5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran

Chef Panji|Mei 26, 2018

Kalau berkunjung ke Makassar, pasti saja bawaannya ingin masak. Nah, saya menemukan beberapa ide masakan khas Makassar yang cocok untuk Lebaran nanti. Nggak percaya? Coba deh intip 5 kuliner khas Makassar yang pas jadi teman ketupat Lebaran.

Coto Makassar

Ada yang tahu perbedaan soto dengan coto? Kalau ‘soto’ terbuat dari daging ‘sapi’, sedangkan ‘coto’ terbuat dari daging ‘capi’!

Hahaha.. Jangan dianggap serius ya. Coto Makassar terbuat dari rebusan isi perut sapi yang kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan racikan khusus. Rahasia dibalik kenikmatan semangkuk Coto Makassar terletak pada kuahnya yang konon menggunakan 39 jenis rempah. Kok banyak banget ya? Selain memberikan cita rasa yang kuat, rempah ini ampuh menghilangkan bau amis jeroan. Untuk hari Lebaran nanti, coba deh sajikan Coto Makassar sebagai teman makan ketupat Lebaran. Unik dan nggak mainstream!

Pallubasa

Bagi mata orang awam, Pallubasa serupa dengan Coto Makassar. Padahal jelas berbeda! Meski Pallubasa dan Coto Makassar sama-sama menggunakan daging jeroan, kuah Pallubasa berisi kelapa parut yang telah disangrai sehingga lebih kental dan gurih. Kalau kamu bosan dengan sajian Opor Ayam atau Rendang, yang satu ini bisa menjadi alternatif yang lezat saat Lebaran.

Konro

Kalau menurut Chef, belum sah berkunjung ke Makassar kalau belum icip-icip Konro. Masakah berupa iga daging sapi ini mempunyai kuah yang berwarna coklat kehitaman yang berasal dari campuran aneka rempah-rempah. Biasanya konro disajikan dengan dua cara, kuah dan bakar. Kalau Chef sih paling suka yang sup, bumbu kuahnya itu sedap banget! Konro, baik yang berkuah atau bakar, sempurna dijadikan teman makan ketupat Lebaran.

Pallumara

5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Selain enak, ikan juga punya banyak protein. Pallumara ini juga tidak susah membuatnya. (Foto: Shutterstock)

Kalian para pecinta masakan olahan ikan, yuk merapat! Pallumara adalah salah satu menu lokal yang mencuri hati saya. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap, namun kamu juga bisa menggunakan ikan bandeng atau tongkol. Warna kuning pekat pada kuahnya berasal dari rempah kunyit yang dihaluskan. Selain rasanya yang segar, sempurna banget untuk disantap bersama ketupat Lebaran.

Mie Titi

5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Krenyes-krenyes ketika dimakan, Mie Titi ini pas dijadikan teman makan ketupat. (Foto: Shutterstock)

Wisata kuliner saya di kota Makassar diakhiri dengan menyantap Mie Titi yang mirip dengan ifumie yang biasa kita temukan di restoran masakan Cina. Masih berupa mie yang digoreng kering kemudian disiram dengan kuah kental berisi potongan sayuran, cumi dan udang. Ingin lebih kenyang? Jadikan Mie Titi ini sebagai pasangan ketupat Lebaran saat makan siang bersama keluarga di Hari Raya nanti.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.