5 Cara Masak Kikil Asli Nusantara - MAHI

5 Cara Masak Kikil Asli Nusantara untuk Santap Istimewa Bareng Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Januari 28, 2021

Siapa yang tak kenal kikil? Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang cocok dijadikan aneka hidangan membuat bagian dari sapi ini menjadi favorit banyak orang. Kikil diambil dari bagian yang menyelimuti tulang kaki dan jari-jari kaki sapi. Karena teksturnya yang menggoyang lidah, kikil cocok dimasak menjadi aneka hidangan, sebagai bahan utama ataupun bahan pendamping. Maka penting tentunya untuk memastikan kikil yang akan diolah benar-benar bersih. Setelahnya, tinggal cek beberapa cara masak kikil sapi dari MAHI berikut ini!

Kembali ke kualitas kikil, agar yang dimasak tidak berasa aneh, amis, dan berlendir, wajib hukumnya memilih kikil yang segar. Cirinya adalah yang warnanya kekuningan cerah dan sedikit putih. Kemudian, pilih yang teksturnya kenyal, tidak lembek atau bahkan tidak terlalu kaku. Saat merebusnya, bisa ditambahkan aneka rempah, seperti jahe, sereh, daun jeruk, dan lengkuas, agar aroma amisnya hilang. Nah, setelah itu, siap diolah dengan aneka resep kikil yang pastinya menggugah selera.

1. Lontong Kikil, medok mantap makanan khas Surabaya

Cara masak kikil yang pertama jatuh pada hidangan lontong kikil. Entah kenapa, saat menyebut kuliner khas Surabaya yang satu ini rasanya seperti banyak kenangan akan Kota Pahlawan yang selalu bikin rindu. Saat menyeruput kuahnya yang asin dan gurih seakan kita dibawa ke daerah asalnya. Agar rasa dan teksturnya semakin nendang, lontong kikil bisa ditambahkan potongan daging atau komposisi dagingnya bisa lebih banyak untuk hasilkan lemak pada kuah.

Yuk, buat lontong kikil khas Surabaya ini sebagai menu istimewa saat makan malam di rumah!

2. Tengkleng Kikil, satu yang eksotis dari Jawa Tengah

Ada cara lain yang tak kalah seru untuk menikmati bagian kikil buat para penggemarnya. Selain lontong atau gulai, tengkleng bisa dibilang sebagai salah satu sajian eksotis yang tak boleh kamu lewatkan. Cita rasa rempah dalam kuah gulai bersantan yang tak terlalu kental berpadu dengan kaldu memberikan cita rasa yang begitu nikmat jika dibandingkan gulai daging biasa.

Tak sabar ingin menikmati sajian istimewa ini? Yuk, mari buat di rumah resep tengkleng kikil yang menggoda selera!

3. Gulai Kikil, sajian legendaris khas Minang

Semangkuk gulai kikil yang kenyal dan gurih di atas meja makan.
Resep gulai kikil yang gurih khas Padang kini bisa dibuat sendiri di rumah. (Foto: Shutterstock)

Beranjak ke cara masak kikil selanjutnya, gulai kikil khas Minang ini bisa dibilang menu wajib buat para pencinta masakan Padang. Tekturnya yang kenyal unik, serta rasanya yang gurih sangat pas disajikan untuk memeriahkan acara makan malam bersama keluarga.

Pilihlah kikil yang masih bertulang, berwarna putih susu, dan masih ada kulit ari sisa lemak dan kenyal. Cuci bersih rebus dengan aneka rempah, seperti daun salam, daun jeruk, jahe, sereh, agar aroma amisnya hilang sekaligus melembutkan. Setelahnya, tinggal masak dengan aneka bumbu dan rempah. Sajikan dengan aneka sayuran sebagai pendamping agar makin mantap saat disantap.

Duh, jadi tak sabar ingin mempraktikkan resep gulai kikil padang yang gurih ini di rumah!

4. Cara Masak Kikil Tumis Tempe, cocok untuk lauk pendamping

Jangan anggap remeh menu masakan yang satu ini! Meskipun dibuat dengan cara simpel, tapi rasanya nggak kaleng-kaleng. Cara membuat resep kikil yang satu ini juga sangat mudah dibuat di rumah menggunakan aneka bahan yang mudah ditemukan sehari-hari. Agar kecapnya meresap sempurna, kucurkan pada tahap akhir memasak. Dengan begitu, rasanya tidak hilang oleh bumbu lain. Lalu, masak sedikit agak lama dengan api kecil, ya. Setelah kikil siap, saatnya menggoreng tempe agar tidak cepat hancur saat ditumis.

Mudah sekali, bukan? Kita coba resep kikil tempe pedas manis ini sekarang, yuk!

5. Semur Kikil, tak kalah lezatnya dengan semur daging

Bingung mau masak apa untuk makan malam nanti? Resep kikil khas Nusantara yang satu ini pastinya sulit untuk ditolak. Kalau biasanya semur dibuat menggunakan daging dan aneka isian lainnya, sekarang kita akan membuat dengan bahan yang berbeda. Agar rasanya sempurna, cara mengolah kikil menjadi kuncinya. Untuk memunculkan aroma yang lebih sedap, bisa tambahkan aneka bumbu saat proses merebus, seperti daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Angkat, lalu tinggal olah menjadi semur. Sebagai pelengkap, bisa tambahkan aneka bahan lainnya, seperti telur, tempe, sesuai selera!

Sempurnakan sajian semur kikil nan lezat ini dengan nasi hangat dan sayuran pelengkap, ya!

Bagaimana dengan lima resep kikil sapi tadi? Seru, bukan? Sekarang waktunya untuk kamu mencobanya di rumah sebagai hidangan istimewa untuk keluarga saat akhir pekan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.