5 Ide Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat - MAHI

5 Ide Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat

5 Ide Sarapan Pagi untuk Diet yang Kaya Serat
Rian Farisa |
Favorit:
Sebarkan:

Sarapan adalah satu kebiasaan sehari-hari yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Energi dan berbagai nutrisi penting lainnya akan berperan penting dalam menyokong konsentrasi dan produktivitas sepanjang hari. Fungsi sarapan tak hanya untuk mengenyangkan atau sebagai sumber energi saja, karena ada juga istilah sarapan pagi untuk diet. Nah, apakah yang membedakannya  dengan sarapan yang sudah dikenal sehari-hari? 

Kandungan serat adalah jawabannya. Sarapan yang kaya serat akan menyehatkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, serta rasa kenyang menjadi lebih panjang. Lebih jauhnya, serat juga berperan dalam menyehatkan tubuh secara umum, membantu menurunkan risiko sakit jantung dan meregulasi tingkat gula dalam darah. Perhatikan kebutuhan serat per hari agar asupannya pas. Intip, yuk, berapa yang dibutuhkan serta apa saja ide masakannya! 

Ragam Ide Sarapan Pagi untuk Diet

Kini saatnya beralih dari makanan kaya karbo saat sarapan menuju santapan yang lebih seimbang dan kaya serat! Agar seimbang, perhatikan kebutuhan per-gramnya. Untuk orang dewasa, membutuhkan adalah 21-25 gram untuk wanita dan 30-38 gram untuk pria perharinya. Nah, apa saja ide masakannya? Lanjut baca, yuk! 

1. Sup krim ayam brokoli

Semangkuk sup krim disajikan di atas talenan.
Sup krim yang menghangatkan sungguh nikmat sebagai menu sarapan! (Foto: Shutterstock)

Tak hanya soal enaknya saja, resep sup yang satu ini juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk badan. Padukan brokoli dengan ayam dan keju cheddar agar resep sup krim ini makin kaya protein. Hanya dalam 30 menit, kamu bisa menikmati sarapan pagi yang penuh nutrisi! 

Ada apa dengan brokoli? Nah, kandungan fito-nutrien pada brokoli dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, C, dan K sebagai benteng melawan radikal bebas. Belum lagi kalau bicara kandungan seratnya, karena terdapat 5,1 gram serat dalam setiap 250 gram brokoli matang. Harga boleh sedikit mahal, tapi manfaatnya tidak main-main, bukan? 

Coba buat resep sup krim ayam brokoli, yuk! 

2. Baked potato dengan brokoli dan keju

Kentang adalah salah satu jenis karbo yang sangat menyehatkan. Apalagi pada resep baked potato ini, dipadukan dengan brokoli yang kaya serat serta keju yang kaya kalsium. Tahukah kamu bahwa kentang berukuran kecil dengan kulitnya mengandung hingga 3 gram serat? Makin wajib, deh, mencoba resep ini. Mudah banget, kok, caranya! 

Kukus kentang terlebih dahulu lalu keruk kentang dan padukan dengan susu, keju, serta merica. Tambahkan brokoli serta wortel dan taburi dengan keju mozzarella. Terakhir, cukup panggang baked potato dan nikmati selagi hangat.  

Cobain resep baked potato yang satu ini, ya! 

3. Avocado sandwich

Untuk makan pagi ataupun siang, menu yang satu ini cocok banget, deh. Avocado sandwich sudah lama dipopulerkan sebagai makanan sehari-hari yang berisi dan menyehatkan. Bagaimana tidak? Avokad atau alpukat punya kandungan 10 gram serat per 250 gram-nya! 

Soal resepnya, siapkan dulu saus avokad terlebih dahulu, lalu oleskan pada roti gandum yang kaya serat. Tambahkan isian berupa selada, tomat, dan dada ayam. Sarapan enak dan mengenyangkan ternyata mudah banget cara membuatnya! 

Cek resep sandwich ini, yuk! 

4. Bubur kacang hijau

Tak perlu repot-repot mencari bahan-bahan kaya serat kekinian seperti kale, kacang adzuki, ataupun chia seeds dan kacang almond. Indonesia sudah lama punya makanan kaya serat yang cocok untuk segala suasana, termasuk sebagai menu sarapan pagi untuk diet. Tiada lain tiada bukan adalah bubur kacang hijau klasik atau kini akrab disapa dengan nama burjo. 

Kacang hijau mengandung hingga 7,6 gram serat per 100 gram-nya. Tak hanya itu, ada kandungan potassium, magnesium, serta vitamin B6. Selebihnya dari resep ini, padukan dengan kuah santan dan opsional, bisa tambahkan juga ketan hitam. Nikmat! 

Coba resep burjo ini, ya! 

5. Salad edamame dengan rumput laut

Mangkuk berisikan edamame.
Jadikan salad edamame sebagai menu sarapan sehat baru di rumah! (Foto: Shutterstock)

Apakah kamu tipe yang tidak terlalu suka makan pagi yang berat-berat? Solusinya adalah salad edamame dengan kyuri dan rumput laut yang kaya serat dan menyehatkan ini. Cita rasanya yang Jepang banget terasa ringan dan menyegarkan. Pas untuk disajikan sebagai makan pagi ataupun untuk menu pendamping kapan saja. 

Edamame berasal dari kacang kedelai yang belum matang. Cukup dengan dikukus atau direbus dengan air garam, kamu bisa langsung menikmatinya. Dalam setiap 100 gram-nya terdapat hingga 6 gram serat. Cukup tinggi kadungannya, bukan? 

Coba resep salad edamame ini, yuk!

Dengan lima menu sarapan diet ini, kamu bisa menyongsong setiap harinya dengan penuh energi dan semua manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Serat adalah satu elemen gizi yang acapkali sering terlewat. Semoga aneka sarapan baik untuk diet tadi dapat membantumu melewati hari dengan penuh semangat, sehat, dan produktif! Selamat memasak!

Artikel terbaru