Resep Baked Potato Brokoli dan Keju a la Restoran - MAHI

Resep Baked Potato Brokoli dan Keju, Rasanya Seenak Makan di Restoran

Simpan ke bagian favorit

Baked potato dengan brokoli dan keju, hidangan lezat kaya topping, nikmat tanpa rasa bersalah. Ayo, coba olah resep berikut dari Masak Apa Hari Ini!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|November 3, 2022

Tidak bisa dipungkiri kalau menu-menu paling populer dari restoran waralaba khas Amerika Serikat tidak jauh dari yang namanya ayam goreng dan burger. Tapi terselip di antaranya adalah satu hidangan yang tak kalah lezat sekaligus menyehatkan. Pernah nggak, sih, kamu mendengar makanan yang dinamakan “baked potato”? Masak Apa Hari Ini punya satu racikan istimewa yang bisa kamu coba di rumah. Buat kamu yang sudah lama jadi penggemar baked potato yang dipopulerkan oleh satu restoran waralaba “itu”, pasti nggak mau ketinggalan untuk membuatnya sendiri juga, dong. Sementara itu, buat yang masih bertanya-tanya, don’t worry, kenalan lebih dulu, yuk!

Jadi, Apakah Baked Potato Itu?

Kurang lebih secara visualnya, ya, begini. Bayangkan satu kentang berukuran besar yang dikukus dengan kulitnya. Kemudian kentang dibuka dan dikeruk, lalu diisikan dibumbui dan diisikan topping. Untuk resep kali ini, Masak Apa Hari Ini menyiapkan topping yang paling tradisional, yaitu paduan brokoli, wortel, serta dua jenis keju, mozzarella serta cheddar. Kentang kemudian dipanggang, dan sekarang bayangkan penampilan sesudahnya. Wah, ada warna warni hijau dan oranye dari sayuran serta lelehan keju yang menyelimuti permukaannya. Hangat mengepul, tak sabar rasanya untuk segera menggali kenikmatan baked potato hingga tuntas, tas, tas!

Meskipun baked potato dipopulerkan restoran waralaba dari Amerika yang satu itu, tapi dahulunya menu ini berasal dari Inggris. Istilah lainnya adalah jacket potato (karena kulitnya yang tidak dikupas). Menyebar ke seluruh dunia, isiannya jadi makin beragam. Ada yang menggunakan baked beans, tuna mayo, daging kornet, ataupun hanya sebatas mentega dan kucai. Setelah kamu menguasai resep ini, boleh-boleh saja, kok, berkreasi dengan aneka topping lainnya. Pastinya kreasi kamu bakal bikin seisi rumah happy! Hanya saja, pastikan untuk menggunakan kentang terbesar yang bisa kamu temukan di pasar atau supermarket, ya, supaya hasilnya lebih maksimal!

Memang Kulit Kentang Boleh Dimakan?

Kemudian mungkin saja ada pertanyaan dari kamu, “Apa yang terjadi dengan kulitnya? Apakah harus dimakan juga?” Opsional, tapi tahukah kamu bahwa kulit kentang sebetulnya kaya banget akan nutrisi? Ada kandungan vitamin, mineral, potassium, dan serat. Bahkan kandungan serat terbesar dari kentang justru dari kulitnya!

Coba, deh, perhatikan kedai-kedai burger kekinian. Kentang gorengnya rata-rata disajikan renyah sekaligus bersama kulitnya. Kalau dipikir-pikir memang kulit kentang itu tidak elok dilihat, tapi rasanya enak! Apalagi sayang dilewatkan setelah tahu kandungan gizinya, bukan? Hanya saja memang pada baked potato, kulit kentang terlihat lembab dan kamu bisa mengupasnya dengan mudah sambil menghabiskan kentangnya. Tapi intinya, jangan khawatir kalau termakan dan tertelan, karena kulit kentang sebetulnya baik dan aman untuk dikonsumsi, kok.

So, sudah tidak sabar ingin mencobanya? Langung saja meluncur ke bagian bahan dan langkah membuatnya di bawah ini, ya!

Bahan-bahan

royco kaldu jamur
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Jamur
  • 2 buah kentang ukuran besar, cuci bersih, belah 2 memanjang
  • 80 g brokoli, blansir
  • 70 g wortel, cincang
  • 70 g keju cheddar, parut
  • 70 ml susu cair
  • ¼ sdt merica putih bubuk

Taburan

  • 100 g keju mozzarella, parut
  • 1 sdm daun peterseli, cincang

Cara membuat

1

Kukus kentang hingga matang. Angkat.

2

Selagi hangat, keruk sebagian kentang menggunakan sendok. Sisihkan bagian kentang yang masih dengan kulit.

3

Haluskan bagian kentang yang sudah dikeruk menggunakan garpu, lalu aduk bersama susu, keju, Royco Kaldu Jamur, dan merica.

4

Tambahkan brokoli dan wortel, aduk. Sendokkan kembali ke dalam bagian kentang berkulit.

5

Taburi keju mozzarella dan peterseli ke atasnya.

6

Panggang dalam oven panas suhu 200° C selama 10-15 menit atau hingga kecokelatan. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.