4 Ide Olahan Kentang untuk Lauk - MAHI

4 Ide Olahan Kentang untuk Lauk yang Akan Lengkapi Menu Makan Malammu!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 25, 2021

Kentang sudah menjadi bagian dari keseharian dari masyarakat Indonesia dan diolah dalam berbagai masakan. Tentunya kentang tak hanya sekadar diolah menjadi kentang goreng dan menjadi bagian dari fast food. Ini dikarenakan olahan kentang untuk lauk begitu banyak ragamnya dan banyak pula yang mudah untuk dicoba di rumah.

Apa saja ide-idenya kali ini? Simak resep-resep berikut ini, yuk!

1. Resep rendang kentang jamur, olahan kentang untuk lauk yang istimewa

Resep rendang yang menggunakan plant-based ingredients menjadi alternatif yang tak hanya terjangkau secara harga, namun juga lebih sehat. Lihat saja trio bahan yang dipakai di resep ini – kentang, jamur, serta kacang merah. Ketiganya memiliki nilai nutrisi tinggi dan saling melengkapi. Penggunaan Royco Kaldu Ayam dengan formula baru juga menjadi highlight untuk resep ini. Dengan formula baru ini, kaldu diolah dari proses lama merebus ayam, rempah yang kaya, serta garam beryodium.

Gunakan kentang kecil atau yang biasa disebut sebagai kentang rendang. Bahan tambahan yang juga penting dari resep rendang kentang jamur ini adalah jamur tiram dan kacang merah rebus. Kesemuanya akan menghasilkan sebuah masakan yang kaya rasa. Padukan bumbu halus berupa cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang, jahe, ketumbar dan merica. Tumis bersama rempah-rempah  seperti kapulaga, cengkeh, pekak, kunyit, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, serta asam kandis. Semua bumbu ini dimasak dengan bahan utamanya bersama santan hingga menyusut sehingga bumbunya menjadi mengering dan pekat.

Coba resep rendang kentang jamur di sini!

2. Resep sambal kentang ampela petai, menu pendamping tak lekang waktu

Hidangan sambal kentang balado yang digoreng bersama hati sapi atau hati ayam seringkali dijadikan lauk pendamping Lontong SayurNasi Kuning, atau Nasi Liwet. Ketiga masakan tersebut merupakan menu yang seringkali hadir di momen istimewa seperti Hari Raya atau perayaan istimewa lainnya. Selain daging bagian hati, masak balado bersama ampela ayam. Tekstur kenyalnya bikin santap jadi lebih semangat.

Untuk menu ini kamu bisa menggunakan hati ampela ayam kampung selain hati ampela ayam broiler. Bedanya tekstur ampela ayam kampung lebih keras sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk empuk. Selain itu, kalau kamu ingin memberi penampilan yang berbeda, kentang kecil atau kentang rendang juga menarik untuk disajikan. Belah 2 kentang lalu kentang bisa digoreng atau dipanggang jika ingin diet minyak. Kemudian potong-potong ampela ayam dengan ukuran lebih besar atau mendekati ukuran kentang.

Inilah resep sambal kentang ampela petai yang lezat!

3. Resep kentang mustofa teri daun jeruk, stok makanan jangka panjang yang lezat

Meski proses membuatnya cukup rumit, kamu bisa memasaknya sekaligus banyak supaya bisa dijadikan stok dalam jangka waktu lama. Resep kentang mustofa ini sengaja digabungkan dengan ikan teri dan daun jeruk supaya cita rasanya lebih komplet, yaitu pedas, manis, gurih, dan aromatik.

Beberapa jenis ikan teri yang bisa digunakan adalah teri nasi, teri medan, atau teri jengki. Kalau menggunakan teri jengki, pilih teri jengki yang sudah dibersihkan. Biasanya sudah terbelah menjadi dua bagian. Tambahkan cabai rawit merah ke dalam racikan sambal kering kentang ini jika kamu ingin cita rasa yang lebih pedas. Sebagai alternatif selain ikan teri, pasti tak kalah seru kalau menggunakan rebon atau bahkan ikan bilis khas Minang.

Simak resep kentang mustofa teri daun jeruk berikut!

4. Resep perkedel kentang, wajib hadir di segala suasana

Perkedel kentang, satu hidangan pendamping yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di berbagai negara di dunia. Disajikan begitu saja sudah begitu nikmat, apalagi ketika tergabung dengan berbagai lauk pauk lainnya. Perkedel ini juga bisa jadi pilihan menu makan siang hingga malam. Siapapun yang menciptakannya berhak mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya, inilah resep perkedel kentang mudah dan lezat dari Masak Apa Hari Ini

Terlepas dari tampilannya yang sederhana, perkedel kentang memiliki kedalaman rasa yang tidak dimiliki hidangan pendamping lainnya. Terkadang diisikan daging cincang ataupun polos, sudah cukup ia sendiri saja mendampingi sebuah hidangan lengkap yang menggunakan nasi ataupun karbohidrat lainnya. Tidak hanya itu, perkedel kentang juga cocok dipadukan dengan ragam protein. Dari daging ayam, sapi, hingga seafood pasti cocok.

Coba, yuk, resep perkedel kentang ini!

Lengkap sudah pilihan olahan kentang untuk lauk di rumah kali ini. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.