Resep Okonomiyaki yang Enak Versi Rumahan Wajib Coba

Simpan ke bagian favorit

Inilah resep okonomiyaki a la Jepang yang mudah dibuat di rumah! Tambah saus sambal Jawara menambah cita rasa penggugah selera makan.

50mnt
2 Porsi
Mudah
Wina|Januari 1, 2021

Sudah pernah merasakan lezatnya okonomiyaki? Satu kudapan dari Jepang yang menyerupai dadar telur yang berisi protein hewani dan sayuran, serta bertabur nori dan katsuobushi. Kudapan a la Negeri Sakura ini bisa kamu coba sendiri di rumah dengan resep praktis di bawah ini.

Berbahan dasar utama tepung dan telur, resep okonomiyaki kali ini berisikan daging sapi cincang, kol, wortel, dan daun bawang. Sesuai dengan namanya, okonomi, yang berarti bebas memasukkan isian sesuai dengan selera. Maka, dari segi isian, kamu bisa menggunakan protein hewani lainnya yang dicampur dengan sayuran.

Namun, dari segi taburannya, okonomiyaki identik dengan nori dan katsuobushi. Untuk nori, kamu bisa memperolehnya dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket. Sedangkan katsuobushi, kamu bisa lebih mudah memperolehnya di toko daring yang khusus menjual makanan khas Jepang. Katsuobushi merupakan serutan ikan cakalang yang diawetkan. Dari segi bentuk dan warna, katsuobushi menyerupai serutan kayu. Dari segi rasa, ada unsur rasa gurih sehingga katsuobushi sering digunakan juga sebagai bumbu dapur atau penyedap pada masakan.

Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi ke restoran untuk menikmatinya. Berikut resep mudah untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain okonomiyaki, ada resep khas Jepang yang tidak kalah mudah dan lezat seperti resep gyudon atau resep ayam teriyaki.

Bahan-bahan

  • 200 g daging sapi cincang
  • ½ sdt garam
  • 300 ml air
  • 150 g kol, iris halus
  • 4 butir telur ayam, kocok lepas
  • 50 g wortel, iris halus
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 6 sdm minyak

Saus

Topping

Cara membuat

1

Adonan okonomiyaki: panaskan 2 sdm minyak, tumis daging sapi cincang hingga matang. Tambahkan garam, aduk rata. Angkat, biarkan hingga tidak panas. Sisihkan.

 

 

 

2

Aduk tepungRoyco Kaldu Sapi,  merica putih bubuk, dan air hingga larut dan tidak ada tepung yang menggumpal. Masukkan telur, aduk hingga rata.

3

Masukkan koldaun bawangwortelbawang bombay dan tumis daging sapi, aduk. 

4

Panaskan setengah bagian sisa minyak dalam wajan datar.  Tuang separuh bagian adonan okonomiyaki. Masak hingga matang di kedua sisinya. Angkat. Ulangi proses serupa pada sisa adonan okonomiyaki. 

5

Saus: masak semua bahan di atas api kecil hingga mengental. Angkat.

6

Siapkan okonomiyaki di atas piring saji. Beri saus ke atasnya. taburi dengan nori dan katsuobushi. Sajikan dengan Saus Sambal Jawara Hot dan Hellmann’s Real Mayonnaise.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.