5 Menu Makan Praktis Saat Isoman | Masak Apa Hari Ini?

5 Menu Makan Saat Isoman yang Praktis untuk Dibuat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Juli 30, 2021

Menyusun menu makan yang tepat menjadi sebuah hal yang penting di masa pandemi. Ini dikarenakan asupan makanan yang bergizi menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Tentunya, hal ini juga berlaku bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Isoman adalah prosedur bagi pasien Covid-19 yang umumnya memiliki gejala minimal atau tanpa gejala. Selama masa isoman, beberapa hal dibatasi adalah mobilitas dan interaksi. Maka, isu pemenuhan asupan makanan selama masa isoman menjadi sebuah tantangan tersendiri. Kemudian bisa jadi kamu dibuat bingung juga dengan paduan makanan apa yang tepat agar sesuai kondisi tubuh saat isoman.

Tenang, ada beberapa menu makan yang kamu bisa buat sendiri di rumah dengan cepat. Tak hanya itu, beragam menu berikut ini telah disesuaikan dengan panduan makan yang tepat. Yuk, simak bersama!

1. Sup ayam brokoli, menu makan isoman mudah dan sehat

Menambahkan sayuran sebagai bagian dari menu makan harian akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk jenis sayurannya, kamu bisa memilih sayuran apa saja yang tidak mudah rusak dan mudah diolah – misalnya seperti  sup ayam brokoli yang satu ini.

Tak hanya lezat di lidah, sup ayam brokoli ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Brokoli kaya akan fito-nutrien yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari infeksi. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, C, dan K yang berfungsi menjadi benteng pertahanan tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Manfaatnya bertambah ketika dipadukan dengan ayam dan keju cheddar. Masak Royco Sup Krim Ayam, kuntum brokoli yang telah diblansir, dan parutan keju. Campur semua bahan, masak hingga matang selamat 20 menit. Mudah, bukan?

2. Jeruk serai madu, minuman hangat yang menyegarkan

Segelas jeruk hangat segar didampingi potongan buah dan disajikan di atas napkin serta meja kayu.
Jeruk hangat sangat pas dipadukan dengan serai dan madu. (Foto: Shutterstock)

Buah-buahan menjadi salah satu asupan yang sangat penting di masa isoman. Pilih buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk dan jambu yang juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, kamu bisa menikmatinya dalam bentuk minuman seperti jeruk hangat serai madu yang satu ini.

Racikan dari air perasan jeruk ini dipadukan dengan madu, selasih, serai, dan Buavita Orange – dibuat dari buah jeruk pilihan, kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, dan B6. Masak semuanya dalam panci, hidangkan selagi hangat.

3. Beef yakiniku, makanan khas Jepang paling favorit

Protein adalah satu asupan penting lainnya yang disarankan untuk dipenuhi agar memperkuat imun tubuh. Ada beragam jenis protein yang bisa kamu pilih, seperti daging sapi, telur, ikan, kacang-kacangan, dan susu. Daging sapi sendiri kaya akan zinc yang dibutuhkan tubuh.

Untuk protein hewani, sebaiknya olah dengan proses yang minim sehingga tidak terlalu berminyak dan berlemak. Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah beef yakiniku yang menggunakan irisan daging sapi yang ditumis. Siapkan nasi putih hangat serta miso shiru, pasti nikmat rasanya!

4. Sapo tahu tiga jamur, begitu nikmat dan berisi

Semangkuk sapo tahu jamur di atas napkin cokelat.
Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang lezat. (Foto: MAHI)

Alternatifnya ada protein nabati yang bisa diperoleh dari jamur dan dapat diolah menjadi menu makan lezat bergizi saat isoman. Satu menu spesial untuk makan malam yang bisa dicoba adalah resep sapo tahu tiga jamur yang mengombinasikan jamur shiitake, merang, dan shimeji. Jamur dikenal kaya akan vitamin B6, magnesium, kalium, folat, serta antiradang.

Kamu cukup menumis semua bumbu dan ketiga jamur hingga harum. Lalu tambahkan tahu, air, Royco Kaldu Sapi, madu, Bango Kecap Manis, dan tepung maizena. Masak hingga kuah mengental. Sajikan selagi hangat sebagai lauk utama. Mudah bukan membuatnya?

5. Teh herbal kunyit madu, hangatkan badan saat isoman

Sejak zaman nenek moyang, rempah telah digunakan sebagai obat herbal karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh. Rempah-rempah yang dimaksud adalah jahe, kunyit, kayu manis, kapulaga, temulawak, dan lainnya. Jahe dikenal berfungsi memberi rasa hangat, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memiliki kandungan antiperadangan. Sedangkan kunyit yang mengandung kukurmin (pemberi warna kuning) berfungsi sebagi antiradang dan membantu proses pemulihan tubuh secara umum.

Nah, serunya kamu bisa meracik sendiri rempah ini menjadi suplemen tubuh yang terasa hangat di tubuh. Resep teh herbal kunyit madu patut kamu coba di rumah saat isoman. Andalkan SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit yang dibuat dari teh hitam berkualitas yang berpadu sempurna dengan jahe dan kunyit, hasilkan rasa teh nikmat pilihan untuk membantu menjaga kondisi tubuh. Rebus kayu manis dan serai, tambahkan SariWangi Teh Hitam Jahe & Kunyit. Saring, tuangkan ke gelas yang telah diberi madu dan irisan lemon.

Tidak sulit bukan resep-resep di atas untuk dicoba sendiri di rumah saat isoman? Selain menu makan utama, tidak ada salahnya kamu mencoba menu vegetarian untuk camilan enak sekaligus menyehatkan. Bahan-bahannya mudah diperoleh di supermarket online sehingga kamu bisa stok di kulkas. Proses membuatnya pun relatif mudah dan hemat waktu.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.