Jenis Masakan


5 Tips Diet Sehat yang Perlu Kamu Pertahankan Selepas Ramadan Berakhir

Simpan ke bagian favorit

Maddie|April 28, 2019

Ramadan akan segera dimulai tak lama lagi dan keseharian kita akan berubah, tapi ada beberapa tips diet sehat yang perlu kamu ketahui sebelumnya. Ini berkaitan dengan cara menjaga gaya hidup sehat yang perlu dipertahankan hingga jauh setelah Ramadan berakhir. Apa sajakah di antaranya yang paling penting? Berikut adalah daftarnya:

1. Membiasakan berpuasa di luar bulan Ramadan

Selain dilakukan sebagai bentuk ketaatan, puasa juga jelas mendatangkan manfaat sehat bagi tubuh manusia yang menjalaninya. Melalui puasa, tubuh melakukan detoksifikasi sepanjang hari dan beristirahat dari asupan kurang sehat yang biasanya kita konsumsi. Idealnya, puasa di luar bulan Ramadan biasanya dilakukan setiap Senin dan Kamis setiap minggunya atau puasa setiap dua hari sekali secara rutin.

Berpuasa di bulan Ramadan sendiri telah membentuk tubuh kita untuk menjadi terbiasa. Bila dilakukan secara kontinyu sesudahnya maka kita tidak perlu banyak beradaptasi. Maka demikian, gaya hidup sehat akan semakin terbentuk dan dapat dijalankan secara konsisten.

2. Perhatikan asupan masakan

Pilihan makanan sebagai tips diet sehat pasca Ramadan.
Asupan makanan perlu diperhatikan sebagai salah satu poin penting tips diet sehat pasca Ramadan. (Foto: Shutterstock)

Berpuasa, baik di bulan Ramadan atau sesudahnya, bisa jadi tidak berjalan efektif dalam menjaga kesehatan tubuh bila kita tidak memperhatikan asupan makanannya. Bila asupannya sehat, maka tubuh akan mengalami perubahan drastis dibandingkan gaya hidup pra-Ramadan. Mempertahankan ini pasca Ramadan bisa jadi cukup menantang karena keinginan kita untuk menikmati lagi berbagai asupan makanan yang enak namun sejatinya tidak menyehatkan.

Kuncinya adalah mempertahankan porsian makanan sehat setiap harinya (bahkan sedikit lebih sering) untuk senantiasa mengisi kebutuhan tubuh kita. Pola hidup sehat akan semakin terbentuk dan efek positif dari berpuasa akan kita nikmati. Konsumsi masakan dengan bahan dasar sayuran karena rendah kalori dan jauhi kebiasaan makan dalam jumlah berlebih. Berhentilah makan di saat kapasitas perut sudah terisi sekitar 80%.

3. Tips diet sehat: minum air yang cukup

Kebiasaan Ramadan yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk mengonsumsi makanan saat Sahur dan minum air dalam jumlah mencukupi. Menurut para ahli nutrisi, penting bagi kita untuk mengusahakan minum hingga 8 gelas air sebelum subuh dan setelah waktu berbuka nanti. Asupan makanan dan minuman cair bisa juga dalam bentuk jus, susu, hingga sup, namun sulit menggantikan kehebatan air mineral bagi tubuh.

Selain itu, jauhi juga konsumsi teh, kopi, dan minuman bersoda khususnya pada saat Sahur karena bersifat diuretik dan akan menjadikan tubuh kekurangan cairan.

4. Kembali berolahraga dan jauhi rokok

Tanda no smoking di atas meja.
Ramadan adalah kesempatan emas untuk berhenti dari rokok. (Foto: Shutterstock)

Ramadan adalah kesempatan emas untuk berhenti merokok seutuhnya dan kebiasaan itu akan mudah dilanjutkan sesudahnya. Godaan untuk merokok umumnya datang setelah makan. Dengan ruang waktu yang terbatas pasca Sahur, maka ini dapat dijadikan sebagai alasan untuk tidak merokok. Setelahnya sepanjang hari berpuasa dan akhirnya tiba waktu berbuka. Jangan kalah dengan godaan pada waktu berbuka dan dijamin pasca Ramadan, kita akan terbiasa menjauhinya.

Dikarenakan aktivitas olahraga berkurang banyak pada bulan Ramadan, maka penting bagi kita untuk segera memulainya kembali setelah bulan ini berakhir. Setiap minggunya, atur jadwal antara berpuasa dan bila tidak, manfaatkan sebagai waktu berolahraga. Jangan sampai pada bulan Ramadan tubuh kita menggemuk dan tidak kita bayar tuntas kembali sesudahnya dengan kebiasaan hidup yang kurang sehat. Sambut juga dengan berbagai pilihan makanan sehat pasca berolahraga.

5. Menjaga kesehatan spiritual

Menjaga kesehatan spiritual di luar bulan Ramadan.
Menjaga kesehatan spiritual adalah salah satu tips diet sehat jasmani dan rohani pasca Ramadan. (Foto: Shutterstock)

Tidak hanya tubuh kita memerlukan asupan padat berupa makanan, tentunya tubuh kita juga membutuhkan asupan spiritual. Setelah sebulan penuh diisi dengan kegiatan peribadatan yang bermanfaat bagi sisi emosional tubuh, tentunya kita akan kehilangan momen-momen tersebut pasca Ramadan. Maka tentunya penting bagi kesehatan kita sendiri untuk mempertahankan gaya hidup dari aspek yang satu ini.


Demikian berbagai tips diet sehat pasca Ramadan yang bisa kamu lanjutkan jauh hingga ke tahun berikutnya. Ramadan berfungsi sebagai latihan bagi tubuh kita berdisiplin secara fisik maupun spiritual. Pastikan tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Semangat untuk hidup sehatnya, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.