Resep Chicken Nanban a la Restoran Jepang - MAHI

Resep Chicken Nanban, Menu Makan Siang Lezat Gaya Jepang

Simpan ke bagian favorit

Makan siang makin berwarna dengan kehadiran chicken nanban a la restoran Jepang yang gurih dan menggoda ini. Coba masak hari ini, yuk!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|September 14, 2022

Hampir setiap negara di dunia ini menyerap teknik memasak ataupun bahan-bahan dari pengaruh asing. Itulah yang menjadikan semesta kuliner semakin seru untuk digali. Hari ini yang akan dibahas adalah chicken nanban dari Jepang yang setiap harinya kian populer. Apakah kamu salah satu fans beratnya? Sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus berepot-repot ke restoran!

Apakah Chicken Nanban Itu?

Coba, deh, kamu lihat-lihat lagi. Kok, masakan Jepang tampilannya seperti tradisional semua, ya? Aneka macam hidangan sepertinya disajikan bersama nasi putih hangat, salad sayuran, dan juga sup miso. Padahal chicken nanban, ‘kan, masakan yang ada karena pengaruh asing. Begitupun misalnya kalau melihat yang namanya chicken katsu, atau bahkan beef hamburg. Jawabannya, tak heran seperti itu karena orang Jepang sangat mendarah daging sukanya dengan nasi, dan paduan demikian menjadikan gizinya lengkap. Terlalu suka nasi? Bukankah orang Indonesia juga demikian? Ternyata agak berbeda. Kerap kali kamu bakal menemukan orang Jepang menikmati beef steak justru dengan nasi putih! Beda dengan orang Indonesia yang lebih terbiasa menikmatinya dengan kentang goreng ataupun mashed potato. Apa yang dipadukan biasanya sesuai dengan tema kalau di sini, namun di Jepang, banyak masakan asing yang tetap saja dipadukan dengan nasi.

Kembali berkenalan dengan chicken nanban, masakan ini terkategorikan sebagai yoshoku (masakan Barat), atau lawan dari washoku (masakan Jepang). Dahulunya, teknik deep-frying tidak dikenal dalam masakan Jepang, dan baru diajarkan oleh para pedagang dari Portugis di abad eksplorasi. Dari situlah Jepang sekaligus mengadaptasikan banyak bahan dan masakan asing lainnya yang hingga kini masih banyak dikonsumsi.

Dikategorikan sebagai masakan ayam goreng, chicken nanban ternyata berbeda dengan chicken katsu. Misalnya, tidak menggunakan tepung panir sehingga teksturnya tidak serenyah chicken katsu. Kemudian, kehadiran saus tartar menjadi ciri khas berikutnya. Biasanya ayam goreng yang sudah dipotong-potong diletakkan di atas selada romaine serta tomat ceri, lalu ayam dilumuri dengan saus tartar yang terbuat dari mayones yang diaduk rata dengan potongan telur rebus dan bawang bombay. Nikmat!

Coba Masakan Jepang Lainnya!

Sebagai sumber protein yang berlimpah dan terjangkau harganya, kamu bisa berkreasi menggunakan ayam pada masakan Jepang lainnya. Kalau dari tadi sudah disebutkan yang namanya chicken katsu dan chicken nanban, maka lain kali kamu perlu coba yang namanya chicken teriyaki ataupun yakitori.

Sekarang, bahan-bahan masakan Jepang juga tak kalah mudahnya untuk ditemukan di pasaran. Kabar lebih baiknya lagi, aneka makanan Jepang cocok dinikmati untuk makan siang ataupun malam. Fleksibel dan tidak lagi mahal, sehingga tak ada alasan lain untuk tidak masak di rumah. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
Hellmann's Real Mayonnaise
Yang diperlukan:
Hellmann's Real Mayonnaise
  • 500 g filet dada ayam tanpa kulit, potong kotak 4 cm
  • 200 g selada romaine atau iceberg, siangi
  • 8 buah tomat ceri, belah 2 bagian
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm shoyu atau kecap asin Jepang
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica hitam bubuk
  • minyak, untuk menggoreng

Saus

  • 2 butir telur rebus, cincang
  • 3 sdm bawang bombay, cincang
  • 2 sdm susu cair
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica hitam bubuk

Cara membuat

1

Lumuri daging ayam dengan shoyu dan separuh bagian Royco Kaldu Ayam Spesial, garam, dan merica hingga merata. Diamkan dalam kulkas selama 20 menit. Sisihkan.

2

Aduk rata tepung terigu dengan Royco Kaldu Ayam Spesial. Sisihkan.

3

Balur potongan daging ayam ke dalam telur, lumuri dengan tepung. Ulangi proses serupa pada sisa daging ayam. Sisihkan.

4

Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

5

Saus: Aduk rata semua bahan termasuk Hellmann’s Real Mayonnaise.

6

Ambil piring saji, tata selada romaine dan tomat ceri di salah satu sisi piring. Taruh ayam goreng di sebelahnya. Sajikan dengan saus.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.