Resep Tahu Gimbal Khas Semarang - MAHI
Tahu Gimbal, street food khas Semarang.

Resep Tahu Gimbal Khas Semarang yang Bikin Lidah Happy

Tahu Gimbal adalah salah satu masakan khas Semarang yang wajib coba bagi para penggemar kuliner. Mau tahu cara bikinnya? Simak resepnya, yuk!
Tahu Gimbal, street food khas Semarang.
Valentina | Agu 02, 2021

Pernah coba Tahu Gimbal khas Semarang? Street food populer ini adalah hidangan tahu goreng dengan lontong. Lalu, sayuran yang disajikan bersama bumbu kacang bercampur petis dan ebi. Konsep hidangan serupa memang cukup bervariasi di Indonesia dengan nama dan ciri khas berbeda-beda. Seperti halnya Ketoprak di Jakarta, Kupat Tahu di Bandung dan Magelang, Tupat Tahu di Solo, atau Tahu Telur di Jawa Timur. Hidangan komplet yang terdiri dari lontong (karbohidrat), tahu atau telur (protein), dan taoge atau kol (sayuran) ini biasanya dijajakan sebagai menu sarapan atau jajanan di malam hari.

Selain campuran petis dan ebi dalam bumbunya, ciri khas jajanan Semarang ini adalah gimbal udang. Disebut gimbal karena bentuk dari adonan tepung dan udang (mirip bakwan) yang digoreng sebagai teman tahu dan lontong. Agar jauh dari kesan repot, Masak Apa Hari Ini membuat versi bumbu kacang-petis yang lebih praktis, yaitu menggunakan sambal kacang atau sambal pecel siap pakai dan bumbu petis siap saji. Pilih bumbu petis yang siap santap agar cita rasa bumbu kacangnya tidak pahit.

Sajikan Tahu Gimbal Khas Semarang sebagai ide baru untuk masak di rumah. Tentu saja hidangan ini takkan lengkap bila tak dinikmati bersama kelezatan Bango Kecap Manis. Coba untuk weekend ini, yuk!

Bahan

4
Porsi
4
buah tahu putih, potong 4 bagian
200
g kol, iris tipis
100
g taoge, seduh air panas, tiriskan
Minyak, untuk menggoreng

Gimbal udang

200
g udang kupas
150
g tepung terigu
3
sdm tepung beras
250
ml air

Bumbu gimbal udang, haluskan

3
siung bawang putih
½
sdt ketumbar
1
sdt garam

Bumbu kacang-petis

150
g sambal pecel siap saji
1
sdm petis udang siap saji
200
ml air panas

Pelengkap

Telur mata sapi
Lontong, potong-potong
Seledri, iris tipis

Cara membuat

1

Gimbal udang: Aduk rata bahan gimbal udang bersama bumbu. Sisihkan. Panaskan minyak, ambil 1 sendok sayur adonan udang. Goreng hingga matang dan garing. Angkat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Sisihkan.

2

Dengan minyak yang sama, goreng tahu hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

3

Bumbu kacang-petis: Aduk rata bumbu kacang bersama air panas dan petis hingga tercampur rata. Tambahkan Bango Kecap Manis, aduk rata. Sisihkan.

4

Siapkan piring saji yang sudah diisi dengan potongan lontong, kol, tahu, dan bumbu kacang-petis. Tambahkan seledri, telur mata sapi, dan gimbal udang.

5

Sajikan dengan Bango Kecap Manis.

Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam