Jenis Masakan


5 Olahan Tahu Praktis untuk Menu Pelengkap Makan Siang

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Desember 25, 2019

Punya stok tahu di rumah? Yuk, kita kreasikan jadi menu menarik! Ada ragam olahan tahu yang bisa dicoba. Caranya pun terbilang praktis karena tak membutuhkan banyak langkah.

Selain mudah ditemukan, tahu juga termasuk bahan makanan yang gampang diolah. Rasanya gurih tapi netral, sehingga cocok dibuat pedas atau manis. Tahu juga memiliki banyak jenis, mulai dari tahu putih, tahu kuning, hingga tahu cokelat.

Kali ini, kita akan membahas beberapa olahan tahu yang praktis dibuat tanpa banyak bahan tambahan. Apa saja itu?

1. Tahu rica ayam suwir

Suka makanan pedas? Olahan tahu yang satu ini cocok jadi pilihanmu. Kita bisa memadukan bumbu rica yang pedas dan segar dengan tahu kuning. Sebelum dipadukan dengan bumbu rica, kita goreng dulu tahunya hingga bagian kulitnya agak kering.

Tahu rica ayam suwir dalam piring putih dengan garnish sayuran hijau
Nikmati tahu rica ayam suwir ini sebagai menu utama ataupun pendamping. (Foto: MAHI)

Agar rasanya makin gurih, tambahkan ayam yang kita suwir terlebih dahulu. Kenapa ayam suwir? Fungsinya adalah untuk membuat sajian tahu tetap stand out. Resep lengkap tahu rica ayam suwir bisa kamu intip di artikel MAHI sebelumnya. Sajikan bersama nasi hangat!

2. Sup tahu bakso ikan

Butuh sajian hangat berkuah untuk hari yang mendung? Sup tahu bakso ikan adalah pilihan tepat. Tahu yang kita pakai pada resep ini adalah tahu putih. Tapi, kamu boleh kok menggantinya dengan tahu cokelat atau tahu kuning.

Kita tambahkan bakso ikan dan oyong untuk membuat sup ini makin nikmat. Agar kuahnya sempurna, tambahkan minyak wijen dan Royco Kaldu Ayam. Disajikan saat hujan, duh, bakal susah ditolak deh! Cobain resep sup tahu bakso ikan berikut!

3. Resep bakwan tahu

Resep yang satu ini bisa jadi camilan atau menu pendamping makan siang. Siapa yang tak suka gorengan? Kabar baiknya, tahu juga cocok dijadikan bakwan, seperti bakwan jagung atau bakwan sayuran lainnya.

Memang, tahu cenderung benyek dan mudah hancur. Agar merekat sempurna, kita tambahkan telur pada adonan bakwan tahu. Agar bakwan ini tetap crunchy, campurkan tepung beras pada adonan terigunya. Intip resep bakwan tahu yang juga mudah diikuti para pemula.

4. Tahu kukus kembang sosis

Tahu Kukus Kembang Sosis tersaji hangat.
Tahu Kukus Kembang Sosis, menu camilan baru di rumah! (Foto: MAHI)

Ingin olahan tahu yang lebih sehat? Kita bisa menyajikan tahu kukus yang tetap nikmat meski tanpa digoreng. Kuncinya ada pada adonan tahu yang kita buat. Sebaiknya, gunakan tahu putih yang lembut untuk masakan ini. Kamu bisa menambahkan daging cincang adar tahu kukus makin maknyus.

Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai jamuan ketika saudara atau sahabat bertandang. Tahu kukus ini bisa dicemil atau jadi menu pendamping. Yuk, kita coba resep lengkap tahu kukus kembang sosis berikut ini!

5. Gulai tahu kecap

Untuk penyuka makanan berempah, coba resep gulai tahu kecap yang nikmat ini. Pekatnya racikan lengkuas, bunga lawang, ditambah dengan susu cair sebagai pengganti santan akan memanjakan lidahmu.

Tahu yang kita gunakan pada resep ini adalah tahu putih. Jenis tahu ini memang cocok diracik dengan kuah yang pekat. Untuk memperkaya rasa, tambahkan juga cabai rawit. Pedasnya akan membuat suasana makan jadi makin seru. Jangan heran jika anggota keluarga minta nambah nasi terus.

Lima resep olahan tahu di atas bisa kamu pilih untuk makan siang atau makan malam. Sesuaikan dengan selera keluarga. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.