Jenis Masakan


3 Ide Menu Lebaran Spesial Khas Nusantara untuk Dicoba di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Mei 21, 2020

Menu lebaran apa yang selalu hadir di rumahmu? Beberapa makanan yang wajib dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri adalah opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, atau rendang daging.

Nah, jika tahun ini kamu ingin merayakannya dengan lebih spesial, kami menyiapkan tiga menu lebaran yang berbeda. Tiga menu ini berasal dari hidangan Nusantara yang masih cocok, lho, disajikan bersama ketupat. Apa saja itu? Yuk, kita intip satu per satu!

1. Gulai Ayam Padang, Meriahkan Suasana Lebaran

Semangkuk gulal ayam khas Padang
Gulai Ayam khas Padang yang bisa disajikan saat Lebaran. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal gurihnya gulai ayam khas Minang? Ya, biasa disajikan di rumah makan Padang, gulai ayam ini punya ciri khas berbeda dengan hidangan gulai lainnya. Warnanya yang kuning kemerahan juga santannya yang pekat membuatnya sulit ditolak.

Hidangan ini bisa jadi pilihan menu lebaran yang berbeda di rumahmu. Dengan tekstur yang sedikit lebih kental dari opor ayam, gulai ayam Padang tetap bisa dinikmati bersama ketupat ataupun sambal goreng kentang favoritmu.

Beberapa rempah yang menjadikannya berbeda dengan opor antara lain adalah jintan, asam Jawa, cengkih, dan kayu manis. Rasa gulai ayam Padang juga terasa lebih segar karena wangi daun jeruk. Intip resep lengkap gulai ayam Padang dan sajikan untuk keluarga tercinta.

2. Opor Ayam, Menu Lebaran Paling Wajib

Semangkuk opor ayam tanpa santan di atas napkin cokelat
Resep legendaris untuk hari raya ini ternyata bisa dibuat sehat! (Foto: MAHI)

Untukmu pecinta opor, sajian ini bisa kita twist menjadi lebih spesial. Jika biasanya opor ayam diolah bersama santan, kali ini kita mengganti santan dengan susu rendah lemak. Teksturnya memang sedikit berbeda, tapi tentunya lebih sehat dan rendah kolesterol.

Susu yang kita gunakan adalah susu cair atau susu UHT rendah lemak. Cara memasaknya tak jauh berbeda, kok, dengan opor ayam biasanya. Bedanya, hanya tekstur kuah yang terasa lebih ringan dari opor ayam santan.

Hidangan ini jadi solusi untukmu yang ingin mengurangi hidangan bersantan di Hari Raya. Simak resep lengkap opor ayam tanpa santan, dan hidangkan dengan ketupat atau nasi hangat.

3. Coto Makassar, Satu yang Khas dari Sulawesi

Coto Makassar siap dinikmati.
Coto Makassar untuk Lebaran lebih spesial. (Foto: MAHI)

Hidangan Nusantara berikutnya yang bisa kamu sajikan di Hari Raya adalah coto Makassar. Hidangan berkuah pekat ini juga cocok, lho, dimakan bersama ketupat. Bahkan, rasanya bisa lebih legit!

Makanan khas Sulawesi Selatan ini biasanya menggunanakan daging sapi bagian sandung lamur sehingga tak heran jika lemaknya memberikan ekstra gurih pada kuah. Bahkan, makanan yang juga disebut sebagai coto mangkasara ini juga menggunakan babat atau jeroan sapi hingga rasanya sangat gurih. Tapi, jika kamu ingin lebih sehat, kamu boleh, kok, menggunakan daging sapi khas dalam yang minim lemak.

Untuk menghasilkan rasa yang otentik dan spesial, kita bisa mengganti santan dengan air tajin atau air beras. Untuk itu rasanya lebih ringan tapi tetap gurih. Nah, jika kamu ingin resep lebih praktis, simak resep coto Makassar satu ini!

Tiga resep menu Lebaran khas Nusantara di atas memiliki rasa yang istimewa sehingga cocok untuk meramaikan Hari Raya. Hidangkan selagi hangat, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.