam-macam menjadikan hidangan yang satu ini semakin menggiurkan. Bahkan tak jarang bila okonomiyaki dinikmati sebagai pengganti makanan berat untuk santap malam.

Nah, camilan khas Jepang apa yang ingin kamu coba resepnya? Pastikan untuk follow dan like semua postingan dari Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa mengirimkan pesan bila ada yang ingin ditanyakan soal urusan masak memasak. Tentunya, kamu juga bisa request resep yang nantinya bisa kamu tonton video dan coba sendiri di rumah. Seru banget, bukan?

Bahan-bahan

saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
Hellmann's Real Mayonnaise
Yang diperlukan:
Hellmann's Real Mayonnaise
  • 200 g gurita
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak wijen
  • air, untuk merebus
  • minyak, untuk mengoles

Adonan takoyaki

  • 250 g tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm baking powder
  • ½ sdt garam
  • 650 ml air
  • 2 butir telur
  • 2 sdm daun bawang, iris dan ambil bagian hijaunya saja

Topping

Cara membuat

1

Rebus gurita dengan tambahan garam dan minyak wijen pada air rebusan hingga empuk. Angkat dan tiriskan. Potong-potong. Sisihkan.

2

Adonan takoyaki: Aduk rata tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam, Royco Kaldu Ayam, dan air menggunakan whisk hingga tercampur rata.

3

Tambahkan telur, aduk hingga mulus atau tidak ada tepung yang menggumpal. Saring adonan bila masih ada tepung yang menggumpal.

4

Panaskan wajan cetakan takoyaki di atas api sedang, olesi dengan minyak. Tuang adonan ke dalam cetakan, taruh gurita ke bagian tengahnya. Tambahkan irisan daun bawang.

5

Masak hingga bagian pinggirannya terlihat matang dan kering, kemudian balikkan dan masak hingga matang. Angkat.

6

Pindahkan ke atas piring saji. Beri katsuobushi, Jawara Saus Sambal Extra Hot, Hellmann’s Real Mayonnaise, dan nori bubuk. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.